Tahap perawatan wajah dengan 10 step korean skincare memang terbukti mampu membuat kulit tampak lebih flawless dan glowing. Namun, saat menekuni metode perawatan ini, kamu nggak diperbolehkan menggunakan produk yang terlalu banyak. Sebab, produk akan bercampur dengan kandungan lain — yang mana jika takarannya nggak sesuai bisa  bikin kulit bermasalah.

Berikut beberapa hal yang mungkin terjadi jika kamu berlebihan memakai produk skincare. Baiknya hati-hati jika nggak mau kulit wajahmu kenapa-kenapa.

1. Kulit wajah yang memerah, meradang, dan gatal bisa jadi salah satu tanda bahwa produk yang kamu pakai terlalu banyak

kulit iritasi via www.smooky.site

Advertisement

Reaksi seperti ini biasanya disebabkan oleh alergi terhadap beberapa zat kimia yang tercampur dalam produk skincare. Zat ini bisa saja berupa bahan acrylates, pewangi, atau pengawet lain yang terdapat dalam produk.

2. Kebanyakan produk skincare juga bisa mengurangi kelembapan kulit yang membuatnya jadi lebih kencang

kerutan di wajah via www.youtube.com

Hal ini nggak boleh kamu biarkan sebab bisa meningkatkan produksi minyak, membesarkan pori-pori, dan menimbulkan kerutan di wajah. Jika kulit kencang ini kamu rasakan setelah mencuci muka, ganti sabun cuci mukanya dengan produk yang memiliki pH seimbang dan mengandung bahan alami.

3. Kulit yang terlihat berminyak tapi terasa kering bisa disebabkan oleh eksfoliasi yang terlalu sering

mengilap tapi kering via www.medicalnewstoday.com

Eksfoliasi yang berlebihan bisa mengangkat seluruh sel kulit mati yang bikin wajah jadi mengilap. Kalau terus dilakukan, kulit akan terasa perih dan sakit. Baiknya, hanya lakukan eksfoliasi sebanyak dua kali dalam seminggu, ya!

4. Menumpuk terlalu banyak produk skincare, bisa menimbulkan jerawat dan beruntusan di wajah

jerawat dan beruntusan via www.healthline.com

Advertisement

Melawan kulit berminyak dan berjerawat dengan memakai banyak produk biasanya malah memberikan efek yang bertolak belakang. Saat produk yang kamu pakai terlalu banyak, kulit justru jadi kering dan memperburuk peradangan. Tetap gunakan produk secukupnya jika kamu nggak ingin tumbuh banyak jerawat di wajah.

5. Terlalu banyak memakai pelembap juga bisa membuat wajah jadi lebih berminyak

jadi lebih berminyak via dermacareblog.wordpress.com

Jika minyak di wajah lebih banyak dari biasanya, cobalah hindari produk perawatan wajah yang mengandung pembasmi minyak. Carilah serum atau pelembap berbentuk gel yang mengandung hyaluronic acid. Produk ini bisa menghidrasi kulit dan mengurangi produksi minyak.

Sebelum memakai rangkaian panjang perawatan wajah, baiknya selalu cek kandungannya terlebih dulu. Terutama jika bahan yang digunakan mengandung acids dan bahan aktif lainnya. Saat mengalami beberapa kondisi di atas, baiknya segera hentikan penggunaan produk dan temui dokter kulit, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya