Konversi Ukuran Sepatu (US, UK, EU) & Cara Mengukurnya

Selain pakaian, sepatu menjadi barang fesyen yang wajib dipunya untuk mendukung penampilan. Untuk mendapatkan sepasang sepatu idaman, kamu bisa mendapatkannya langsung di toko maupun lewat online. Namun sayangnya, ketika membeli sepatu secara daring, kita sulit mendapatkan ukuran yang pas. Belum lagi beberapa sepatu menggunakan konversi ukuran tertentu yang masih asing bagi kita.

Advertisement

Supaya nggak keliru ukuran saat beli sepatu di toko online, kamu perlu memperhatikan ragam konversi ukuran sepatu dari beberapa negara berikut cara yang benar mengukurnya.

1. Konversi ukuran sepatu dari beberapa negara

konversi ukuran sepatu via www.airfrov.com

Sejauh ini, ukuran sepatu berdasarkan satuan perhitungan dari US, UK, dan EU adalah yang paling familiar di negara kita. Umumnya, kedua perhitungan ini punya panjang kaki yang setara, tapi kadang berbeda-beda juga tergantung mereknya.

Agar sepatu yang kamu pilih nggak keliru ukuran, kamu juga perlu mengetahui standar panjang ukuran sepatu orang Indonesia berikut.

Advertisement

Size 35 = 22cm – 22,5cm
Size 36 = 22,5cm – 23cm
Size 37 = 23cm – 23,5cm
Size 38 = 23,5cm – 24cm
Size 39 = 24cm – 24,5cm
Size 40 = 24,5cm – 25cm
Size 41 = 25,5cm – 26cm
Size 42 = 26cm – 26,5cm
Size 43 = 26,5cm – 27cm

2. Bagian-bagian sepatu

bagian sepatu via jayakartanews.com

  • Insole, sebuah lapisan bahan yang berada di antara sol dan telapak kaki. Ada insole yang menyatu dengan sepatu dan ada yang dapat dilepas. Insole dapat menambah kenyamanan pemakai karena teksturnya yang lembut dan empuk. Bentuk insole akan selalu mengikuti lekuk telapak kaki.
  • Midsole, bagian ini berada di samping persis di atas outsole. Biasanya bagian ini melingkar menyeluruh pada sepatu. Outsole berfungsi untuk menjaga upper tetap terintegrasi dengan outsole.
  • Outsole, merupakan sol yang berada pada bagian bawah sepatu yang menapak ke tanah. Bagian ini biasanya terbuat dari kulit sintetis, karet, plastik hingga kayu. Pada sepatu, outsole merupakan bagian terkuat pada sepatu. Fungsi outsole yaitu menopang berat badan pemakai dan selalu bersentuhan dengan berbagai medan (tanah, lantai, batu, dll) di segala kondisi.
  • Vamp/upper, secara umum merupakan bagian atas sepatu/penutup, sedangkan bagian samping, depan dan belakang biasa disebut mainbody.
  • Welt, merupakan bagian dari sepatu yang menjadi penghubung upper dengan sol.
  • Lining, bagian ini dapat berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dan membantu sepatu memiliki umur yang panjang.
  • Heel, bagian yang lebih tinggi pada sisi belakang sepatu. Terdapat 2 jenis heel yaitu heal seat yang merupakan bagian atas tumit dan top piece yang berada pada bagian tumit yang bersentuhan dengan tanah.
  • Lacing, bagian sepatu yang digunakan untuk menempatkan tali sepatu. Bagian ini berguna untuk mengunci kaki agar sepatu dapat pas dan tidak lepas dari kaki.
  • Tongue, bagian ini biasanya sebagai pemisah antara tali sepatu dengan kaki bagian atas. Tongue digunakan untuk menjaga kenyamanan pergelangan kaki pengguna bagian atas.

3. Komponen yang perlu diukur supaya kakimu pas dengan sepatu dan nyaman dipakainya

supaya nyaman via review.bukalapak.com

Advertisement

Bukan hanya insole dan outsole, beberapa komponen lain berikut ini juga patut menjadi perhatianmu ketika sedang mencari ukuran sepatu yang sesuai.

  • Panjang kaki: gambar kaki di atas selembar kertas, lalu ukur dari ujung jari kaki paling panjang hingga ujing tumit paling belakang.
  • Lebar kaki: dari gambar kaki tadi, lebar kaki diukur dari bagian tulang yang menonjol di bagian dalam kaki.
  • Lingkar depan, sangat dibutuhkan jika kaki memiliki tulang kaki bagian dalam yang sangat menonjol. Ukurlah lingkar depan dengan menggunakan meteran jahit.
  • Lingkar atas, dibutuhkan untuk sepatu yang menutup bagian atas depan kaki.
  • Ukuran tiang belakang, dibutuhkan untuk model sepatu yang menggunakan tali pergelangan dan model sepatu sling back.
  • Ukuran lingkar pergelangan, sangat penting untuk model sepatu yang menggunakan tali pergelangan.

4. Cara mengukur ukuran sepatu

cara mengukur sepatu via www.kusnendar.web.id

Cara ini bisa kamu lakukan untuk menentukan ukuran sepatu yang pas untuk kakimu.

  1. Letakkan kakimu di atas kerta A4.
  2. Garis ujung kakimu dengan pensil atau pena.
  3. Garis juga tumit kaki dengan pensil atau pena.
  4. Ukur gambar kaki tersebut dengan penggaris yang kamu punya.
  5. Jika ukuran kakimu 23 cm, maka ukuran sepatumu 37 atau dalam ukuran UK berarti kamu butuh sepatu berukuran 4.

Itu tadi beberapa hal mengenai konversi ukuran sepatu ,bagian-bagian yang perlu diukur berikut cara mengukurnya yang perlu diperhatikan. Kalau sudah ada patokan ini, nggak bakal keliru lagi deh ukuran sepatumu yang dibeli lewat online tanpa harus mencobanya lebih dulu~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

Digital Marketing Enthusiast dan sedang belajar tentang Search Engine Optimization.

Loading...