Jika kamu senang memasak atau bikin kue, pasti sudah nggak asing lagi dengan aneka macam tepung. Seperti bumbu dapur lain, tepung menjadi salah satu bahan masakan yang juga sering digunakan. Tapi tahukah kamu jika tepung itu ada macam-macam? Bahkan fungsi dan kegunaan masing-masing tepung pun berbeda-beda.

Supaya nggak bingung lagi membedakan, kamu perlu mengetahui macam-macam tepung yang biasa digunakan untuk memasak atau bikin kue berikut ini.

1. Tepung terigu adalah salah satu tepung yang populer di masyarakat karena yang paling sering digunakan

tepung terigu via cmw.madaboutcake.com.my

Advertisement

Tepung terigu berasal dari biji gandum murni alias daging gandum yang sudah bebas dari kulit arinya. Teksturnya halus, elastisitasnya juga tinggi. Ternyata tepung terigu juga memiliki beberapa jenis turunan tepung lain di bawahnya lo!

  • Tepung terigu berprotein tinggi, mengandung kadar protein 11-13% atau lebih. Cocok digunakan sebagai adonan makanan bertekstur elastis dan nggak mudah rusak seperti mi, roti, pasta, donat, dan puff pastry.
  • Tepung terigu berprotein sedang, mengandung kadar protein 8-10%. Biasanya digunakan untuk membuat kerangka adonan yang bertekstur lembut tapi mengembang, seperti gorengan, kue-kue tradisional, dan aneka cake.
  • Tepung terigu berprotein rendah, mengandung kadar protein 6-8%. Digunakan untuk membuat adonan yang bersifat renyah dan ‘gembur’ seperti gorengan, cookiespie crust, dan short bread.

2. Terbuat dari ketan hitam atau putih yang ditumbuk, tepung ketan memiliki sifat liat dan kenyal

tepung ketan via campsummary.blogspot.com

Ketika diencerkan, tepung ketan akan lebih kental daripada tepung beras. Biasanya digunakan untuk membuat onde-onde, klepon, biji salak, opak, kue bugis, dan kue lain yang teksturnya liat dan agak-agak lengket. Karena mengandung vitamin E dan B yang tinggi, tepung ketan pas dikonsumsi oleh penderita diabetes dan ibu hamil.

3. Tepung beras terbuat dari beras yang ditumbuk, teksturnya lebih halus dari tepung ketan

tepung beras via www.ceritatentang.com

Advertisement

Biasanya, tepung beras ini sering digunakan untuk pembuatan kue tradisional seperti kue serabi, nagasari dan rempeyek. Tepung beras ini juga digunakan menjadi bahan baku untuk pembuatan bihun.

4. Tepung jagung merupakan jenis tepung yang biasa digunakan sebagai pengental pada sup atau saus. Biasanya masyarakat menyebut tepung ini sebagai maizena

tepung jagung via celotehcentil.blogspot.com

Tepung ini memiliki tekstur yang hampir sama dengan tepung terigu namun warnanya lebih pucat dan keruh. Jika digunakan pada sponge cake dan puding, tepung ini akan memberikan efek lembut. Sedangkan pada cookies, tepung ini memberi efek lebih renyah.

5. Tepung tapioka alias tepung kanji atau tepung singkong ini warnanya putih, terasa ringan, kesat, dan melekat di tangan

tepung tapioka via www.tokopedia.com

Tepung tapioka dibuat dari pati singkong yang nyaris nggak mengandung protein sama sekali. Sifatnya kental dan lengket jika dipanaskan, makanya sering digunakan sebagai perekat makanan atau lem. Tepung tapioka sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, cilok, dan batagor. Bisa juga digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bakso, atau sering juga dijadikan pengental pada berbagai tumisan.

6. Terbuat dari bagian tengah pohon sagu atau aren membuat tepung sagu ini memiliki tesktur yang agak kesat dan berpasir serta berwarna keruh

Untuk membuat tepung ini, bagian tengah pohon aren dikeruk, dihaluskan, dicampur air, dan didiamkan hingga mengendap. Endapan inilah yang kemudian dikeringkan sampai berbentuk tepung. Tepung sagu ini paling sering digunakan untuk pembuatan bubur, pempek, kue bika ambon, kue bagea (kue kering khas Ambon), dan kue sagu tentunya.

7. Tepung hunkue yang terbuat dari sari pati kacang hijau memiliki tekstur yang lebih kasar dari terigu dan bau yang harum

tepung hoen kwee via instagetter.net

Tepung hunkue memang kurang dikenali di pasaran. Tepung berwarna putih dan bertekstur halus ini akan menghasilkan adonan yang lentur. Kekenyalan yang dihasilkan tepung hunkue lebih rendah jika dibandingkan dengan tepung ketan. Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat cendol, puding, kue lapis, kue pisang, atau es gabus.

8. Tepung roti atau panir berasal dari roti tawar yang dikeringkan lalu ditumbuk, kini juga menjadi tepung yang populer di masyarakat

tepung panir via sahabatdapur.com

Tepung ini memiliki dua warna, yakni putih dan oranye serta bertekstur kasar. Tepung roti biasa digunakan sebagai lapisan pada gorengan seperti risoles, bitterballen, kroket, juga katsu. Selain itu, tepung panir bertekstur lebih halus yang berwarna kuning kecokelatan biasanya juga digunakan sebagai campuran galantin atau pelapis kroket.

9. Tepung Hongkong, tang mien atau water lily flour hampir sama dengan tepung terigu namun lebih halus

tepung hongkong via www.bukalapak.com

Sama-sama terbuat dari pati gandum, tepung hongkong ini lebih halus teksturnya ketimbang tepung terigu. Biasanya digunakan sebagai bahan pembuat kulit dumpling seperti hakau sehingga didapatkan kulit yang lentur dan transparan. Tepung ini juga dipakai dalam campuran adonan bakpao.

Kalau sudah tahu macam-macam tepung ini, kamu nggak akan keliru lagi menebak-nebak tepung yang akan digunakan untuk memasak atau bikin kue. Cukup dengan melihat warna, merasakan tekstur, dan mencium bau tepungnya, sudah bisa mengira-ngira itu tepung apa~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya