8 Desain Plafon Minimalis yang Bikin Ruangan Lebih Luas. Bentuknya Unik!

Desain plafon minimalis

Proses pembangunan rumah memang memerlukan perhatian lebih agar hasilnya bisa sesuai dengan bujet dan dekorasi yang diinginkan. Salah satu bagian yang perlu diperhatikan yaitu desain plafon rumah karena plafon juga merupakan bagian dari konstruksi bangunan. Plafon berfungsi untuk mencegah cuaca panas atau dingin dari atap langsung masuk ke dalam rumah.

Advertisement

Sekarang kamu tahu kan kalau ternyata plafon juga menjadi salah satu bagian yang penting saat proses pembuatan rumah? Nah, kali ini Hipwee Tips akan memberikan desain plafon rumah minimalis yang bisa membuat ruangan terkesan luas. Kira-kira seperti apa ya bentuk plafon minimalis yang bisa diterapkan pada hunian? Yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Pertama, kamu bisa membuat desain langit-langit rumah dengan plafon minimalis dan tambahan lampu track di sekelilingnya

Desain plafon minimalis dengan lampu track | Credit via Pinterest – lightology.com

Salah satu cara menyiasati ruangan yang sempit yaitu dengan membuat desain plafon yang minimalis untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Nggak perlu bentuk yang rumit, kamu bisa meniru desain plafon sederhana dengan lampu track di bagian tengah sehingga ruangan terlihat lebih luas.

2. Desain plafon minimalis dengan menggunakan papan kayu yang dicat warna putih bisa bantu membuat ruangan tampak lebih luas

Desain plafon minimalis berbentuk miring | Credit via Pinterest – stylebyemilyhenderson.com

Desain plafon miring dengan menggunakan papan kayu ini juga bisa membuat ruanganmu terlihat lebih luas. Cat papan kayu dan dinding ruangan dengan warna lembut seperti warna putih. Selain itu, siasati juga penataan furnitur di dalam ruangan agar nggak membuat ruangan terlihat sempit. Lengkapi interior dengan lampu gantung dengan model minimalis.

Advertisement

3. Kamu juga bisa mengadaptasi desain plafon minimalis dengan konsep “coffered ceilings”

Desain plafon minimalis dengan bentuk kotak | Credit via Pinterest – chrissymarieblog.com

Bentuk plafon kotak seperti ini biasanya sering digunakan untuk plafon ruangan tertentu di hotel atau restoran. Tetapi, kamu juga bisa mengaplikasikan desain plafon minimalis dengan bentuk kotak seperti itu untuk rumah pribadimu.

Bubuhkan lampu downlight sebagai pencahayaan utama ruangan dan cat plafon dengan warna putih untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Kamu juga bisa menggunakan kaca pada salah satu sisi dinding untuk memberikan efek luas pada ruangan.

4. Desain plafon tinggi dengan bentuk miring ini juga cukup membantu membuat ruangan terlihat lebih luas

Desain plafon minimalis berbentuk miring | Credit via Pinterest – cottonstem.com

Kembali dengan desain plafon miring, kamu juga bisa meniru desain plafon minimalis yang satu ini. Gunakan material gypsum yang dicat putih dan beri tambahan lampu downlight di beberapa sisi plafon. Siasati juga dengan jendela besar untuk mendapatkan cahaya alami yang membuat ruangan terlihat terang dan terkesan luas.

Advertisement

5. Jenis plafon minimalis dengan lampu di bagian tepi ini belakangan sedang menjadi tren

Desain plafon minimalis dengan lampu di bagian tepi | Credit via Pinterest – theunstitchd.com

Ingin membuat rumah dua lantai di areal yang terbatas? Kamu bisa mengadaptasi bentuk plafon tinggi pada salah satu sisi ruangan agar hunian terkesan luas. Gunakan celah antar plafon sebagai area pencahayaan dengan memasang lampu downlight. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan lampu gantung dengan bentuk yang sederhana untuk melengkapi interior.

6. Nggak harus selalu warna putih, kamu juga bisa membuat desain plafon minimalis dengan sentuhan warna pastel

Desain plafon minimalis berwarna pastel | Credit via Pinterest – cocolapinedesign.com

Siapa bilang plafon harus selalu berwarna putih? Kamu juga bisa mengecatnya dengan warna-warna pastel yang identik dengan kesan lembut. Bentuk plafon dengan bingkai di bagian tepi ini juga menjadi salah satu desain plafon minimalis yang simpel dan sederhana. Bentuk plafon dengan warna pastel ini cocok diaplikasikan untuk rumah bergaya bohemian dan skandinavian.

7. Kalau sebelumnya menggunakan papan kayu, desain plafon dari balok kayu berwarna putih ini juga bisa kamu adaptasikan di hunian

Desain plafon minimalis dengan balok kayu | Credit via Pinterest – sfgirlbybay.com

Kalau sebelumnya kita sudah membahas desain plafon dengan papan kayu, kali ini desain plafon minimalis dengan balok kayu juga bisa menjadi inspirasi untuk hunianmu. Kalau kamu ingin menciptakan ruangan dengan kesan hangat, kamu bisa gunakan balok kayu berwarna cokelat. Sedangkan jika ingin menampilkan kesan ‘clean’ pada ruangan, kamu bisa mengecat plafon dengan warna putih.

8. Terakhir, desain plafon minimalis polos tinggi ini bisa memberikan kesan luas pada rumah

Desain plafon minimalis tinggi polos | Credit via Pinterest – covethouse.eu

Nggak harus membuat plafon dengan desain yang rumit, kamu juga bisa membuat desain plafon yang polos dan tinggi. Padukan dengan beberapa jendela berukuran besar dan interior ruangan mulai dari sofa hingga gorden dengan warna putih agar ruangan terlihat terang dan luas.

Itulah beberapa desain plafon minimalis yang bisa kamu terapkan pada hunianmu. Nggak harus dengan desain yang rumit, bentuk plafon yang minimalis dan sederhana justru bisa memberikan kesan ruangan yang luas. Pastikan kamu memadukan warna-warna yang tepat ya agar ruangan tetap terlihat segar dan cerah.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE