Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Gampang kalau lagi semangat berhemat, tapi susah iritnya. Uang yang kita simpan punya tujuan mulia, yakni untuk persiapan masa depan. Tapi, adanya nafsu buat beli ini dan itu kok sulit ditahan. Ujung-ujungnya, jangankan masa depan, menjelang akhir bulan saja dompet sudah sekarat ~

Bicara soal atur keuangan, kamu bisa contoh dari para miliarder dunia. Dalam mencapai kesuksesan seperti sekarang, perjalanan mereka nggak secepat kelihatannya. Mereka ini juga sama kayak kamu — usaha dari nol hingga bisa menjadi orang kaya sedunia. Simak deh 9 tips atur keuangan dari miliarder dunia berikut.

1. Kartu kredit memang memudahkan saat mau beli ini dan itu. Tapi, kalau nggak bisa mengatur penggunaan, malah jadi malapetaka bagi rekeningmu

bijak pakai kartu kredit (photo: by Square) via unsplash.com

2. Cek dan catat pengeluaran tiap bulan lewat aplikasi anggaran atau tulis di kertas. Kata Bill Gates, hal itu bisa membantumu menetapkan tujuan

cek dan catat pengeluaran di aplikasi anggaran (photo: by 7shifts) via unsplash.com

3. Dari Warren Buffett, kita tiru hidup sederhananya seperti masih gunakan telepon biasa dan tinggal di rumah yang dibeli pada 1957. Jika ponselmu belum rusak, buat apa beli yang baru?

Kalau masih bisa dipakai, buat apa beli baru? via edition.cnn.com

4. Menurut Tucker Hughes yang menjadi seorang jutawan pada usia 22 tahun, investasi pertama (dan paling penting) yang harus kamu lakukan adalah pada diri sendiri. Jika keterampilan dan ilmu pengetahuanmu meningkat, tentu keberhasilan akan datang

investasi pada diri sendiri (photo: Kyle Gregory Devaras) via unsplash.com

5. Seperti apa masa depanmu bisa dilihat dari lingkaran pertemananmu. Jadi, sering-seringlah bergaul dengan orang yang memiliki tujuan keuangan yang sama dan memotivasimu untuk mencapainya

seperti pertemanan antara Bill Gates dan Warren Buffet sejak dulu via seekingalpha.com

6. Belanjakan uang untuk hal-hal yang membuatmu bahagia dan tambah bersemangat. Meski penuh perhitungan, kamu akan tetap bahagia

cari yang bikin semangat (photo by: Caleb George) via unsplash.com

7. Mulailah dari hal kecil, seperti bawa air minum dan bekal saat bepergian. Hemat dan lebih sehat!

bawa bekal (photo by: Jelly) via unsplash.com

8. Hemat nggak melulu harus serba murah. Pilih barang yang awet, cocok, dan sesuai dengan keuanganmu

hemat belum tentu berarti murah (photo by: Cam Morin) via unsplash.com

9. Jangan pernah menyerah. Selalu yakin kalau tabunganmu belum bertambah banyak, itu berarti kamu harus bersabar dan lebih bersemangat lagi

jangan menyerah (photo by: Priscilla Du Preez) via unsplash.com

Advertisement

Para miliarder dunia ternyata nggak selalu membelanjakan uang tiap hari. Mereka cenderung gunakan uang secara bijak, sesuai keperluan. Jika kebiasaan atur uang seperti itu mengantarkan pada kesuksesan, mengapa kamu tidak? Semangat ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya