Jangan Keliru, Ini Doa Buka Puasa dan Maknanya yang Benar. Ucapkan dengan Penuh Rasa Syukur

Doa buka puasa

Ketika bulan suci Ramadan tiba, waktu berbuka puasa menjadi momen paling dinanti setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad, ada adab tertentu saat berbuka puasa. Misalnya melafalkan doa berbuka puasa. Selama ini kebanyakan umat Muslim hanya mengetahuai satu doa buak puasa. Padahal sebenarnya doa puasa ada 2. Bagi pemeluk agama Islam yang menunaikan ibadah puasa Ramadan, dianjurkan untuk mengucapkan doa buka puasa yang benar. Apalagi kalau mereka mampu mengucapkan doa buka puasa Ramadan dan artinya, amalan dan pahala akan bertambah.

Advertisement

Sayangnya, tak semua Muslim memgetahui dan memahami doa puasa beserta artinya. Bahkan tak jarang mereka hanya mengucapkannya tanpa menghayati maknanya dengan baik. Padaha doa buka puasa dan artinya mengandung nilai-nilai kebaikan seperti rasa syukur dan keikhlasan. Doa buka puasa juga diartikan untuk memaksimalkan pahala. Nah, berikut ini adalah doa buka puasa Ramadan yang benar. Yuk, langsung simak aja! Cus~

1. Doa buka puasa Ramadan satu ini paling sering dilafalkan selama ini. Supaya makin merasakan nikmat berbuka, pahami arti di baliknya

Pahami artinya benar-benar sebelum menikmati makanan buka puasa | Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Setelah menahan hawa nafsu dari terbit hingga tenggelamnya fajar, umat Muslimdisarankan untuk membatalkan puasa Ramadan dengan minum dan makan segera. Biasanya kurma atau takjil yang manis menjadi makanan ringan yang disantap saat berbuka puasa. Sebelumnya, mereka membaca doa buka puasa Islam. Pun kamu mungkin sangat familier dengan doa buka puasa sesuai sunnah ini.

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Advertisement

Bagi kamu yang kesulitan membacadoa buka puasa dalam Bahasa Arab, membaca doa buka puasa latinnya pun tak apa. Kamu hanya perlu membaca doa sesuai dengan ejaan di bawah ini. Dijamin lebih gampang.

Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin

Advertisement

Bila diartikan, doa buka puasa ini mengandung ungkapan rasa syukur kepada Allah karena masih diberi rezeki sehingga bisa berbuka. Makanya para ahli agama Islam sering mengajarkan untuk mengucapkan doa buka puasa sembari mengingat maknanya. Jadi, buka puasa benar-benar terasa nikmat dan khidmat.

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka. Dengan rahmat-Mu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Masih jarang diketahui, ini doa buka puasa versi kedua. Boleh lo dicoba karena sesuai ajaran Rasulullah

Doa buka puasa versi kedua | Photo by Ali Arapoğlu from Pexels

Selain doa buka puasa yang dibaca mayoritas Muslim, doa buka puasa yang shahih ini pun dianjurkan. Keduanya merupakan ajaran Rasulullah. Jadi tak ada masalah membaca salah satu doa tersebut. Supaya nggak bingung, kamu bisa membaca bacaan doa buka puas, latinnya, dan artinya ini.

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

Dzahaba-zh zama’u, wabtalati-i ‘uruuqu wa tsabata-l ajru, insyaa allah

Artinya: “Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah dan telah diraih pahala, insyaa allah.” (HR. Abu Daud)

3.  Ketika berbuka puasa, jangan lupa perhatikan adab-adabnya agar pahala puasa berlipat

Adab ketika berbuka | Credit: Rizkyharis, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Sebenarnya ada banyak amalan yang yang bisa dilakukan saat berbuka puasa. Amalan-malan sederhana ini justru menjadi sumber pahala. Tak ada salahnya bila kamu mengamalkannya agar pahala puasa semakin berlipat ganda. Salah satu amalan yang sering diabaikan adalah memanjatkan doa dan mengucapkan basmalah. Tak cuma membaca doa buka puasa, kaum Muslim disarankan untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Mengapa? Waktu berbuka puasa adalah waktu terkabulnya doa. Selain itu, jangan lupa membaca basmalah sebelum makan dan minum. Agar senantiasa ingat kepada Sang Maha Pemilik Semesta.

Doa berbuka puasa sunah atau wajib sama saja. Jadi kamu bisa memakai doa di atas untuk doa buka puasa sunnah seperti doa buka puasa Qadha atau doa buka puasa Rajab.  Semoga bermanfaat, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE