Para penggemar sinetron GGS alias Ganteng-Ganteng Serigala tentu familiar dengan sosok Tobi yang diperankan oleh Ricky Cuaca. Cowok yang dikenal tambun dan pandai melawak ini belakangan sedang banyak disoroti lantaran perubahan drastis yang terjadi pada tubuhnya. Ricky nggak lagi terlihat bulat dan chubby. Kini tubuhnya lebih ramping, pipinya makin tirus dan leher yang lebih terlihat jenjang. Usut punya usut, Ricky berhasil menurunkan berat badan dari 135 menjadi 97 kilo lo!

Penasaran kan apa rahasianya? Mengutip dari berbagai sumber dan video interview Ricky yang mengulik perubahan tubuhnya, berikut Hipwee Tips sarikan trik diet ala Ricky Cuaca yang sukses menurunkan berat badannya.

1. Mengatur pola makan dengan rumus: makan besar sekali sehari tanpa karbo dan gula, sisanya ditunjang dengan camilan sehat

kurangi karbo dan gula via www.dietdoctor.com

Advertisement

Diet dengan mengonsumsi makanan rendah karbo dan gula jadi solusi yang efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka waktu setahun. Umumnya sih nggak serta merta menghilangkan asupan karbo dan gula, tapi mengurangi jumlahnya.

Kamu dianjurkan untuk menghindari olahan tepung (mi, pasta, roti), lemak trans (fast food, gorengan), serta makanan dan minuman manis. Sebagai gantinya, perbanyak makan makanan tinggi protein (daging, ikan dan telur), kacang-kacangan, sayur dan buah-buahan, serta produk olahan susu rendah lemak. Nah, untuk mengantisipasi rasa lapar, kamu bisa pilih camilan yang tinggi serat dan rendah gula.

2. Rutin melakukan plank untuk membakar kalori dan melatih kekuatan otot inti

rutin plank tiap hari via greatist.com

Ketika ditanya perihal kebiasaan olahraga, Ricky menuturkan bahwa dirinya rutin melakukan plank setiap harinya. Meski terdengar sepele, posisi plank jadi salah satu olahraga yang efektif membakar kalori dengan menahan posisi tubuh dalam jangka waktu tertentu. Plank juga bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh agar tampak lebih tinggi dan ramping.

Advertisement

Kunci utama biar kamu bisa menahan plank lebih lama adalah dengan melakukannya rutin setiap hari. Misalnya 10 detik di minggu pertama, lalu tingkatkan durasinya secara bertahap. Jangan dipaksakan, lakukan semampunya saja, yang penting rutin lo ya!

3. Plank saja nggak cukup, Ricky juga rajin fitness di gym untuk menunjang kebugaran tubuhnya

rutin olahraga via townplacefitnessgym.com

Ada banyak sekali pilihan olahraga fitness yang tersedia di gym dan bisa kamu sesuaikan dengan tujuan akhir yang ingin didapatkan. Misalnya, treadmill dan bersepeda untuk memperkuat jantung dan pernapasan, angkat beban untuk yang ingin membentuk otot, dan yoga atau pilates untuk kelenturan.

Semua jenis olahraga punya manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Jadi usahakan tetap berolahraga meski nggak harus pergi ke gym, ya! Kamu bisa kok lakukan beberapa gerakan mudah yang bisa dilakukan di rumah ini sebagai alternatif.

4. Jangan terpancang dengan metode diet yang sedang kamu terapkan saat ini. Pantau terus dan ubah polanya jika perlu

ganti pola diet via www.businessinsider.sg

Ricky mengaku sempat drop dan demam tinggi akibat diet ketat yang dijalaninya. Pengalamannya ini bisa dijadikan pelajaran buatmu yang ingin menjalani program diet untuk penurunan berat badan bahwa: nggak semua metode diet cocok diterapkan untuk tubuhmu.

Jadi, ada baiknya kamu lakukan diet secara perlahan dengan tetap memantau kondisi tubuhmu. Kalau dirasa ada yang nggak beres atau tubuhmu justru berontak, segera hentikan dan ubah pola dietnya. Makanya penting banget untuk berkonsultasi ke ahli gizi sebelum menjalani program diet intensif. Tetap berhati-hati, ya!

Mungkin terasa mudah bagimu untuk menjalani diet di awalnya, namun sesungguhnya tantangan diet akan muncul ketika tubuhmu mulai kepayahan untuk menyesuaikan diri dengan pola makan yang kamu jalani. Belum lagi olahraganya. Makanya banyak orang yang gagal diet dan terpaksa berhenti di tengah jalan karena nggak sabar atau keliru memilih metodenya.

Selagi kamu bisa konsisten, impian punya tubuh ideal pun bukan mustahil lagi kok. Percayalah!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya