Siapa yang nggak panik, ketika kartu ATM tertelan mesin lantaran lupa nomor PIN?

Ada beberapa hal yang menyebabkan kartu ATM tertelan di mesin, seperti mesin ATM yang rusak atau eror, listrik mati, keliru memasukkan PIN, atau lupa menarik kembali kartu ATM setelah selesai digunakan. Nah, selain malas karena harus mengurus administrasi di bank, kebanyakan orang khawatir saldo ATM-nya ikut lenyap atau berkurang.

Advertisement

Sebenarnya nggak perlu panik, segera lakukan langkah-langkah ini ketika kartu ATM-mu tertelan. Yang pertama, tentu saja, jangan panik.

1. Segera hubungi call center bank yang bersangkutan untuk pemblokiran rekening sementara

menghubungi call center via news.sky.com

Pemblokiran ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya modus kejahatan atas penyalahgunaan kartu ATM — yang bisa menguras isi rekeningmu. Nah, ketika menghubungi call center, pilihlah opsi bantuan pemblokiran rekening. Di tahap ini, pihak call center bakal menanyakan beberapa pertanyaan untuk verifikasi, seperti data diri, nomor rekening, jumlah saldo atau transaksi terakhir, serta lokasi tertelannya kartu ATM.

Kalau sudah diblokir, selanjutnya kamu tinggal mencari kantor cabang bank terdekat untuk mengurus penerbitan ulang kartu ATM yang tertelan.

2. Mendatangi kantor cabang bank terdekat untuk mengajukan pembuatan kartu ATM baru

datang ke kantor cabang bank terdekat via lpmpendapa.com

Advertisement

Sebelum mendatangi kantor cabang bank terdekat, jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen seperti KTP dan buku tabungan. Nah, kadang ada juga pihak bank yang memerlukan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian lo.

Untuk memastikan, ada baiknya ketika menghubungi call center di poin pertama tadi, tanyakan mengenai syarat mengurus kartu ATM yang tertelan. Jadi kalau memang dibutuhkan surat kehilangan dari kepolisian, kamu bisa mengurusnya terlebih dahulu sebelum datang ke bank.

3. Ikuti prosedur yang disyaratkan oleh petugas bank, termasuk menyiapkan berkas dan segala macamnya

ikuti prosedur via www.saudagarnews.id

Sesampainya di kantor cabang bank terkait, segeralah mengambil nomor antrean untuk bagian Customer Service. Siapkan juga dokumen yang disyaratkan. Customer Service akan melakukan verifikasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar data diri, termasuk penyebab kartu ATM tertelan.

Lalu kamu akan diminta mengisi formulir pembuatan kartu ATM baru. Setelah formulir diserahkan, dalam waktu singkat, Customer Service akan memberi kartu ATM baru yang bisa langsung diaktifkan. Jangan lupa masukkan PIN baru yang mudah diingat. Ada beberapa bank yang mengenakan tarif atau biaya meterai. Makanya, baiknya kamu menyiapkan sejumlah uang.

4. Agar kasus kartu ATM tertelan ini nggak terulang kembali, ada baiknya lakukan trik-trik berikut ini …

lebih berhati-hati via www.soloposfm.com

  • Langsung ambil kartu ATM setelah uang melakukan transaksi lewat mesin ATM
  • Hindari memasukkan spekulasi PIN berulang kali, apalagi jika memang lupa. Maksimalkan sampai 2 kali saja karena setelah keliru yang ketiga kalinya, kartu ATM akan otomatis tertelan.
  • Ketahui informasi pemadaman listrik di sekitar area mesin ATM yang digunakan.
  • Memanfaatkan fitur mobile atau internet banking untuk melakukan transaksi kecuali penarikan tunai.

Lebih berhati-hati lagi ya ketika sedang menggunakan mesin ATM agar kasus kartu ATM tertelan nggak terulang lagi dan lagi. Semoga manfaat!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya