Dalam kehidupan sehari-hari kita sering punya barang bekas yang tidak terpakai. Mau dibuang sayang, tapi kalau disimpan malah menuh-menuhin tempat. Mungkin akan lebih berguna apabila barang-barang itu bisa kita olah untuk digunakan kembali. Lumayan banget ‘kan?

Makanya kalau ada barang yang sudah tak terpakai, langsung kumpulkan dan bisa jadi barang-barang baru. Kalau sudah jadi, kamu dapat menjualnya loh. Berikut ini ada tujuh barang yang bisa kamu pakai lagi sekaligus menghasilkan uang. Mari simak ya~

1. Punya sepeda rusak jangan dulu dibuang. Karena ban sepedanya bisa jadi hiasan cantik seperti ini

hiasan dari ban bekas via www.diyhowto.org

Bosan dengan hiasan mainstream? Kini saatnya kamu pakai ban dari sepeda bekas untuk dijadikan hiasan. Tinggal percantik dengan bunga-bunga kertas, kamu jadi punya hiasan unik di dinding atau meja deh.

2. Daripada habiskan uang untuk beli pernak-pernik wadah untuk meja, mendingan gunakan kaleng bekas diy-mu

dari kaleng via plaidonline.com

Kita suka gemas dengan tampilan meja yang gitu-gitu saja. Biar bikin semangat kerja, kamu bisa manfaatkan kaleng-kaleng bekas sebagai wadah tempat pensil misalnya. Kamu dapat gunakan kertas kado bekas untuk menghias kalengnya.

3. Sampah botol plastik berserakan? Banyak lho yang bisa dilakukan untuk mengatasinya

jadi hiasan lucu via www.123rf.com

Sampah atau limbah plastik jadi salah satu jenis sampah yang sering banget kita temui. Sebagai contoh botol plastik air minum kemasan. Kalau kamu tengok tempat wisata, pasti ada aja orang-orang nakal yang meninggalkan sampah botol plastiknya berserakan begitu saja. Padahal sampah bekas botol air minum kemasan ini bisa didaurulang dan dimanfaatkan menjadi barang-barang unik seperti kotak pensil, vas bunga, atau hiasan lampu. Zaman sekarang ‘kan sedang hits yang model-model homemade. Dengan kreativitas dan niat, sampah botol plastikmu bisa jadi hiasan taman yang indah. Tapi kalau kamu malas melakukan daur ulang sampah plastik dan memanfaatkan sampah plastik untuk kemudian dimanfaatkan, kamu bisa lho bantu memilah sampah botol plastik dan membuang pada tempatnya agar bisa didaur ulang menjadi botol baru.

Seperti yang sudah dilakukan AQUA. Sebagai bentuk komitmen #Bijakberplastik, AQUA menjadi salah satu perusahaan air minum kemasan pertama yang berinovasi meluncurkan kemasan 100% dari plastik daur ulang dan 100% dapat didaur ulang. Inovasi kemasan ini adalah salah satu langkah nyata dari AQUA untuk mewujudkan Indonesia yang lebih bersih. Tak hanya itu, tersedianya AQUA kemasan 100% plastik daur ulang ini turut menjaga keseimbangan antara keberlanjutan bisnis dengan kelestarian alam Indonesia

Dengan mengonsumsi AQUA kemasan 100% plastik daur ulang, kamu sudah berpartisipasi dalam mendukung gerakan #Bijakberplastik sehingga pengurangan sampah plastik dan kelestarian lingkungan di Indonesia tetap terjaga.

4. Tote bag masih digilai. Yuk, bikin tote bag unik dari jeans bekas yang bisa kamu jual dengan harga cukup lumayan lo

tote bag dari jeans via coolcreativity.com

Kalau kamu niat bisnis, coba deh buat tote bag unik dari jeans bekas. Kamu bisa menyulapnya jadi tote bag yang bisa dijual lagi dengan harga cukup lumayan. Asyik banget!

5. Agak sedikit sulit, tapi asal ada niat botol-botol bekas dari beling dapat dijadikan tempat lampu di jalan

lampu dari botol beling via www.flickr.com

lampu dari botol beling[/caption]Sayang banget botol-botol bekas dari beling kamu buang tanpa dimanfaatkan kembali. Kamu bisa mengubahnya jadi tempat lampu di jalan biar terlihat unik dan menarik bagi orang-orang yang lewat.

6. Doyan makan es krim? Stiknya dikumpulkan deh untuk kamu jadikan hiasan pinggir kaca agar tak tampak membosankan

dari stik es krim via mashable.com

Karena kaca salah satu aksesoris rumah yang menarik perhatian, saatnya kamu manfaatkan stik es krim untuk mempercantiknya. Dijamin deh kreativitasmu menuai pujian.

7. Punya koleksi papan skateboard? Daripada nganggur, lebih baik kamu jadikan sebagai tempat pajang foto ala-ala di dinding

dari papan skateboard via www.countryliving.com

Papan skateboard yang sudah nggak terpakai sebenarnya masih bisa kamu gunakan untuk tempat pajang foto di dinding lo. Lumayan kan daripada cuma di letakkan di dalam gudang?

8. CD memang sudah nggak zaman, tapi siapa sangka dapat kamu jadikan barbel lalu di jual?

Koleksi CD yang sudah nggak dipakai bisa kamu jadikan barbel dan dijual lagi lo. Lumayan banget buat nambah uang jajan sesekali.

Tanpa disadari ada banyak barang bekas yang bisa menjadi produk yang bermanfaat. Kamu bisa gunakan lagi atau dijual untuk uang jajan tambahan lo. Jadi, kalau punya barang bekas dari sekarang jangan dibuang lagi ya. Siapa tahu menghasilkan uang atau mempercantik tampilan rumah. Dan kamu pun secara nggak langsung ikut berpartisipasi terhadap pengurangan sampah di Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya