“Yang, ngedate berikutnya kita ngapain nih?”

“Makan berdua yuk, mau?

“Mau, di mana?”

“Hmm… gimana kalau kita masak bareng sendiri aja, Beb?”

“Eh? Masak bareng?!”

Jika biasanya kamu dan pacarmu menghabiskan Sabtu malam dengan jalan-jalan dan makan diluar, kenapa nggak menjajal gaya pacaran yang berbeda? Yup, biar nggak bosan dengan rutinitas pacaran yang itu-itu saja, coba deh melewatkan waktu berdua dengan memasak bersama.

Advertisement

Selain lebih hemat, menjajal kegiatan masak bersama sudah pasti membuat hubungan kalian makin hangat. Nggak percaya? Langsung dicoba sendiri saja, ya! Nih Hipwee kasih 6 resep lezat dan sederhana yang bisa kamu coba bareng si dia.

1. Steak lada hitam dengan kentang peterseli nggak cuma ada di restoran ternama, kamu dan pacarmu bisa memasaknya berdua

7g3c4184-30-smaller

Kalau ada budget lebih, beli daging steak buat dimasak berdua via delicioux.com

Duh, mendengar nama makanannya aja sudah kebayang susah masaknya, ya? Sama sekali enggak, apalagi kalau dibantu sama si dia, masakan ini bakalan sangat mudah untuk dibuat.

Yang kamu butuhkan:

Advertisement
  • 3 kentang ukuran besar, kupas dan potong menjadi dadu ukuran besar
  • 2 sendok makan minyak zaitun, dan sedikit ekstra untuk taburan
  • 1 siung bawang putih dicincang
  • 1 tangkai kecil daun peterseli dipotong-potong halus
  • 2 daging sapi khusus steak bisa tenderloin atau sirloin. Masing-masing kurang lebih 140 gram.
  • 1 sendok teh lada hitam tumbuk
  • Sepotong kecil butter
  • Daun selada untuk penyajian

Cara memasaknya:

  • Masukkan kentang ke dalam sepanci air, didihkan, biarkan mendidih selama 2 menit, kemudian tiriskan. Setelah itu panaskan minyak zaitun dalam wajan anti-lengket, masukkan kentang tadi dan tumis perlahan selama 20 menit. Balik-balik kentangnya sesekali, hingga warnanya keemasan dan teksturnya krispi.
  • Setelah kentangnya matang, masukkan bawang putih ke dalam wajan dan goreng lagi selama 1 menit. Terakhir, masukkan potongan peterseli, bumbui dengan garam dan sisihkan.
  • Sementara itu, ketika kamu memasak kentang, si dia bisa membaluri daging steak dengan beberapa tetes minyak zaitun, lalu lada hitam yang kemudian ditekan-tekan pada permukaan daging agar meresap.
  • Panaskan wajan pemanggang sampai panas, dan masak daging sesuai dengan selera kalian berdua (masak selama 2,5 menit pada setiap sisi untuk medium rare, 3,5 menit untuk medium, dan 4,5 menit untuk well done). Setelah diangkat dari wajan, diamkan daging selama 5 menit kemudian beri sepotong kecil butter di atasnya dan sajikan bersama kentang dan daun selada.

2. Menu ayam bumbu goreng krispi nggak akan terasa biasa kalau kamu meramunya bareng dia yang paling dicinta

fried-chicken-recipe

Ayam krispi selalu jadi idola semua via www.inspiredtaste.net

Kalau ini, bisa dimasukkan sebagai salah satu masakan anti-gagal buat kamu dan dia. Karena selain mudah masaknya, semua pasti suka sama ayam goreng ‘kan?

Yang kamu butuhkan:

  • 3 butir telur
  • 80 ml air
  • 240 gram tepung terigu
  • 1½ sendok teh soda kue
  • ¾ sendok teh kayu manis bubuk
  • ¼ sendok teh jahe bubuk
  • 1/8 sendok teh pala bubuk
  • ½ sendok teh lada merah
  • 1 kilogram daging ayam. Terserah bagian apa, mau sayap, dada atau paha. Suka-suka kamu.

Cara membuatnya:

  • Panaskan minyak goreng di dalam wajan penggorengan hingga suhunya 177 Celcius. Minyak harus cukup banyak agar bisa merendam ayam saat digoreng nanti namun tidak boleh terlalu banyak sampai meluap ya.
  • Sambil nunggu wajannya panas, kamu bisa menyampurkan 3 butir telur dengan air dalam sebuah mangkuk lalu kocok. Sementara itu si dia bisa dikasih tugas untuk mencampurkan tepung dengan soda kue, kayu manis + jahe + pala bubuk dan lada merah di mangkuk terpisah.
  • Celupkan daging ayam ke dalam kocokan telur, kemudian lapisi dengan campuran tepung. Setelah itu goreng ayammu hingga warnanya kecoklatan. Untuk daging berwarna gelap seperti dada butuh waktu kurang lebih 13 menit. Sementara daging putih seperti paha sekitar 8 menit.
  • Goreng ayamnya secara bergiliran ya, jangan sampai wajannya kepenuhan. Kamu juga bisa ganti-gantian masukin ayamnya ke wajan sama si dia. Ihik ihik.

3. Buat pasangan yang doyan makan sayuran, resep brokoli keju panggang boleh jadi pilihan

Cheddar-Baked-Broccoli-Recipe

Sehat, penuh serat tapi enak! Brokoli keju jawabannya. via www.inspiredtaste.net

Jangan melulu makan daging, karena sayuran juga dibutuhkan tubuh. Nah, resep brokoli keju panggang ini boleh banget kalian coba, ya!

Yang kamu butuhkan:

  • 1 buah brokoli
  • 1 siung bawang putih diiris tipis-tipis
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • ½ sendok teh garam
  • 1/8 sendok teh bubuk cabe, atau lebih kalau kamu suka pedas
  • 3 sendok makan Keju cheddar parut

Cara membuatnya:

  • Panaskan oven hingga suhu 218 Celcius.
  • Potong bunga brokoli lepas dari tangkai besarnya, kemudan potong-potong lebih kecil hingga ukurannya sama. Sedikit tangkai yang paling dekat dengan kembang brokoli juga masih empuk dan bisa dimasak juga.
  • Letakkan potongan-potongan brokoli di atas loyang yang cukup besar agar semuanya muat dalam satu loyang. Beri potongan bawang putih di atasnya, dan kucuri dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Terakhir, taburi dengan garam dan cabe merah bubuk.
  • Panggang di dalam oven selama 20 sampai 25 menit, hingga empuk dan ujung-ujung kembang brokolimu berubah menjadi krispi kecoklatan.
  • Keluarkan brokoli dari dalam oven dan segera kucuri dengan 1 sendok makan minyak zaitun yang tersisa lalu ditaburi keju cheddar. Selesai deh!

Oh iya, resep ini bisa juga diganti dengan kembang kol atau wortel, lho!

4. Menjajal resep Club Sandwich bisa jadi cara paling seru saat melewatkan Sabtu malam

club-sandwich

Club sandwich buat piknik berdua lebih nikmat kalau hasil masak bareng via background-kid.com

Salah satu resep yang dijamin berhasil kalian coba adalah Club Sandwich ini. Murah, mudah dibuat, dan pastinya lezat saat disantap berdua.

Yang kamu butuhkan:

  • 8 lembar daging asap yang bisa diganti dengan bacon sapi atau lembaran daging burger. Yang mana aja terserah selera kalian berdua, atau sesuai isi kantong.
  • 6 lembar roti tawar
  • 2 sendok makan mayonaise
  • 2 butir telur rebus matang, iris-iris.
  • Sejumlah irisan tebal daging ayam
  • Beberapa lembar daun selada
  • Keripik kentang atau singkong sebagai makanan pendamping, kalau kamu mau.

Cara membuat:

  • Panaskan wajan panggangan, masak daging asap/bacon sapi/daging burger hingga matang dan sedikit renyah tepiannya.
  • Sementara kamu masak daging asapnya, pacar kamu bisa tuh diminta mengoleskan mayonaise ke 3 lembar roti tawar yang sebelumnya sudah dipanggang. Kalau nggak punya toaster (pemanggang roti), bisa kok dengan digoreng menggunakan sedikit mentega atau minyak di atas wajan anti-lengket.
  • Setelah roti dan daging asapnya selesai dimasak, saatnya kalian berdua membuat lapisan dari selembar roti tawar yang ditumpuk irisan telur, tomat, daging asap, dan satu lembar roti tawar lain. Eits, belum selesai, di atas roti tawar kedua ini tumpuki lagi dengan irisan daging ayam, daging asap, daun selada lalu tutup lagi dengan lapisan roti tawar ketiga.
  • Ini baru jadi satu sandwich, ulangi proses yang sama dengan bahan-bahan yang tersisa. Biar romantis, bikin aturan di mana kamu yang menyusun sandwich buat pacarmu dan begitupula sebaliknya.
  • Potong-potong satu tumpuk sandwich menjadi dua dan tusuk dengan tusuk gigi agar lapisannya tidak terpisah kemana-mana. Santap dengan keripik kentang atau singkong, jika kamu suka.

5. Kamu dan dia bisa membuat kenangan paling manis dengan mencoba resep Cocoa Brownies

cocoa-brownies

Brownies coklat yang legitnya ga mau kalah sama manisnya cinta kalian via www.dishmaps.com

Setelah masakan-masakan dengan rasa gurih, boleh juga lho menjajal menu yang manis. Yup, brownies coklat adalah resep sederhana yang bisa dicoba saat melewatkan malam minggu berdua.

Yang kamu butuhkan:

  • 145 gram butter tawar
  • 250 gram gula pasir
  • 65 gram bubuk kakao biasa/tanpa pemanis
  • ¼ sendok teh garam dapur
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 butir telur
  • 70 gram tepung terigu
  • 75 gram kacang kenari cacah, jika ingin (opsional)

Cara membuat:

  • Letakkan loyang persegi berukuram 20 x 20 cm yang bagian dalamnya sudah dilapisi dengan kertas roti atau aluminium foil pada rak ketiga paling bawah dalam oven dan panaskan hingga suhu 163 Celcius.
  • Kalau pacarmu sudah sibuk menyiapkan loyang dan memanaskan oven, kamu gantian melakukan langkah ini. Yaitu masukkan air ke dalam panci ukuran sedang hingga airnya setinggi 2,5 sampai 5 cm. Panaskan air hingga hampir mendidih. Campurkan butter, gula, bubuk kakao dan garam dalam mangkuk tahan panas ukuran sedang. Letakkan mangkuk tersebut di atas air yang menjerang tadi.
  • Aduk campuran tersebut sesekali hingga butternya meleleh dan campurannya cukup hangat. Angkat mangkuk tersebut dan sisihkan selama 3 sampai 5 menit hingga suhunya hangat, tidak panas.
  • Setelah itu masukkan vanila dan aduk dengan sendok adonan. Kemudian tambahkan telur, satu per satu. Aduk-aduk dengan cepat setiap setelah memasukkan satu butir telur.
  • Ketika adonannya nampak kental, berkilau dan tercampur merata, tambahkan tepung terigu dan aduk hingga benar-benar tercampur sempurna. Kemudian kocok adonan itu dengan sendok adonan sebanyak 40 sampai 50 kocokan sehingga adonannya cukup kental. Kalau mau masukkan cacahan kacang kenari dan aduk.
  • Tuang ke dalam loyang lalu panggang adonan tersebut selama 20 hingga 30 menit. Cara mengetahui apakah brownies buatan kalian berdua sudah matang adalah dengan menusuk adonannya menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk giginya bersih ketika dicabut, berarti kue kalian sudah matang. Keluarkan dari loyang dan potong-potong.

6. Puding coklat bebas gluten adalah resep andalan buat kalian pasangan yang menomersatukan soal kesehatan

jun-tanaka-gluten-free-chocolate-pudding.png

Tambahkan es krim vanilla untuk perpaduan gurih coklat dan manisnya es krim via www.foodnetwork.co.uk

Nah, buat kalian pasangan yang memperhatikan soal kesehatan, resep puding coklat bebas gluten ini boleh banget dicoba. Selain rasanya yang enak dan legit, dijamin sehat deh!

Yang kamu butuhkan:

  • 375 gram coklat hitam, bisa coklat masak juga.
  • 300 gram gula pasir
  • 300 gram butter tawar
  • 9 butir telur

Cara membuatnya:

  • Masukkan coklat dan butter di dalam mangkuk logam, dan letakkan di atas panci berisi air yang menjerang hingga coklat dan butternya meleleh.
  • Selagi kamu melelehkan coklat dan butter tadi, pacar kamu bisa mencampurkan telur dan gula di dalam satu mangkuk. Tapi ingat, jangan terlalu banyak dikocok.
  • Masukkan lelehan coklat dan butter ke dalam campuran telur dan gula dan aduk hingga tercampur merata.
  • Lapisi mangkuk pudding atau mangkuk tahan panas dengan mentega atau butter kemudian lapisi lagi dengan taburan tipis gula. Masukkan adonan pudding ke dalam mangkuk kemudian panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 10 menit.
  • Setelah dingin, sajikan dengan vanila es krim jika kalian berdua suka.

Nah, gimana? Sudah siap menjajal resep-resep di atas bareng pasangan? Selamat mencoba, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya