Uang makan merupakan salah satu jenis pengeluaran anak kos yang paling banyak dihabiskan tiap bulannya. Saking rutinnya dibelanjakan, seringnya nggak terasa kalau uang makan tiba-tiba sudah habis saja. Nah, kalau sudah begini, mau nggak mau jadi harus puasa di akhir bulan nanti.

Berhemat di awal bulan memang nggak mudah untuk dilakukan. Banyak yang akhirnya tetap ‘jebol’ dan kehabisan uang di akhir bulan. Agar uang bulananmu tetap aman dan nggak banyak berkurang, lakukan beberapa strategi menghemat uang makan yang sudah Hipwee Tips rangkum untukmu.

1. Meski terkesan ribet, nyatanya masak dapat menghemat uang makanmu sehari-hari lo! Nggak perlu masak berkali-kali, masak saja sekali untuk tiga kali makan

masak untuk sehari via enallifestyle.blogspot.com

Advertisement

Nggak perlu masak aneh-aneh, kamu bisa kok masak makanan sederhana saja. Toh, juga hanya dimakan sendiri bukan? Masak yang cukup banyak agar bisa kamu makan untuk tiga kali sekalian. Lebih hemat tenaga juga nih buat masaknya. Kalau bisa patungan dengan anak kos lainnya, lebih bagus lagi.

2. Saat pergi ngampus atau kerja, usahakan untuk membawa bekal yang sudah kamu masak dari rumah. Dijamin irit deh kalau tiap hari mau begini~

bawa bekal sendiri via www.taysbakers.com

Masakan yang sudah kamu olah tadi paginya, bisa kamu bawa ke kampus atau kantormu untuk makan siang. Tahan dulu keinginan untuk jajan, tetap fokus saja untuk berhemat. Di sini kamu harus tahan godaan, ya!

3. Kalau memang harus jajan, taruh uang pas di dompetmu, supaya nggak tergoda untuk jajan yang lain

bawa uang pas via betorial.blogspot.com

Nggak bisa dimungkiri, terkadang kita masih tetap tergoda untuk jajan. Jajan sesekali nggak dilarang kok, tapi usahakan untuk menaruh uang pas di dompetmu untuk menghindarimu beli macam-macam yang sebetulnya cuma keinginan sesaat. Jadinya malah boros padahal.

4. Hindari makan di mal atau tempat perbelanjaan lain karena biasanya harganya lebih mahal ketimbang di warung makan biasa

Jangan makan di mal via merahputih.com

Advertisement

Kebanyakan warung makan yang ada di dalam mal memberlakukan pajak untuk setiap pembayaran. Makanya, usahakan untuk menghindari makan di dalam mal atau pusat perbelanjaan lainnya, ya. Tapi ingat, jangan juga kamu sampai menyiksa diri dengan menahan supaya nggak jajan, boleh kok asal pakai aturan dan nggak perlu sering-sering dilakukan.

5. Daripada beli minum di luar, mending selalu bawa botol minum yang sudah diisi air penuh dari kos sebelumnya

Bawa botol via site.tupperware.co.id

Bawa minum sendiri itu menghemat dua hingga empat ribu sehari dibandingkan kalau harus membeli air mineral kemasan atau memesan minuman lainnya di warung makan. Kelihatannya sih murah, tapi kalau belinya setiap hari, pasti bakal terasa juga pengeluarannya.

Itulah tadi beberapa strategi berhemat yang bisa kamu lakukan agar uang bulananmu nggak cepat habisnya. Mending hemat sejak di awal bulan kan daripada harus merana di akhir bulan gara-gara kehabisan uang jajan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya