Bukan Digaruk, Ini 6 Cara Atasi Gatal Gara-gara Ketempelan Ulat Bulu. Sebelum Menjalar Lo!

Gatal kena ulat bulu

Meski kecil, rasa gatal karena terkena ulat bulu bisa terasa hingga berjam-jam. Nggak cuma gatal, kadang kena ulat bulu juga bisa bikin kulit jadi bentol, perih, dan bahkan sampai menimbulkan ruam. Mengutip laman Halo Doc, rasa gatal disebabkan oleh racun yang terdapat pada bulu-bulu ulat. Jika nggak segera ditangani ini bisa menyebar ke seluruh tubuh.

Advertisement

Kebanyakan orang biasanya langsung menggaruk begitu merasakan rasa gatal, tapi ternyata ini bukan cara yang efektif. Jangan digaruk, cobalah cara-cara di bawah ini untuk meredakan gatal dan menghindari penyebarannya. Nggak usah khawatir, metode-metode ini aman dilakukan kok, pada kulit anak-anak sekalipun.

1. Biar nggak menyebar, sesegera mungkin hilangkan bulu yang nempel di kulit

pakai isolasi via onedio.com

Agak sulit memang, makanya kamu perlu memakai alat yang bisa merekatkan bulunya. Misalnya, pakai isolasi atau plaster. Jangan lupa pakai sarung tangan supaya bulunya nggak menempel lagi. Setelah itu jangan lupa cuci tanganmu dengan air hangat.

Advertisement

2. Rasa gatal bisa diredakan dengan menggunakan garam dapur

pakai garam dapur via www.thesprucecrafts.com

Garam mengandung zat inflamasi yang bisa meredakan iritasi dan gatalnya. Kamu pun hanya perlu menggosokkan garam di area yang kena bulu selama lima menit. Biasanya setelah itu bulu dan racunnya akan langsung hilang.

3. Selain garam kamu juga bisa memanfaatkan soda kue untuk redakan gatal

pakai soda kue via kursrupiah.net

Baiknya pakailah soda kue setelah coba menghilangkan bulu dengan isolasi. Karena kandungannya yang cukup kesar, larutan soda kue bisa mematikan racun penyebab gatal dari bulu ulat ini. Cukup buat larutan soda kue hingga berbentuk pasta, kemudian oles di area kulit yang gatal, dan bersihkan.

4. Nah, biar nggak menjalar dan jadi ruam lakukan kompres dingin segera

pakai kompres dingin via www.sehatq.com

Suhu air dingin bisa membuat rasa gatalnya mereda. Nah, setelah dikompres kamu bisa mengoleskan minyak kelapa murni agar kulit nggak menimbulkan ruam dan terjadi bengkak. Tapi, bila kondisi masih berlanjut oleskan krim yang mengandung antihistaminic.

Advertisement

5. Racun dalam bulu ulat bisa dihilangkan dengan kunyit lo!

pakai parutan kunyit via blogunik.com

Kandung antiinfeksi pada kunyit bisa membuat racun hilang dan luka akibat garukan menggering. Haluskan kunyit dengan diparut kemudian balurkan di area yang kena ulat. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih, ya!

6. Tapi jika kamu punya alergi, segera hubungi dokter saat kena ulat bulu

pergi ke dokter via www.alodokter.com

Sebenarnya racun dan bulunya memang nggak berbahaya, hanya saja ada beberapa kasus yang membuat gejala ini jadi serius. Biasanya terjadi pada mereka yang punya alergi. Selain gatal dan ruam, pemilik alergi juga akan merasa sesak napas. Makanya, mesti segera ditangani oleh ahli.

Nggak cuma bagi penderita alergi, kamu pun mesti segera ke dokter jika kulit nggak membaik dan malah melepuh atau bernanah. Untuk anak di bawah usia dua tahun, baiknya jangan diberikan obat apapun sebelum berkonsultasi ke dokter. Takutnya ada efek samping tertentu yang malah membahayakan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE