10 Makanan Khas Sunda yang Terkenal Raos Pisan. Rugi Kalau Nggak Coba!

makanan khas sunda

Tiap daerah pasti mempunyai makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali daerah Sunda. Bagi banyak orang, makanan khas Sunda memang identik dengan cita rasa yang manis. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, tanah Jawa Barat tersebut mempunyai beragam varian cita rasa yang wajib kamu coba, lo, SoHip. Tak hanya makanan khas Sunda di Bandung saja, daerah lain di Jawa Barat pun punya beraneka ragam makanan yang pastinya akan memuaskan hasrat kulinermu. Rasanya pun bermacam-macam, ada yang manis, pedas, asam, hingga asin.

Advertisement

Penasaran, kira-kira apa saja makanan khas Sunda? Yuk, intip rekomendasi dari Hipwee Tips di bawah ini!

1. Karedok yang identik dengan kudapan sayuran mentah disiram sambal kacang, jadi makanan khas Sunda yang unik

makanan khas sunda di bandung

karedok | Credit by PxHere.com

SoHip sudah pernah coba makanan khas Sunda yang satu ini? Jika baru pertama kali melihat, mungkin kamu akan mengira makanan ini mirip dengan gado-gado. Padahal, karedok disajikan dengan sayuran-sayuran mentah seperti taoge, kubis, kemangi, dan lain-lain. Hal yang paling membuat makanan ini jadi incaran orang-orang adalah siraman sambal kacang yang melimpah. Tak lupa pula hidangan kerupuk bawang yang siap memanjakan lidah.

2. Jangan salah, ada juga lotek yang jadi makanan khas Sunda enak di Bandung lo!

makanan khas Sunda enak di Bandung

lotek | credit by jrylie on Cookpad

Nggak jauh berbeda dengan karedok, makanan khas Sunda yang satu ini juga dihiasi dengan sayur-sayuran. Bedanya, lotek biasanya memakai sayuran rebus seperti bayam, kacang panjang, dan lain-lain. Sayuran rebus tersebut nantinya juga disiram oleh bumbu kacang sehingga menambah gairahmu untuk menyantapnya. SoHip juga bisa menikmati sajian ini dengan lontong, nasi, ataupun mi.

Advertisement

3. Nasi liwet jadi salah satu makanan khas Sunda yang paling terkenal

makanan khas Sunda Bandung

nasi liwet | credit by ummu salma on Cookpad

Bagaimana tidak, makanan ini biasanya disajikan saat acara kumpul-kumpul keluarga besar. Nasi liwet disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu, dan juga ayam goreng. Dengan banyaknya sajian tersebut, dijamin perut kamu langsung terisi. Terlepas dari semua itu, salah satu yang unik dari nasi liwet adalah rasa nasinya yang sedikit manis dan kental dengan wangi santan kelapa.

4. Selain nasi liwet, SoHip juga bisa coba sajian khas Sunda yang bernama nasi timbel

makanan khas Sunda di Jakarta

nasi timbel | credit by iishvara on Cookpad

Sajian yang dihidangkan nasi timbel tidak terlalu jauh berbeda dengan nasi liwet. Salah satu hal yang membedakan antara kedua nasi tersebut adalah nasi timbel dibalut dengan daun pisang. Agar terasa lebih nikmat, nasi timbel biasanya ditambahkan dengan sayur asam atau ikan asin.

5. Hampir semua orang yang melintasi tanah Jawa Barat kebanyakan sudah mencoba empal gentong

makanan khas Sunda di Jakarta Selatan

empal gentong | credit by Susi Agung on Cookpad

Secara garis besar, makanan ini memang berasal dari Cirebon. Empal gentong disajikan dengan daging sapi cincang yang disiram dengan kuah santan dan gulai. Bumbu kuahnya terasa sangat gurih. Sekali coba, dijamin SoHip bakal ketagihan, deh! Kalau melintasi kota Cirebon, jangan lupa coba santapan yang satu ini, ya.

Advertisement

6. Sate maranggi merupakan olahan dari daging sapi yang dipadu dengan bumbu khas lalu dibakar di atas bara api

makanan khas sunda

sate maranggi | credit bt Devina Hermawan on Cookpad

Sate maranggi juga bisa dibilang salah satu sajian khas Sunda yang sudah terkenal di kalangan seantero nusantara. Bahkan, sate maranggi sudah bisa kamu temui di berbagai daerah di seluruh Indonesia. Akan tetapi, biasanya sate ini banyak dijumpai hampir di setiap sudut kota Purwakarta. Sate daging sapi yang satu ini memang mempunyai rasa yang khas dengan bumbu yang menggoda. Bila SoHip sedang berkunjung ke Purwakarta, jangan ragu untuk coba makanan khas Sunda yang satu ini!

7. Soto mi khas Bogor ini cocok banget disantap saat terik maupun hujan. Bikin hangat badan!

Makanan khas Sunda di Bogor

soto mi | credit by Binti Sae on Cookpad

Sama seperti halnya sate maranggi, soto mi juga bisa kamu jumpai di berbagai daerah, lo. Makanan khas Sunda di Bogor ini terbilang sangat enak dengan campuran nasi, mi, taoge, serta ditambah dengan kuah kaldu yang kental.

8. Kupat tahu khas Sunda penyajiannya adalah disiram dengan bumbu kacang, bukan seperti tahu kupat khas Magelang yang disiram air asam

Makanan khas Sunda di Bintaro

kupat tahu | credit by nde on Cookpad

Makanan khas Sunda yang satu ini sangat cocok disantap untuk sarapan. Kupat tahu disajikan dengan tahu dan kupat yang dipotong-potong, lalu ditambah dengan kol, taoge, dan seledri. Semua bahan itu nantinya akan disiram dengan bumbu kacang. Tidak hanya di tanah Jawa Barat, kupat tahu juga bisa SoHip temukan di berbagai daerah.

9. Combro alias oncom di jero lekat sekali dengan tanah Sunda. Nggak bosan-bosan ngemilnya!

Makanan khas Sunda yang unik

combro | credit by Siti Hadijah Karo Karo

SoHip mungkin sudah pernah mencoba makanan khas Sunda yang satu ini. Combro biasanya dinikmati untuk camilan atau hidangan saat ada tamu datang. Pada dasarnya, makanan ini lebih didominasi dengan bahan singkong. Combro dibuat dengan bawang merah dan bawang putih serta tambahan cabai rawit dan cabai merah. Secara arti bahasa, combro merupakan singkatan dari oncom di jero.

10. Berbeda dengan tapai, peuyeum punya tekstur dan cita rasa khas meski sama-sama merupakan fermentasi singkong

Makanan khas Sunda enak di Bandung

peuyeum | credit by Herliana Carolina on Cookpad

Makanan khas Sunda yang satu ini juga seringkali dijumpai di pinggir jalan. Bahkan, tak jarang peuyeum tersedia di toko oleh-oleh. Peuyeum dibuat dari singkong yang sudah dipotong-potong dan direndam sampai setengah matang.

Itu dia 10 makanan khas Sunda yang wajib kamu cicipi jika sedang berkunjung ke Jawa Barat. Bagaimana menurut, SoHip? Kira-kira dari makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE