Jangan Lagi Lakukan 7 Hal Jelek ini. Biar Jadi Orang yang ‘Baru’ dan Jauh dari Merugi

Hal yang sebaiknya dilakukan demi hidup yang lebih berkualitas di tahun yang baru

Harapan baru selalu muncul kala kita sudah tiba di penghujung tahun. Banyak mimpi dan harapan yang belum terwujud dan didoakan agar dapat teraih di tahun yang baru ini. Hidup berkualitas pun termasuk di dalamnya. Kamu tentu nggak ingin dong hidupnya mentok di situ-situ saja, jadi sosok yang biasa dan masih rata-rata?

Advertisement

Taruhan deh, kamu pasti diam-diam suka kagum sama sosok yang terlihat anggun, berkelas dan elegan padahal seolah berpenampilan effortless, nyaris tanpa banyak usaha. Padahal, kamu pun bisa seperti mereka, mendapat hidup lebih elegan dan berkualitas dengan menerapkan 7 hal sederhana termasuk meninggalkan hal-hal buruk mulai tahun ini. Yuk, yuk dicoba. Barangkali jadi banyak juga rezeki dan kejutan tak terduga yang bakal menghampiri!

1. Membelanjakan uang hanya karena kalap mata. Fokuslah pada kebutuhan dan kualitas daripada sekadar harga murah dan kuantitas

Gila belanja? via www.theatlantic.com

Mungkin hari ini kamu masih masuk golongan sobat qismin (padahal aslinya nggak qismin amat lah!) yang menganggap sepatu harga 200 ribuan itu mahal. Boro-boro 200 ribu, 100 ribu aja tuh rasanya sayang banget deh buat dikeluarin, mending beli yang murah aja di bawah 80 ribuan. Eits, padahal jelas dari segi model dan kualitas beda jauh lo! Model yang klasik dan kualitas yang oke pastinya dibarengi dengan harga yang lumayan.

Mulai tahun ini, coba deh menahan diri untuk nggak tergoda banyak belanja diskon dan fokus menabung untuk 1-2 produk yang benar-benar berkualitas. Percaya deh, hasilnya pasti bakal terlihat lebih classy dan elegan.

Advertisement

2. Sayang-sayang bujet untuk ikut kursus. Padahal nggak ada salahnya upgrade keahlian baru

Yuk ah upgrade skill kamu~ via www.ninamua.com

Kalau tahun ini kamu masih maju mundur buat menjajal kursus atau mencoba ladang hobi baru, cobalah untuk lebih nekat di tahun ini. Siapa tahu saja bakat kamu justru jadi terasah dan bisa jadi lahan bisnis baru?

3. Masih meratapi kekurangan diri? Kalau terus merasa nggak puas, kenapa nggak cari cara untuk memperbaikinya? Tentu dengan cara yang positif ya!

Lari beneran, bukan lari dari kenyataan~ via www.runsociety.com

Your body, your rules. Hipwee tahu banget, masing-masing orang pasti punya pergumulan tentang kekurangannya, mulai dari kekurangan fisik sampai kekurangan non fisik. Nah, mumpung masih awal tahun dengan semangat yang menggebu, kenapa nggak coba kuatkan tekad buat mengatasi kekurangan? Misalnya dengan mulai ikut kelas fitness, ikutan zumba, ikutan kelas public speaking atau menjajal tantangan makanan sehat minimal sebulan penuh dan lihat hasilnya.

Kalau nggak mencoba, nggak tahu jadinya gimana, kan?

Advertisement
4. Kalau selama ini kamu hanya memendam semua perasaan sendiri, kenapa nggak mencoba untuk speak up lebih berani di tahun yang baru ini?

Yuk belajar lebih elegan lagi dalam mengungkapkan isi pikiran via www.pexels.com

Berani bicara bukan berarti kurang ajar. Saat kamu tahu apa yang kamu mau, lalu kamu mengutarakannya dengan benar dan apa adanya, aura elegan akan terpancar darimu. Ngaku deh, kamu pun suka kagum kan sama mereka yang mudah mengungkapkan keinginan dan isi hatinya dengan elegan dan cerdas?

5. Berhenti menimbun barang berlebih di tahun ini. Daripada numpuk nggak jelas, coba mulai disortir dan disumbangkan kalau masih layak pakai

Kebiasaan suka menyimpan kotak-kotak bekas produk nggak jelas di lemari? Punya banyak koleksi pakaian, tas atau sepatu yang nyaris sudah tak tersentuh setahun lebih? Hmm, coba mulai keluarkan dan sortir satu per satu. Kamar yang bersih dan nyaman akan memberikan kedamaian yang nggak bisa kamu raih meski sudah bolak-balik ke spa tiap hari.

6. Tahun ini, kurang-kurangi deh curhat keluhan melulu di medsos. Bukan apa-apa, selain tak berfaedah juga jelas terkesan nggak berkelas!

Curhat mulu di medsos~ via socialbarrel.com

Meski hal ini menjadi semacam terapi (yang bikin kecanduan – percayalah) tapi berusahalah untuk mengurangi kebiasaan curhat-curhat di medsos. Selain nggak baik buat reputasimu, sebenarnya nggak memberikan faedah apa-apa. Alih-alih kasihan dan peduli, kebanyakan teman warganetmu justru mungkin malah akan merasa terganggu lo~

7. Terakhir, jangan hanya mengejar gengsi dengan membeli perabotan atau elektronik mahal padahal sebenarnya tak mampu beli. Toh yang ada juga masih berfungsi kan?

Sampai rela jual ginjal dan antri sebegitunya 🙁 via www.ibtimes.co.uk

Kalau kamu perhatikan, banyak lo miliuner yang ponselnya masih itu-itu saja dan jarang gonta-ganti. Atau orang-orang cerdas yang gawai dan laptopnya masih ‘biasa’ saja. Daripada sibuk tengok kanan-kiri dan nggak pernah puas sama yang kamu miliki, mending kembangkan soft skill yang kamu punya deh. Lebih seru jadi sosok yang menginspirasi kan daripada diam-diam menghamba gengsi~

Hipwee doakan tahun depan, kalian bisa jadi sosok yang lebih berkelas, sukses dan penuh semangat. Nggak perlu takut untuk mencoba hal baru, selama itu bermanfaat. Kurang-kurangi mengulik kekurangan diri sendiri dan orang lain apalagi sampai julid sana-sini. Ya, elegan bukan sekadar bicara soal merek pakaian dan aksesori yang kamu pakai kan? Semangat ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE