10 Inspirasi Souvenir Pernikahan Unik yang Mewah dan Berkesan

Souvenir yang unik dan cantik akan membuat pernikahan kamu berkesan di mata para tamu. Tetapi, kamu nggak perlu memberi souvenir pernikahan mewah kalau memang nggak ada bujetnya. Lebih baik tentukan souvenir sedemikian rupa sehingga tak memakan begitu banyak biaya. Kamu pun harus memutar otak dua kali untuk mendapatkan ide souvenir pernikahan yang unik dan berkesan.

Advertisement

Nah. Untuk membantumu memilih souvenir pernikahan yang unik, cantik, bermanfaat namun tetap hemat, Hipwee sudah mengumpulkan beberapa inspirasi souvenir pernikahan unik dan berkesan dalam artikel ini. Siapa tahu, kamu akan jatuh hati pada salah satu barang?

1. Sabun handmade

Souvenir sabun ni | Photo by rockytopsoap.com

Siapa sih yang gak butuh sabun? Nah, sekarang kamu juga bisa memanfaatkan barang ini sebagai souvenir pernikahan. Tanpa harus memberikan barang mahal, sabun handmade yang dikemas dengan cantik sudah bisa membuat tamu undanganmu merasa senang. Harga yang ditawarkan cukup variatif, mulai dari Rp3.000 hingga Rp13.000.

Kamu bisa mengemasnya dengan kertas warna coklat yang bertuliskan nama kalian berdua, ditambah sebuah kutipan manis di bagian belakang. Sederhana, murah, dan menarik, ‘kan?

Advertisement

2. Pensil yang menampilkan lema-lema kamus

Pencil buat souvenirmu juga bagus kok | Photo by diyweddingmaster.com

Tidak dapat dipungkiri, seringkali kamu harus pandai-pandai memilih barang souvenir agar para tamumu merasa senang. Nah, tanpa harus mengocek banyak uang, kamu bisa menambatkan hati pada pensil untuk jadi souvenir pernikahan yang sangat unik.

Barang bisa kamu pesan mulai dari Rp1.000 per biji, tergantung dari kualitas kayunya. Agar terkesan lebih menarik, kamu gak pelru mengukir nama kalian pada pensil, ukirlah lema-lema kamus layaknya pensil di gambar di atas.

Kamu juga bisa menempelkan kutipan romantis di bagian luarnya. Kemas 2-5 buah pensil dengan kotak, atau ikat mereka menggunakan tali sabut dan label namamu serta pasangan.

Advertisement

3. Kipas Cina cantik

Kipas yang cantik | Photo by indonesian.alibaba.com

Souvenir harus dibuat dalam jumlah yang mencapai minimal ratusan. Karena itu, harga satuannya tak boleh terlalu mahal. Untuk mengakali ini kipas cantik bisa menjadi pilihan yang ciamik. Selain karena harganya yang enak di kantong – mulai dari Rp1.600-an – barang ini juga bermanfaat bagi tamumu ketika mereka merasa gerah saat acara resepsi.

Pilih model kipas yang menarik dan tidak mainstream, misalnya kipas Cina. Lalu sematkan label ucapan terima kasih dari kalian berdua. Dijamin barang ini juga pasti akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari.

4. Tanaman mini

Terarium gelas kecil | Photo by diyweddingmaster.com

Inspirasi souvenir pernikahan mewah dan berkesan berikutnya adalah tanaman mini. Nah, jika kamu ingin souvenir pernikahan unik, pot gelas beserta tanaman mini adalah salah satu jawaban yang tepat.

Gak terlalu mahal kok, jika kamu ingin membuat sendiri maka cukup kamu beli gelas kecil dengan harga mulai Rp1.000, lalu tanaman hias harga mulai Rp3.000. Lalu tancapkan kertas bertuliskan ucapan terima kasih di dalam potnya.

Jika ingin lebih menarik perhatian, kamu bisa menyertakan pesan “Menanam untuk mengurangi polusi bumi”. Dengan cara ini, dijamin souvenirmu akan lebih berkesan buat banyak orang.

5. Setabung reaksi ramuan kopi

Ramuan minuman kopi | Photo by diyweddingmaster.com

Jika kamu ingin membuat para tamu undanganmu terkesan dengan souvenir yang kamu berikan, maka kamu bisa memberinya setabung ramuan kopi. Nah, untuk barang ini kamu bisa buat sendiri kok, karena caranya cukup simple. 

Kamu bisa beli tabung reaksi di toko alat-alat penelitian, harganya mulai dari Rp3.500 tergantung ukuran. Setelah itu kamu isi dengan kopi dan gula secara berlapis menggunakan corong. Atau tambahkan mocca, susu, atau coklat dan tidak lupa label instruksi cara menyeduhnya.

Untuk sebuah resep kopi yang menarik ini, kamu gak akan mengeluarkan uang lebih dari Rp7.000 kokNah, unik dan cukup ramah di kantong ‘kan? Dengan buah tangan seperti ini gak heran jika tamu undanganmu pasti akan bergegas ingin segera menyeduhnya.

6. Souvenir bibit

Biji kopi buat souvenir | Photo by imgkid.com

Siapa sih yang gak ingin pesta pernikahan dikenang banyak orang? Selain kamu yang berbahagia, para tamu undangan juga selalu mengenang. Nah, kamu bisa bius para tamumu dengan souvenir pernikahan yang unik seperti bibit tanaman. Tenang, harganya sangat ekononis kok.

Misalnya saja: 1 kg bibit kacang tanah seharga Rp25.000 bisa kamu kemas dalam 25 bungkus, jadi per bungkus biayanya hanya Rp1000. Setelah itu, kemas dalam kertas bercetak yang berbentuk amplop. Nah, agar lebih menarik lagi kamu bisa juga tuliskan cara menanam atau khasiat di balik tanaman itu.

Jadi, kamu butuh uang tak lebih dari Rp3.000. Belum lagi dana ini masih bisa disiasati dengan harga bibit tanaman lain yang lebih murah. Dijamin, selain bermanfaat untuk ditanam, oleh-olehmu ini juga bisa menambah pengetahuan banyak orang. Kamu berani mencobanya?

7. Gantungan kunci puzzle

Gantungan kunci puzzle | Photo by imgkid.com

Souvenir gantungan kunci mungkin sudah terlalu mainstream. Namun hal ini akan beda cerita jika kamu bisa memberikan bentuk gantungan kunci yang menarik. Kamu bisa pesan gantungan kunci berbentuk puzzle dengan mengukir tanggal dan kata-kata indah.

Kamu bisa kemas dua bagian puzzle untuk satu tamu undangan. Lalu jangan lupa pasangi label ucapan terima kasih yaaa. Nah, untuk souvenir pernikahan unik yang satu ini, kamu hanya cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp. 2.000 tergantung dari kualitas kayu.

8. Sumpit yang dikemas dengan unik

Sumpit juga bisa buat souvenir | Photo by mylovelywedding.wordpress.com

Sumpit sudah bukan lagi menjadi barang yang asing bagi masyarakat Indonesia. Gak sedikit orang yang sudah lihai dalam memakainya. Nah, kamu bisa memanfaatkan hal itu, sebagai alasan untuk memilih sumpit menjadi barang pilihan untuk souvenir pernikahan yang unik dan mewah.

Kamu bisa mengemasnya dalam sarung kain yang bercorak cerah. Atau kamu juga bisa mengukir kata-kata indah di permukaan sumpit. Kamu bisa pesan dengan harga mulai dari Rp3.000-an. Nah, dengan begitu sumpit oleh-oleh pernikahanmu pasti bisa terlihat lebih menarik.

9. Kantong biji kopi

Sekantong kecil biji kopi bisa jadi oleh-oleh pernikahanmu | Photo by seakettle.com

Inspirasi souvenir pernikahan mewah dan berkesan salah satunya dengan memberikan sebuah biji kopi dalam kantong. Oleh-oleh pernikahan gak selamanya harus berbentuk barang, karena kamu juga bisa memberikan buah tangan dalam bentuk makanan. Salah satu contohnya adalah kopi. Biji kopi bisa kamu dapatkan dengan harga mulai Rp35.000.

Nah, agar lebih menarik kamu bisa kemas biji kopi kantong kecil dari kain goni atau kain sejenis kain kasa. Dengan kantong berukuran 5 cm X 10 cm, kopi sebanyak 1 kg bisa kamu bagi dalam 10-15 bungkus. Jadi kamu hanya perlu uang tak lebih dari Rp. 5000 untuk satu bungkus souvenir. Cukup murah ‘kan?

10. Botol bening kecil yang diisi dengan pasir dan kerang-kerangan

Souvenir pernikahan unik berupa hiasan pantai | Photo by www.topweddingsites.com

Souvenir dalam bentuk pajangan memang sering menjadi pilihan, tapi pastikan kamu memilih barang yang indah ya. Misalnya sebotol terarrium pasir pantai ini. Harganya juga murah kok, kamu hanya perlu uang mulai dari Rp.2.500  untuk pajangan cantik ini.

Atau kalau kamu mau membuatnya sendiri juga bisa. Beli saja botol kosong seharga Rp. 1.200, lalu ambil pasir dan kerang-kerang mati yang jumlahnya melimpah di pantai. Kalau tidak, kamu bisa membeli kerang di toko akuarium. Nah, cukup murah dan menarik ‘kan?

Itu dia 10 inspirasi souvenir pernikahan unik yang berkesan dan bisa kamu sajikan kepada para tamumu kelak. Souvenir memang menjadi bagian penting dalam pesta pernikahan, sampai-sampai kamu harus berfikir mendalam dalam memutuskan barang yang akan diberikan. Selain unik, indah, dan murah, mengemasnya dengan apik juga menjadi faktor penting agar souvenirmu tampak menarik.

Nah, kira-kira kamu memilih ide souvenir pernikahan yang mana nih untuk pernikahanmu nanti?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pluviophile

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

Loading...