8 Cara Merawat Rambut agar Kembali Sehat & Indah

Rambut adalah mahkota untuk semua cewek. Tentunya, kamu yang cewek bercita-cita punya rambut indah dan bersinar “dari dalam”. Apalagi kalau rambutmu panjang.

Advertisement

Selama ini mungkin kamu sudah merasakan sendiri. Merawat rambut untuk kelihatan sehat bukanlah hal yang mudah. Bahkan walau kamu sudah pergi ke salon untuk creambath atau maskeran, tetap saja ada helaian rambut yang bercabang.

Jangan patah semangat! Kalau sampai sekarang perawatan rambutmu itu belum berhasil, kamu bisa menerapkan 8 tips di bawah ini. Berikut cara mudah merawat rambut agar kembali sehat, lembut dan tidak bercabang.

1. Rapikan rambut dengan jari-jari tanganmu

cara merawat rambut kusut

Sisir pakai tangan aja via www.glamour.com

Saat terkena angin, rambut panjang sering sekali mudah kusut, sekalipun kamu sudah mengikatnya. Biasanya kamu juga segera merapikannya dengan sisir, supaya kusutnya nggak terlalu parah dan rambut panjangmu bisa kembali tergerai indah. Namun yang perlu kamu tahu, menyisir rambut kusut dengan sisir justru bisa membuat rambutmu patah. Akhirnya rambutmu pun bercabang.

Advertisement

Cara paling aman untuk merawat dan merapikan rambut kusutmu adalah menyisirnya secara perlahan dengan jari-jari tangan, jari-jari tangan lebih sensitif dari sisir, sehingga tahu bagaimana memperlakukan rambutmu dengan baik.

2. Jangan terlalu sering menyisir rambut

cara merawat rambut

Hati-hati ritual menyisirnya via thepragmaticcostumer.wordpress.com

Rambut berantakan dikit, langsung sisir. Kadang nggak berantakan pun tetap disisir. Kebanyakan dari kamu berpikir, sering menyisir rambut bisa selalu menjaga kerapihan tatanan rambutmu. Padahal gesekan sisir yang terlalu sering di rambutmu, bisa membuat rambutmu mudah patah dan akhirnya bercabang.

Advertisement

Selain mengurangi kebiasaan menyisir rambut, kamu perlu memperhatikan jenis sisir yang kamu gunakan. Misalnya, sisir berbahan plastik yang ternyata bisa membuat rambutmu kasar.

Adanya listrik statis yang dihasilkan saat sisir bergesekan dengan rambutmu menjadi penyebab utamanya. Lalu kerenggangan sisir juga harus kamu sesuaikan dengan bentuk rambutmu, jangan sampai kamu menggunakan sisir rapat untuk rambut keritingmu.

3. Jangan biasakan mengeringkan rambut dengan handuk

cara merawat rambut

Demi mempercepat proses keringnya rambut selepas keramas, kamu pun menggosok-gosoknya dengan handuk. Iya cepat kering sih, tapi tahu nggak kalau kutikula rambutmu bisa rusak dengan cara seperti itu. Bukan cuma rambut bercabang yang bisa kamu alami, tapi rambut panjangmu akan mudah rontok. Mulai sekarang, kamu cukup menepuk-nepuk rambut basahmu dengan handuk, lalu membungkusnya sebentar.

4. Hindari terlalu sering menggunakan hairdryer dan catok

cara merawat rambut

Efisien memang mengeringkan rambut dengan hairdryer. Catok pun efektif untuk membuat rambut bergelombangmu tergerai dengan lurus. Tapi, kamu harus ingat dibalik kemudahan itu nyatanya menyimpan banyak efek negatif untuk kesehatan rambutmu.

Namanya alat-alat pemanas, sudah pasti lama kelamaan bisa mengurangi kelembapan rambutmu, membuatnya mudah kering, bercabang dan akhirnya rontok. Biarkan rambutmu indah dengan natural. Kalaupun terpaksa menggunakannya, jangan terlalu sering juga ya.

5. Jangan terlau banyak menggunakan shampo=

cara merawat rambut

Shampo yang kamu sering pakai itu mengandung bahan kimia pabrikan. Karenanya, menggunakan shampo secukupnya itu penting. Menggunakan shampo yang terlalu banyak, tapi kamu nggak cukup bersih membilasnya, itu menyebabkan sisanya menempel dan menumpuk di kulit kepala. Lama-lama rambutmu pun nggak hanya kering, tapi gatal akibat ketombe di kulit kepalamu.

6. Menggunakan conditioner untuk menjaga kelembapan dan kelembutan

cara merawat rambut

Semua yang ada di tubuhmu itu butuh yang namanya nutrisi, bahkan helaian rambut di kepalamu sendiri. Meski sebenarnya rambut itu akan rontok setiap harinya karena proses regenerasi. Merawatnya juga tetap kewajiban yang perlu kamu perhatikan.

Kalau kamu nggak sempat memaskerkan rambutmu, memakai conditioner 2 atau 3 kali seeminggu sudah cukup menjaga kelembapan dan kelembutannya. Kalau rambut kamu nggak kering, sudah pasti nggak akan mudah kusut dan rambut patah atau bercabang pun selamat tinggal.

7. Pakai minyak alami seperti minyak kelapa, zaitun atau kemiri

cara merawat rambut

Nah, kalau kamu benar-benar ingin merawat rambutmu secara alami, ganti saja conditioner dengan minyak kelapa, zaitun atau kemiri. Minyak-minyak itu sama-sama bisa menjaga kelembapan rambutmu. Namun, masing-masing juga punya kelebihan lain.

Seperti misalnya, minyak kelapa yang berfungsi sebagai anti jamur atau bakteri, dijamin kulit kepalamu akan jauh dari yang namanya ketombe ataupun jerawat di kepala. Atau minya kemiri yang bisa membuat warna hitam rambut kamu lebih berkilau.

8. Jangan menguncir rambut terlalu kencang dan sering

cara merawat rambut

Menguncir rambut memang praktis supaya rambut yang panjang nggak mengganggu aktivitasmu. Belum lagi, menguncir rambut juga bisa memberikan kesan yang segar dan terlihat lebih muda. Tapi, kalau terlalu kencang dan sering menguncirnya, rambut kamu justru akan mudah rontok. Karena saat menguncir rambut, otomatis akar rambutmu ikut tertarik dan lama kelamaan akarnya pun rapuh.

Daripada kamu kuncir, kenapa nggak membiarkanya jatuh tergerai? Rambut tergerai juga bisa diandalkan untuk memancarkan kencantikanmu.

Itulah informasi bahasan tentang cara merawat rambut agar kembali sehat dan terhindar dari rambut rontok, kusut, dan bercabang. Sebenarnya, nggak sulit ‘kan merawat rambut panjangmu? Kamu hanya harus mengubah beberapa kebiasaan yang ternyata tak baik atau tak sehat untuk rambutmu. Dicoba, ya, semoga berhasil! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tukang catat yang sering dilanda rindu dan ragu

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

CLOSE