Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dilarikan ke ICU Rumah Sakit Soewandhi pada Selasa pagi (25/6), seperti yang dilansir dari laman Liputan 6. Setelah mendapatkan perawatan intensif, malamnya Bu Risma dipindahkan ke Rumah Sakit Pemprov Jatim, RSUD dr Soetomo. Di sini, ia ditangani oleh 15 dokter yang berpengalaman. Dari hasil pemeriksaan dokter, Bu Risma didiagnosis sakit asma dan mag. Kepala Dinas Kesehatan Surabaya, Febria Rachmanita pada konferensi pers Rabu (26/6) juga menuturkan hal yang sama terkait kondisi kesahatan Bu Risma saat ini.

“Ibu Risma didiagnosa sakit asma dan mag. Riwayat sakit asma ini merupakan bawaan sejak Bu Risma masih muda,” tuturnya.

Advertisement

Beberapa dari kita mungkin berpikir, bagaimana bisa penyakit asma yang menyerang saluran pencernaan bisa berhubungan dengan refluks asam lambung yang terjadi di pencernaan. Namun, pada beberapa kasus, telah ditemui bahwa asma dapat memperburuk asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Meski banyak orang yang belum mengetahui hubungan antara kedua penyakit ini, para ahli percaya bahwa kedua penyakit ini dapat saling berhubungan

mag bisa memperburuk asma via www.semanticscholar.org

Refluks asam terjadi ketika katup yang menghubungkan lambung dan kerongkongan nggak menutup dengan sempurna. Asam lambung yang naik dan menumpuk di kerongkongan akan merusak lapisan tenggorokan dan saluran pernapasan ke paru-paru. Hal ini akan menyebabkan kesulitan bernapas dan batuk yang terus menerus. Di sinilah asam lambung akan memperburuk gejala asma, begitu pun sebaliknya.

Saat hal ini terjadi, kamu akan mengalami beberapa gejala yang menunjukan bahwa asam lambung dan asma memang saling berkaitan

gejalanya bersamaan via www.medicalnewstoday.com

Biasanya, saat asam lambungmu kumat dan refluks sampai ke kerongkongan, kamu akan mengalami rasa mual, mulas, bahkan batuk kering atau susah menelan, yang mengindikasikan adanya kaitan dengan asma. Selain itu, ada beberapa hal yang jadi indikasi bahwa asma yang diderita berhubungan dengan mag, seperti:

Advertisement
  • saat gejala asma yang kamu alami bermula sejak kamu dewasa
  • saat gejala asma memburuk setelah kamu makan besar atau olahraga
  • saat gejala asma yang terjadi saat ketika kamu minum minuman beralkohol
  • saat gejala asma yang terjadi pada malam hari atau ketika kamu berbaring
  • saat obat asma menjadi kurang efektif dari biasanya
Kedua penyakit ini nggak bisa serta-merta kambuh begitu saja. Ada ciri-ciri khusus yang jadi penyebab bahwa kambuhnya asma dipicu oleh asam lambung

minum-minuman beralkohol via hellosehat.com

Dilansir dari laman Health Detik, Peterson menuturkan bahwa asma yang dipicu oleh asam lambung biasanya kambuh ketika pola makan nggak teratur, setelah minum alkohol, dan saat berbaring. Para ilmuwan dari Duke University di North Carolina baru-baru ini juga melakukan penelitian dengan menyuntikkan cairan asam ke lambung tikus. Hasilnya, peningkatan kadar asam lambung terbukti mengurangi sistem imun sehingga banyak tikus yang terserang asma.

Tapi tenang, saat asma dan asam lambungmu kambuh, ada beberapa obat yang bisa kamu konsumsi untuk meringankan sakitnya

Obat-obatnya via pixabay.com

Untuk mengontrol refluks asam lambung, kamu bisa mengonsumi obat dengan inhibitor pompa proton (PPI) seperti Nexium dan Prilosec yang juga akan membantu meringankan gejala asma. Namun, ada juga beberapa obat asma yang justru dapat memperburuk mag, seperti teofilin dan beta-adrenergik bronkodilator. Saat mengalami keduanya, segera konsultasikan ke dokter agar kamu nggak salah obat, ya!

Obat-obatan memang dapat meredakan asma dan magmu ketika kambuh, tapi nggak sepenuhnya dapat menyembuhkan. Makanya, agar nggak sering kambuh, kamu perlu melakukukan beberapa perubahan pola hidup agar terhindar dari asma dan asam lambung, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya