10 Desain Kamar Mandi Berbagai Ukuran dan Corak. Kamar Mandi WC Jongkok pun Dibuat Semarak

Desain kamar mandi

Mendesain kamar mandi bukanlah hal yang percuma. Meski seringnya tak kelihatan dari luar, desain kamar mandi yang menarik akan membuat penggunanya betah. Apalagi sekarang kamar mandi mulai difungsikan untuk hal lain selain membersihkan diri, yakni sebagai tempat relaksasi. Kebersihan kamar mandi tentu menjadi faktor utama kenyamanannya, namun desain serta dekorasi ruangan pun patut jadi perhatian.

Advertisement

Untuk mengubah tampilannya, coba redesign kamar mandi di rumahmu jadi semenarik mungkin, misalnya dibuat dengan tema monokrom atau minimalis. Banyak inspirasi desain kamar mandi cantik yang bisa disontek, seperti yang Hipwee Tips ulas berikut. Mulai dari desain kamar mandi minimalis sederhana hingga yang mewah pun ada! Coba tengok dulu~

1. Desain kamar mandi batu alam dapat membuat pikiran jauh lebih rileks saat menggunakannya. Apalagi kalau kamu menambahkan tanaman hias batang untuk mempercantik tampilannya

kamar mandi batu alam via batuandesit.info

Selain memberi kesan yang menenangkan, batu alam juga dapat membuat kamar mandi terlihat lebih elegan. Apalagi jika kamu menggunakan batuan khusus dengan corak warna yang menarik. Tak perlu bingung soal perawatan, sebab batu alam hanya perlu dicat pernis agar terhindar dari jamur, lumut, dan pelapukan. Nah, biar detail batuan tampak lebih jelas, sediakan pencahayaan yang lebih besar dengan memanfaatkan plafon bening.

 2. Desain kamar mandi minimalis kloset duduk bisa dipadukan dengan bak mandi jenis apapun. Baik itu shower maupun bathub 

desain kamar mandi kloset duduk via polarumah.com

Namun, pastikan kamu membuat batasan samar antara area mandi dan buang air supaya nggak becek. Caranya bisa dengan meninggikan lantainya atau memberi tirai yang digunakan sebagai sekat. Biar kamar mandi tak terlihat membosankan, gunakan keramik bermotif sebagai dasar lantainya. Tapi pastikan kamu memilih motif berwarna netral agar tetap ada kesan minimalisnya.

Advertisement

3. Meski terkesan kuno, nyatanya desain kamar mandi minimalis kloset jongkok juga bisa dibuat jadi lebih modern

kamar mandi kloset jongkok via www.brindil.com

Caranya dengan mengganti bak plastik biasa menjadi bak bulat dengan material tanah atau semen seperti di atas. Kalau nggak pakai bak, pun bisa diganti dengan shower kok. Nah, sebagai dekorasi, pilihlah keramik bermotif untuk ditempatkan pada lantai maupun dinding kamar mandi. Nggak kuno atau monoton lagi, kan?

4. Pengen bikin kamar mandi dalam? Buat saja desain kamar mandi ukuran 1×1 seperti ini

kamar mandi 1×1 via joglolimasan.com

Desain kamar mandi minimalis dalam kamar tidur ini memang cukup sempit.  Tapi tetap nyaman digunakan berkat penataannya yang sesuai. Selain menaruh wastafel di belakang pintu, area mandi pun dibuat pada lantai yang lebih tinggi agar airnya tak membasahi wilayah kloset. Untuk berjaga-jaga, buat juga lubang kecil di tengah area WC kering biar cipratan airnya nggak menggenang. Jadi, apa kamu tertarik dengan desain kamar mandi dalam kamar tidur ini?

5. Desain kamar mandi biasa juga bisa dibuat lebih estetis lo! Bahkan nggak kalah menarik sama desain kamar mandi minimalis 2×2 lainnya~

kamar mandi biasa via id.pinterest.com

Biar beda, bak penampung airnya bisa dibuat dengan model menggantung seperti di atas. Pada area kloset, coba gunakan wallpaper atau rak yang bisa ditempatkan di belakangnya untuk mempercantik ruangan. Kalau bisa, pilihlah rak yang juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan agar barang di kamar mandi bisa ditata dengan rapi. Pilihan warna dan motifnya bisa disesuaikan dengan seleramu kok.

Advertisement

6. Baru-baru ini, desain kamar mandi kecil justru lebih menyita perhatian. Terutama di kalangan menengah yang punya rumah mungil

kamar mandi kecil 2×1 via nl.pinterest.com

Biasanya, desain kamar mandi ukuran 2×1 meter dibuat memanjang dengan posisi wastafel dekat pintu, kloset di tengah, dan area mandi di sudut pojok. Tujuannya agar air di area mandi tak membasahi area wasatafel maupun kloset. Banyak pilihan tema yang dapat digunakan pada kamar mandi kecil ini, misalnya monokrom atau modern. Pada kamar mandi monokrom seperti di atas, coba tempatkan satu tanaman hias daun agar ruangan tak terkesan monoton. Kamu pun dapat menaruh frame di atas atau sekitar area wastafel.

7. Pada desain kamar mandi minimalis 2×3, sebenarnya kamu sudah bisa memakai bak jenis bathub lo! Tapi ukurannya nggak begitu besar

desain kamar mandi 2×3 via www.casaindonesia.com

Desain kamar mandi minimalis sederhana di atas memang kelihatan tak biasa karena pemakaian bathub. Padahal sebenernya bathub tak perlu dianggap mewah karena sekarang bisa digunakan pada kamar mandi sempit sekalipun. Cara mengakalinya ialah dengan menggunakan bathub kecil yang diletakkan di sudut lalu pepet dengan wastafel dan kloset untuk penataannya. Nggak beda dengan kamar mandi lainnya, dekorasi ruang bisa dimulai dengan memilih keramik dinding bermotif sesuai seleramu. Nah, biar makin betah, coba tempatkan tanaman hias yang diletakkan di rak gantung atas bathub.

8. Desain kamar mandi sederhana dan murah bisa diwujudkan berkat pemilih bak yang unik tapi tetap sesuai bujet

kamar mandi sederhana dan murah via joglolimasan.com

Biasanya, kamar mandi sederhana lahannya tak begitu luas karena hanya digunakan untuk mandi dan buang air saja. Bahkan tak ada wastafel apalagi tempat penyimpanan khusus. Namun, kamar mandi tetap bisa didesain jadi semenarik mungkin. Misalnya dengan memanfaatkan keramik bermotif dan memilih bentuk bak yang unik. Warna kamar mandi pun bisa disesuaikan, baik di lantai, dinding, maupun baknya nanti. Nah, jika berhasil menemukan perpaduan warna yang pas, kamar mandi sederhana akan terlihat lebih estetis lo!

9. Memilih desain kamar mandi modern jelas lebih mudah  karena cukup banyak referensinya

kamar mandi modern via www.dekoruma.com

Sebenarnya kamar mandi modern pun tak perlu dibuat di lahan yang luas. Kamar mandi ukuran kecil pun tak masalah. Biasanya, kamar mandi modern akan membagi area basah dan kering dengan jelas menggunakan partisi kaca. Tujuannya, untuk memudahkan penempatan perabot dan peralatan sanitizer di kamar mandi nantinya. Selain itu, kamar mandi modern juga sering menggunakan ragam aksesori bercorak kayu dan tanaman hias yang membuat desainnya kelihatan lebih spesial.

10. Wujudkan desain kamar mandi mewah seperti ini jika kamu ada bujet lebih. Sudah pasti bikin betah sih~

kamar mandi mewah via interiordesign.id

Gaya Mediterania cukup sering diaplikasikan pada kamar mandi mewah. Campuran aksen tradisional khas Eropa, elemen vintage, unsur rustic, serta pilihan warna bumi tampak menyatu dengan selaras di desain kamar mandi ini. Untuk menunjang kenyamanan, biasanya mereka akan membuat kamar mandi dengan kaca terbuka supaya bisa menikmati pemandangan di sekitarnya.

Selain mempertimbangkan desain, kamar mandi nyaman juga mesti dijaga kebersihannya. Sebab, sebagus apapun kamar mandi akan terasa sumpek jika penataan barang tak sesuai atau airnya becek ke mana-mana. Nah, saat membuat desain kamar mandi, agaknya kamu mesti memperhatikan setiap saluran airnya supaya nyaman dipakai dan nggak bikin lembap. Semoga menginspirasi, ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE