Seorang ahli nutrisi menyarankan untuk mengonsumsi 10 macam buah dan sayuran yang berbeda tiap harinya. Iya, karena buah dan sayuran dengan aneka macam warnanya punya khasiat yang berbeda-beda. Stroberi yang warnanya merah tentu punya kandungan nutrisi sendiri yang berbeda dengan buah alpukat yang berwarna hijau.

Nah, biar konsumsi buah dan sayurmu nggak sekadarnya saja, baiknya ketahui manfaat buah dan sayur berdasarkan warnanya berikut ini.

1. Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung klorofil dan nutrisi lain yang bagus untuk detoksifikasi tubuh

buah dan sayuran hijau via www.yourlocalfruitshop.com.au

Advertisement

Warna hijau pada sayuran dibentuk oleh klorofil yang membantu proses pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Selain itu, klorofil juga mempercepat penyembuhan luka dan melancarkan detoksifikasi tubuh. Tak hanya klorofil, sayuran hijau juga mengandung vitamin C dan B kompleks, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan serat. Beberapa sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, sawi, kangkung, bayam, selada, mentimun.

Sedangkan pada buah, warna hijau ini umumnya berasal dari lutein dan zeaxanthin yang mampu menghambat dan menahan pertumbuhan sel kanker. Contoh buah yang berwarna hijau seperti alpukat, apel hijau, melon, kiwi, dan pisang hijau.

2. Buah dan sayur yang warnanya merah kaya akan flavonoid, resveratrol, dan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan hati

buah dan sayuran merah via trendiko.com

Semangka, kol merah, ceri, tomat, stroberi, dan buah maupun sayur berwarna merah lainnya dibentuk oleh antosianin dan likopen yang efektif sebagai zat antioksidan. Selain berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan hati, likopen juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung, prostat dan kelenjar payudara.

3. Pigmen antosianin dan flavonoin pada buah dan sayuran biru atau ungu berfungsi merawat fungsi vital tubuh dan bikin panjang umur

buah dan sayuran ungu atau biru via trendiko.com

Advertisement

Buah dan sayuran berwarna biru atau ungu seperti anggur, bit, plum, blueberry, terong ungu, dan kol ungu yang mengandung antioksidan penting ini mengurangi risiko penyakit kardiovaskular yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Selain itu juga ampuh menghancurkan sel kanker dan menangkal kepikunan. Kamu yang pengen awet muda, sering-sering makan buah dan sayur yang warnanya biru atau ungu gini, ya!

4. Kalau buah dan sayuran kuning atau oranye, banyak mengandung beta-karoten yang bagus untuk fungsi penglihatan, kulit, gigi, dan tulang

buah dan sayuran kuning dan oranye via www.yourlocalfruitshop.com.au

Wortel, jeruk, pisang, jagung, nanas, mangga, labu menyimpan beta-karoten yang bisa diolah menjadi vitamin A oleh tubuh. Nggak hanya bagus untuk kesehatan mata, beta-karoten juga baik untuk kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Selain beta-karoten, buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye juga mengandung vitamin B kompleks folat untuk mencegah cacat janin pada ibu mengandung.

5. Warna putih atau cokelat pada buah dan sayuran kaya kandungan serat dan vitamin C. Pas buatmu yang daya tahan tubuhnya lemah

buah dan sayuran putih dan cokelat via www.yourlocalfruitshop.com.au

Buah dan sayur berwarna putih atau cokelat sangat disarankan untuk dikonsumsi orang-orang yang mengalami gangguan pencernaan dan daya tahan tubuh. Buah dan sayuran ini juga mengandung alicin yang membantu mengontrol kolesterol, tekanan darah, dan menghambat pertumbuhan kanker.

Kamu bisa menemukan manfaatnya dalam bawang putih, bawang bombay, kembang kol, pir, sirsak, duku, kelengkeng, leci, taoge, kol, kembang kol, rebung, jamur, dan lain-lain.

Kalau sudah tahu masing-masing manfaat buah dan sayuran berdasarkan warnanya ini, semoga kalian makin rajin konsumsi, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya