6 Cara Hemat Kuota Internet Saat Harus Tethering dari HP. Tahu-Tahu Sehari Habis 5 GB Aja~

Hemat kuota tethering

“Astaga, baru juga beli kuota 5 GB, sehari udah habis aja. Bisa tekor nih uang bulanan :(“

Ya, akibat pandemi corona, beberapa perusahaan mengeluarkan kebijakan kepada karyawannya untuk bekerja di rumah. Menyenangkan memang, tapi bikin susah juga, masalahnya kita mesti keluar uang lebih untuk beli kuota internet. Belum lagi yang kerjaannya mengharuskan online. Padahal kantornya nggak memberikan tunjangan internet dan nggak semua rumah atau kos menyediakan koneksi wifi. Pffft~

Advertisement

Biar kerjaan tetap beres, alhasil kita mesti menghubungkan koneksi internet dari HP ke laptop atau komputer melalui metode tethering. Biar kuota nggak boros-boros amat, lakukan beberapa trik berikut, ya!

1. Sementara, matikan dulu pembaruan window di laptop atau komputermu

matikan dulu window update-nya via www.howtogeek.com

Umumnya, window 10 akan melakukan pembaruan otomatis bila terhubung dengan internet. Hal ini ternyata bisa menyedot kuota cukup banyak. Makanya, sementara coba pause atau matikan dulu saja.

Melalui menu ‘start’, ketik control panel di kolom ‘search’. Pilih ‘system and security’ yang ada di urutan paling atas, gulir ke bawah dan pilih ‘administrative tools’, klik ‘services’. Pilihlah ‘windows update’ dari beberapa lis yang muncul, ubah opsi ‘startup type’ ke ‘disabled’. Klik OK lalu restart komputermu.

2. Cobalah beralih ke browser yang lebih hemat kuota

atur plugin chrome via www.howtogeek.com

Selain Google Chrome, kamu juga bisa pakai Opera. Tapi untuk Chrome, kamu perlu mengatur semua plugin menjadi click to run only.

Advertisement

Di pojok atas Chrome, pilih ‘setting’ kemudian pilih opsi ‘show advanced settings’ klik ‘privacy’. Kemudian atur dan pilih ‘do not show any images’ di menu ‘content setting’.

3. Nonaktifkan dulu komputasi awan atau cloud baik di Google Drive maupun Dropbox

matikan sync dulu via www.blackxperience.com

Cloud merupakan teknologi yang mengizinkan pengguna untuk mengakses data mereka melalui komputer dengan akses internet. Seringnya, cloud memakan cukup banyak kuota, terlebih jika datanya punya ukuran yang cukup besar. Makanya, sementara matikan dulu cloud-nya baik yang pakai Dropbox atau Google Drive.

Untuk Dropbox: masuk ke aplikasi, klik ‘settings’ di bagian kanan atas, pilih ‘pause syncing’.

Untuk Google Drive: buka aplikasi versi desktop, klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, pilih opsi ‘pause’.

4. Kamu juga bisa membatasi kapasitas data yang digunakan

set data limit via www.androidauthority.com

Pengaturan ini akan membuat internet otomatis terputus jika sudah mencapai batas akses yang telah ditetapkan.

Masuk ke menu ‘setting’ di ponsel, pilih ‘data usage’ lalu aktifikan ‘set mobile data limit’. Atur dan ubahlah batas angka sesuai yang kamu butuhkan.

5. Aktifkan juga fitur power save yang ada di ponselmu

set limit di tethering via www.thewindowsclub.com

Di fitur ini, kamu bisa mengatur data internet yang digunakan, misalnya mau 10 MB atau 2 GB. Atau, kamu juga bisa mengaturnya di jangka waktu tertentu.

Masuk ke menu ‘setting’ pilih ‘tethering and portable hotspot’. Carilah menu ‘portable wifi hotspot settings’ kemudian ubah ‘power save’ menjadi satuan waktu. Atur kemudian klik OK.

6. Selain hal-hal teknis di atas, baiknya kurangi bekerja sambil streaming musik atau buka Youtube

Advertisement

jangan streaming musik dulu via www.sweetyhigh.com

Tanpa disadari, kedua hal di atas memang bakal bikin kuota cepat terkuras. Kalau mau lebih irit, mending kurangi dulu penggunaan dua media hiburan tadi. Atau, kalau memang benar-benar butuh hiburan, dengarkan musik di Youtube lalu pilih kualitas gambar paling rendah.

Memang, di masa seperti ini kita mesti mengatur pengeluaran sebaik mungkin, termasuk untuk intenet. Kalau nggak gitu, takutnya tiba-tiba uang bulanan atau gaji menipis drastis tanpa disadari, kan repot juga~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE