5 Ide Dekorasi Kamar Cowok yang Keren Tapi Nggak Berlebihan

Dekorasi kamar cowok

Bukan cuma tempat untuk berisitrahat, kamar juga bisa berfungsi sebagai tempat bekerja dan juga ruang privasi bagi seseorang, tak terkecuali bagi cowok. Karena fungsinya tersebut, dekorasi adalah hal yang sangat diperlukan. Tentu saja membuat dekorasi kamar aesthetic akan membuat kamar cowok lebih keren dan nyaman untuk dipandang mata. Masih banyak orang yang berfikir bahwa dekorasi kamar akan menghabiskan banyak uang. Padahal desain kamar cowok low budget sangat mungkin untuk dilakukan.

Advertisement

Nah, buat para cowok yang sedang memikirkan dekorasi atau mencari inspirasi untuk kamar, berikut ini adalah beberapa inspirasi desain kamar cowok remaja maupun dewasa yang sederhana tapi tetap keren dan tentunya nyaman juga.

1. Selalu gunakan warna-warna netral atau gelap agar kamarmu terlihat maskulin. Kombinasi warna gelap dan terang juga layak dicoba untuk mendapatkan sentuhan minimalis yang hidup

Warna gelap untuk maskulinitas/Credit: Unsplash

Hal paling penting dalam mendekorasi kamar adalah warna dinding. Untuk para cowok, pastikan kamu menggunakan warna kamar cowok yang simple dan nggak mencolok. Pasalnya, warna terang akan merusak kesan minimalis.

Selain menggunakan warna-warna netral dan menghindari warna terang, kamu juga bisa menggunakan cat dengan warna yang lebih gelap. Contohnya, kamu bisa menggunakan desain kamar cowok warna biru. Warna gelap tersebut akan memberikan kesan maskulin pada pemiliknya. Kamu boleh memberikan sentuhan warna terang dengan ornamen atau aksesori lainnya. Intinya, ini akan membuat kamar kamu lebih seimbang dari segi komposisi warna.

Advertisement

2. Gunakan lampu hias panjang atau lampu neon yang ditempelkan di dinding. Warnanya yang redup bisa membuat kamu nyaman dan cepat mengantuk

Lampu sebagai aksesori/Credit: Unsplash

Aksesori yang bisa kamu gunakan agar bisa beristirahat dengan nyaman adalah lampu tidur. Akan lebih baik kalau kamu memiliki banyak lampu dengan beragam warna di kamarmu. Misalkan, kamu memiliki lampu untuk membaca buku, sampai lampu redup berwarna-warni untuk memberikan kesan kamar cowok aesthetic namun juga memberikan kenyamanan dan kualitas tidur.

Kamu pun bisa menggunakan lampu hias warna-warni yang berukuran panjang atau lampu neon alias lampu akuarium yang kamu tempelkan di beberapa titik yang kamu inginkan.

3. Pilih barang-barang utama seperti lemari terbuka, meja, karpet, baju, jaket, dan komputer sebagai dekorasi. Barang-barang milikmu itu bisa berfungsi sebagai ornamen demi menghilangkan kemonotonan dinding kamar

Advertisement

Barang utama juga bisa jadi dekorasi/Credit: Unsplash

Dekorasi kamar cowok sederhana nggak sepenuhnya bagus untuk dilihat. Kalau kamu menggunakan desain yang kebilang terlalu simple, rasa monoton dan bosan akan cepat mendatangimu. Kamu harus bisa menyiasati kemonotonan warna dinding dengan beragam dekorasi atau barang-barang yang ada dalam kamarmu.

Contohnya, kamu bisa memilih meja tinggi yang memiliki warna lebih mencolok. Kamu juga bisa membeli komputer dengan desain yang terlihat lebih ‘tajam’ dengan keyboard berwarna-warni. Meski terlihat sepele, barang tersebut akan membuat kamar terasa lebih hidup. Selain itu, lemari memang barang utama yang harus ada dalam kamar, namun bukan berarti kamu nggak bisa membuat lemari terlihat bagus. Pilihlah lemari yang lebih kecil dan jika kamu punya banyak space kosong, gunakan lemari terbuka atau gantungan untuk memamerkan pakaian-pakaianmu yang berwarna. Dijamin dekorasi kamar cowok keren namun simple akan kamu dapatkan!

4. Kalau kamarmu sempit, gunakan tanaman-tanaman hias hijau untuk membantu membuat kamar sejuk, luas, dan nyaman ditinggali

Tanaman bisa dijadikan dekorasi/Credit: Unsplash

Posisi kamar di dalam sebuah rumah adalah hal yang penting. Sudah seharusnya kamar tidur adalah tempat yang memiliki minimal sirkulasi udara yang bagus dan terkena sinar matahari secara langsung. Kendati begitu, biasanya kamar cowok nggak punya semua itu. Minimnya sirkulasi udara dan nggak ada sinar matahari membuat kamar terasa pengap dan panas di malam apalagi siang hari.

Kamu bisa memberikan sentuhan alam di kamarmu dengan menggunakan tanaman hias hijau seperti Pathos yang berguna untuk memurnikan udara, tumbuhan lidah mertua, peace lily, kaktus, dan sebagainya. Cara merawat tanaman tersebut nggak sulit kok, kamu tinggal menyiraminya rutin dan sesekali membawanya ke luar agar terkena sinar matahari.

5. Hal terpenting dalam mendekorasi kamar adalah mengeluarkan kreativitas lewat obsesi dan hobi pribadimu. Kamar adalah identitas pribadi yang harus mencerminkan kehidupanmu!

Kamar sesuai hobi/Credit: Unsplash

Sebelum memulai dekorasi, hal yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu adalah bentuk dan luas kamar. Apakah kamarmu berbentuk persegi atau persegi panjang? Berapa luasnya? Di mana posisi pintu, kasur dan lemari? Semua hal tersebut harus diperhatikan. Nantinya kamu akan bisa menentukan dekorasi kamar luas atau dekorasi kamar untuk cowok sempit.

Pastikan barang-barang yang kamu jadikan aksesori itu sesuai dengan obsesi atau hobimu. Misalkan kamu senang dengan musik atau band tertentu, kamu bisa menggunakan poster-poster band kesayanganmu. Kamu suka film atau anime? Kamu bisa memesan poster besar untuk ditempelkan di dinding. Kamu senang pada seni? Sebuah lukisan juga bisa kamu gunakan untuk dekorasi. Intinya, kamar adalah identitas dan tempat kamu berekspresi. Nggak ada yang bisa menghalangi kreativitasmu dalam mendekorasi kamar.

Nah, itu dia beberapa inspirasi dekorasi kamar untuk cowok yang mungkin bisa kamu tiru dan terapkan untuk mendekorasi kamar. Semoga saja artikel ini membantu dan memberikan pencerahan bagi kalian semua, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

salt of the earth, light of the world