6 Manfaat Menangis yang Nggak Cuma Bikin Hati Lega, tapi Cantik Juga

Manfaat menangis

Aktivitas menangis biasanya identik dengan cewek. Penelitian membuktikan bahwa cewek lebih sering menitikkan air mata ketimbang cowok. Cewek bisa menangis 47 kali dalam setahun, sementara cowok hanya 7 kali.

Advertisement

Menangis umumnya dimaknai dengan luapan perasaan dari dalam diri yang ditandai dengan keluarnya air mata. Banyak cewek yang merasa lebih lega dan nyaman setelah menangis. Baik karena sedih, takut, terharu, ataupun karena bahagia, menangis dipercaya dapat meringankan beban apa pun yang sedang dihadapi.

Ternyata, menangis nggak cuma bermanfaat untuk melegakan perasaan, tapi juga punya efek untuk kecantikan wajah juga, lo. Inilah manfaat menangis yang menakjubkan.

1. Menangis dapat menurunkan tingkat stres, emosimu akan tersalurkan sehingga beban pikiran jadi terangkat

menurunkan stres | credit: Piqsels

Saat menangis, ternyata tubuh mengeluarkan beberapa bahan kimia dan hormon yang terbentuk akibat stres. Melalui air mata, semua zat dan hormon tersebut juga ikut dikeluarkan. Itulah alasan kenapa sebagian besar orang merasa lebih lega dan nyaman setelah menangis.

Advertisement

Sebaliknya, jika kamu menahan diri untuk nggak menangis, justru akan meningkatkan stres yang juga menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah kardiovaskular. Saat beban pikiran dan stres terangkat, wajahmu juga kian segar dan berseri.

2. Proses detoksifikasi atau pengeluaran racun juga terjadi saat mengeluarkan air mata, tubuhmu jadi sehat tanpa kamu menyadarinya

just cry

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa racun yang ada dalam tubuhmu telah dikeluarkan lewat air mata.

Dengan dikeluarkannya zat racun dan limbah yang nggak berguna dari dalam tubuh oleh air mata, maka kecantikan pun akan terpancar dari tubuh yang sehat.

Advertisement

3. Air mata mampu melembapkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata, selain itu juga mengeluarkan bakteri di dalamnya

melumasi bola mata | credit: deepdivingmen

Bola mata memerlukan pelumas yang berfungsi untuk memberi kelembapan, mencegah dehidrasi dan melindunginya dari debu dan bakteri. Air mata lah yang berfungsi sebagai pelumas untuk melindungi mata dari serangan bakteri.

Ternyata, air mata mengandung lisozim; cairan yang berfungsi untuk membunuh bakteri hanya dalam waktu kurang lebih 5 menit.

Mata adalah bagian tubuh yang pertama kali dilihat saat berinteraksi, jika matamu sehat, maka orang juga akan senang melihatnya. Tapi bukan mata bengkak yang disebabkan karena menangis terlalu lama lho, ya!

4. Nggak cuma mata, menangis juga bisa membersihkan hidungmu dari lendir yang mengganggu penampilan

mengeluarkan kotoran hidung juga | credit: mgflip

Pernah nggak kamu mengeluarkan ingus saat menangis?

Yup, air mata yang mengalir melalui saluran air mata akan melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Mukus adalah cairan lengket yang biasa kita sebut dengan ingus. Bila ada mukus yang menumpuk di sana, air mata bisa mendorongnya keluar dari hidung. Nah, kotoran-kotoran yang ada di dalam rongga hidungmu jadi terangkat, kan?

5. Menangis dapat melepas ketegangan, wajah jadi sumringah dan nggak cemberut lagi

wajah sumringah | credit: Piqsels

Alasan mengapa banyak cewek nggak selalu cemberut dibandingkan dengan cowok adalah karena cewek akan terus meredakan ketegangan melalui menangis. Ini mungkin menjelaskan mengapa cewek bisa hidup lebih lama. Jika seorang cowok nggak ingin tampil seperti bayi menangis karena alasan gengsi, cewek justru sebaliknya.

Cewek merasa bisa menangis kapanpun. Meski pada kenyataannya, sebagian orang sering menahan agar nggak menangis. Kamu pun lebih baik melakukannya, karena menangis bisa melepas ketegangan.

6. Pada akhirnya, menangis bisa membuatmu lebih bahagia karena emosi bisa terluapkan dengan cara yang positif

lebih bahagia | credit: Claudia Wolff

Merasa sedih ketika menangis sangat penting, memungkinkan kita merasakan setiap emosi dalam bentuk yang paling mendasar. Artinya kita bisa benar-benar menghargai ketika tengah berbahagia dan menikmati momen menyenangkan. Setiap kali kita terpuruk, menangis, dan berusaha bangkit kembali, kita meyakinkan diri sendiri bahwa kita cukup kuat untuk melakukan hal itu.

Jadi, bukan cuma tertawa yang baik untuk kesehatan dan menunjang kecantikan wajahmu, kan? Menangis juga punya banyak manfaat untuk kesehatan terutama emosi. Jadi, jika kamu merasa ingin menangis, menangis sajalah, jangan ditahan. Mumpung masih gratis! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...