“Eh, aku kok belum ‘dapet’ ya?”

“Wah, hari ini bakal ‘dapet’ nih gue, perutnya udah kerasa nggak jelas.”

Percakapan atau monolog kayak di atas ini wajar banget dilakukan oleh para cewek tiap bulannya. Malah baiknya harus dipertanyakan, mengingat menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami cewek secara berkala dan berhubungan penting dengan masalah kesehatan yang mungkin akan dialami. Jadi semakin teratur siklusnya, maka menandakan kondisi kesehatannya baik. Hal inilah yang menyebabkan siklus menstruasi perlu dipantau terus, syukur-syukur bisa hafal kapan tamu bulananmu bakal datang.

Advertisement

Sebenarnya ada banyak keuntungan lo kalau kamu rutin memantau siklus menstruasi dan menghafal tanggalnya. Yang pasti manfaat ini nggak perlu nunggu sampai kamu jadi istri. Makin dini makin baik.

1. Kalau kamu bisa memperkirakan kapan menstruasi akan datang, nggak akan ada lagi ‘kebocoran’ yang nggak ketahuan

bisa pakai pembalut lebih dini via www.medicalnewstoday.com

Tentu jadi momen yang membanggakan ketika kamu benar-benar bisa mengenali tubuh sendiri, bukan? Sebelum menstruasi datang, akan selalu ada tanda-tanda yang muncul dan dirasakan oleh tubuh, entah perut yang berkontraksi, mood yang kacau, atau tiba-tiba nafsu makan meningkat drastis.

Nah, jika kamu sudah bisa membaca tanda-tanda itu dan mengenali kapan tepatnya tamumu datang, maka kamu akan bisa mempersiapkannya lebih dini. Misalnya dengan memakai pembalut terlebih dulu sebelum mens, yang otomatis akan mengantisipasi kebocoran tanpa diketahui. Menyenangkan!

2. Kamu bisa mempersiapkan diri menghadapi PMS yang mungkin bakal mengganggu jadwal kegiatanmu juga

udah tahu bakal kram perut via www.businessinsider.sg

Advertisement

Mengetahui secara tepat kapan menstruasi berlangsung adalah cara paling efektif untuk mempersiapkan diri, terutama buatmu yang seringnya PMS di hari-hari pertama mens. Kamu akan lebih leluasa untuk mengatur ulang jadwal yang sekiranya nggak bakal bisa berjalan lancar kalau kondisimu lagi kram perut. Atau malah lebih mempersiapkan diri dengan membawa emergency kit agar tetap bisa menghadapi segala macam keluhan PMS tanpa mengganggu aktivitasmu.

3. Buatmu yang lagi program hamil, paham siklus menstruasi ini penting banget buat menentukan masa subur

menghitung masa subur via www.ccrmivf.com

Membaca siklus menstruasi memang jadi cara paling tepat untuk menghitung masa subur. Masa subur ini berarti waktu paling ideal untuk berhubungan badan untuk tujuan pembuahan alias program hamil. Umumnya, masa subur cewek adalah 12 -16 hari dihitung sejak hari pertama mens.

Nah, di masa subur ini, tubuh cewek sedang mengalami ovulasi alias pelepasan sel telur yang nantinya bisa dibuahi oleh sel sperma dari proses pembuahan tadi. Mengenai subur atau nggaknya cewek bisa dilihat dari tanda-tanda menstruasi yang Hipwee Tips catat di sini.

4. Lebih mudah menghitung usia kehamilan sebelum konfirmasi dengan pemeriksaan USG

perkirakan usia kehamilan via people.com

Untuk menghitung usia kehamilan, metode yang banyak digunakan saat ini adalah dengan berpatokan pada tanggal menstruasi terakhir. Cara ini dianggap terbaik bagi para cewek yang siklus mensnya sekitar 28 hari. Jadi, hari pertama mens terakhir dianggap sebagai hari pertama kehamilan seseorang. Kemudian tanggal hari pertama menstruasi terakhir itu ditambahkan 40 minggu (9 bulan) untuk menentukan perkiraan hari persalinan.

Nah, kalau kamu saja nggak hafal siklus bulananmu, atau memang siklusmu yang nggak teratur, bakal sulit untuk menghitung usia kehamilan dengan metode kalender kayak gini.

5. Membantumu memahami siklus tubuh dan mengetahui sejak dini status kesehatanmu kalau-kalau terjadi gangguan siklus menstruasi

siapa tahu ada masalah via www.orami.co.id

Dengan mengetahui siklus menstruasi, kamu juga bisa segera waspada jika menemukan beberapa indikasi terkait menstruasi yang mengkhawatirkan. Misalnya, siklus mensmu kadang kurang dari 21 hari, kadang juga lebih dari 35 hari, atau merasakan kram perut yang parah selama mens. Siklus menstruasi yang nggak teratur memang nggak selalu menandakan masalah serius, tapi terkadang ketidakaturan tersebut bisa menjadi sinyal ada masalah dalam tubuhmu lo. Kalau ternyata kista, gimana coba?

Siklus menstruasi itu ibarat rapor bulanan dari kesehatanmu, dia bisa menjadi pembawa kabar bahwa kondisi tubuhmu sedang normal atau nggak, terutama masalah hormonal. Meski datangnya menstruasi bisa maju atau mundur satu atau dua hari, tetap penting buatmu untuk mencatat tanggal atau melingkari kalender tiap kali kamu menstruasi. Yuk ah, demi tubuh sendiri jangan malas!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya