Tak Hanya Menyegarkan, ini 7 Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh. Banyak!

Tapi minum air kelapanya nggak usah pakai gula, yang murni aja~

Air kelapa bisa menjadi minuman yang menyegarkan di kala terik matahari yang begitu menyengat. Tapi apakah SoHip tahu? Selain menyegarkan, air kelapa juga mempunyai kandungan elektrolit yang tinggi, lo! Tubuh kita memerlukan elektrolit yang dapat menjaga fungsi otot dan saraf, pertumbuhan tubuh yang normal, menjaga kesehatan jantung, bahkan menjaga cairan tubuh yang dapat menjaga imunitas di tengah kondisi Covid-19 yang kembali mengganas seperti sekarang ini.

Advertisement

Menurut dr. Rita Ramayulis, DCN., M. Kes., pakar nutrisi, sport nutrionist, dan konsultan gizi sekaligus ketua Indonesia Asosiasi Ahli Gizi Olahraga (ISNA) mengungkapkan bahwa elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium memiliki peran dalam sistem kekebalan yang mendukung semua aktivitas sel imunitas dalam melawan infeksi.

Tidak hanya mencukupi kebutuhan elektrolit dalam tubuh saja, berikut adalah manfaat lain dari air kelapa yang baik untuk kesehatan tubuh!

1. Mengurangi tekanan darah dan risiko terkena stroke, termasuk untuk kesehatan jantung juga

Orang yang sedang tensi

Orang yang sedang tensi | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Air kelapa mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah. Bahkan, satu cangkir air kelapa mengandung lebih banyak kalium dibanding buah pisang berukuran sedang. Kandungan kalium yang tinggi dalam air kelapa dapat membantu mengurangi tekanan darah bahkan mengurangi risiko terkena stroke.

Advertisement

Tentu, pola nutrisi seimbang yang dilengkapi dengan air kelapa dan makanan kaya kalium akan bermanfaat pula untuk kesehatan jantung. Di samping itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Baca konten menarik seputar batas aman konsumsi minuman: Ukuran Aman Konsumsi Minuman Kekinian, Berapa Maksimal Cup dalam Sebulan?

2. Mengonsumsi air kelapa sangat baik bagi sistem pencernaan, kandungan magnesium dan mineral di dalamnya dapat mencegah sembelit

Orang yang sedang sakit perut

Orang yang sedang sakit perut | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Advertisement

Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya orang yang terkena diare akan mengonsumsi air kelapa. Hal ini dikarenakan air kelapa dapat mengganti cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Bahkan, osmolaritas yang terkandung dalam air kelapa lebih besar dibanding dengan Oral Rehydration Therapy (ORS) yang direkomendasikan WHO sebagai pengobatan diare.

Kandungan natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino yang terdapat dalam air kelapa berguna untuk mencegah dehidrasi yang mungkin terjadi karena gangguan pencernaan.

3. Kandungan tanin dan anti dotum yang terdapat pada air kelapa muda dapat membantu menetralisir racun di dalam tubuh

Terkadang, ketika kita membeli makanan atau minuman entah di pinggir jalan atau dimanapun itu, kita tidak melihat dengan baik bagaimana kondisi makanannya dan lain sebagainya. Hal itulah yang membuat kita keracunan makanan. Ketika keracunan makanan, sistem pencernaan juga akan terganggu dan tubuh akan lemas.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan hal tersebut adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang bisa mengusir sifat racun di dalam tubuh.

4. Membantu rehidrasi ketika sakit atau setelah vaksin

Seorang anak yang sedang sakit

Seorang anak yang sedang sakit | Foto oleh cottonbro dari Pexels via www.pexels.com

Ketika sakit tentu tubuh kita akan kehilangan banyak cairan. Maka dari itu, untuk membantu proses hidrasi kita dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa. Menurut dr. Rita Ramayulis, air kelapa mampu menyeimbangkan elektrolit yang lebih baik daripada air putih biasa.

Karena kemampuan menyeimbangkan elektrolit yang lebih baik dibanding air putih, kamu juga bisa mengonsumsi air kelapa setelah melakukan vaksin. Mengonsumsi air kelapa setelah vaksin dapat membantu tubuhmu terhidrasi dengan baik.

Bahkan, beberapa varian air kelapa juga mengandung vitamin C dan D yang dapat berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

5. Bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan, coba ganti minuman manismu dengan air kelapa

Timbangan berat badan

Timbangan berat badan | Creadit: Pixabay via www.pexels.com

Tidak sedikit dari kita memilih minuman kemasan yang manis untuk pelepas dahaga. Meskipun terasa menyegarkan, minuman kemasan seperti soda atau minuman bergula lainnya justru memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi.

Air kelapa memiliki kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang rendah. Sehingga, mengganti minuman manis dengan air kelapa akan membantumu untuk mengurangi jumlah kalori dalam seminggu.

6. Siapa sangka, rajin minum air kelapa bisa bikin awet muda?

Wanita yang sedang tersenyum bahagia

Wanita yang sedang tersenyum bahagia | Foto oleh TUBARONES PHOTOGRAPHY dari Pexels via www.pexels.com

Air kelapa memang kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan. Kandungan lemak jenuh atau asam laurat yang terdapat dalam air kelapa sangat diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses regulasi dan pembentukan sel kulit. Selain itu, asam laurat juga membantu menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah.

Kandungan sitokin yang juga terdapat dalam air kelapa mempunyai efek anti penuaan, anti karsinogenik, serta anti trombitik.

7. Kandungan serat, magnesium, potasium, dan nutrisi lain yang terdapat pada air kelapa mampu menjaga ginjal untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik

Dilansir dari halodoc.com, batu ginjal dapat terbentuk ketika urine seseorang mengandung lebih banyak mengandung zat pembentuk kristal, seperti kalsium, oksalat, dan asam urat.

Mencegah penyakit batu ginjal dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengonsumsi air putih, mengonsumsi air kelapa secara rutin juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dapat terjadi karena air kelapa mampu meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

Ya, itulah manfaat lain dari air kelapa yang kaya akan elektrolit dan kandungan lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Tetap jaga kesehatan ya, SoHip! Jangan lupa mengonsumsi air kelapa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE