7 Masalah Kulit yang Sering Dialami Saat Cuaca Panas, Sekaligus Cara Tepat Mengatasinya

Masalah kulit karena cuaca panas

Tinggal di Indonesia, tiap harinya kita harus bergelut dengan cuaca panas. Akibatnya suhu tubuh pun jadi naik dan sering mengeluarkan keringat. Bukan hanya suhu tubuh, cuaca panas pun berimbas pada kondisi kesehatan kulit. Jika nggak segera diatasi, kulitmu akan mengalami berbagai masalah dari jerawat sampai penuaan dini.

Advertisement

Berikut beberapa permasalahan kulit yang kerap ditimbulkan akibat cuaca panas. Jangan khawatir, Hipwee Tips juga berikan ulasan mengenai cara mengatasinya kok di sini.

1. Sengatan sinar matahari yang terlalu bisa membuatmu mengalami sunburn atau kulit wajah terbakar

Terbakar oleh sinar matahari | Credit: Kelly Sue DeConnick from Kansas City, MO, USA, CC BY-SA 2.0 via commons.wikimedia.org

Biasanya, sunburn atau kulit terbakar sinar matahari ini ditandai dengan kulit yang kemerahan, mengelupas, dan muncul rasa perih atau nyeri. Meski sunburn ini lebih jelas terlihat di kulit terang seperti kulit ras Kaukasoid, bukan berarti orang dengan kulit sawo matang seperti kebanyakan orang Indonesia tuh tidak mengalaminya lo. Salah satu cara mencegahnya ialah dengan menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF tinggi dan aplikasikan setiap satu atau dua jam sekali.

2. Sudah jadi masalah umum jika cuaca panas bisa bikin wajah jadi lebih berminyak

Selalu dilapisi minyak berlebih | Credit: odua via depositphotos.com

Cuaca panas bisa membuat produksi minyak jadi berlebih yang kemudian bikin wajah tampak nggak segar. Kalau nggak dibersihkan dengan teratur, kondisi ini bisa menimbulkan jerawat dan komedo. Baiknya, cucilah wajah ketika mulai berminyak dan gunakan pelembap yang bersifat oil control. Kamu bisa bisa menggunakan facial steam dengan essential oil untuk mengontrol minyaknya.

Advertisement

3. Tak hanya berminyak, cuaca panas pun bisa membuat kulit kehilangan kelembapan dan jadi lebih kering

Kulit kering dan bertekstur | Photo by Tembela Bohle via www.pexels.com

Nggak cuma bikin kusam, kulit kering juga menimbulkan beberapa iritasi wajah lain seperti ruam merah dan mudah keriputan. Selain melakukan double cleansing dan eksfoliasi, kamu juga nggak boleh melewatkan penggunaan pelembap dengan kandungan hyaluronic acid, ceramide, dan lactic acid.

4. Paparan sinar matahari juga memunculkan flek hitam dan hiperpigmentasi pada kulit wajah

Flek hitam atau masalah hiperpigmentasi | Photo by Andrey Zvyagintsev via unsplash.com

Nggak cuma sinar matahari, masalah kulit ini juga bisa disebabkan karena pemakaian skincare yang berlebihan dan memencet jerawat. Kamu perlu menggunakan sunscreen untuk mencegah hal ini terjadi. Atau jika sudah terlanjur, coba gunakan skincare berbahan alami yang bisa mengembalikan warna kulit wajah.

5. Kulit juga akan mengalami ruam kemerahan akibat cuaca panas

Ruam kemerahan yang gatal atau bahkan perih | Photo by Jenna Hamra via www.pexels.com

Ruam ini biasanya disebabkan oleh biang keringat yang muncul saat udara panas. Untuk mengatasinya, kamu diharuskan mandi dua kali sehari dengan menggunakan sabun anti bakteri. Lalu pakailah produk-produk skincare yang punya efek menenangkan seperti aloe atau lidah buaya supaya ruamnya mereda. Permasalahan ini pun solusi akhirnya sama Guys dengan permasalahan-permasalahan sebelumnya: wajib pakai sunscreen atau sunblock!

6. Keringat berlebih di badan bisa jadi menyebab munculnya jerawat di area punggung

Salah satu efek samping dari produksi keringat di daerah punggung | Credit: belchonock via depositphotos.com

Tumpukan bakteri, sel kulit mati dan juga keringat bisa tersumbat di dalam pori-pori yang pada akhirnya membuat jerawat tersebut muncul. Untuk membersihkan jerawat di area ini, kamu perlu melakukan eksfoliasi atau scrub badan. Kamu disarankan untuk melakukannya di salon, sebab area ini sulit dijangkau oleh tangan sendiri.

7. Nggak cuma jerawat, keringat di badan pun bisa membuat fungal acne timbul

Jangan biarkan jamur mencemari kulitmu | Photo by Anna Nekrashevich via www.pexels.com

Meski terlihat sama dengan jerawat, namun ini merupakan hal yang berbeda. Jika jerawat disebabkan oleh bakteri, fungal acne justru disebabkan oleh jamur. Jamur penyebab fungal acne juga bisa menimbulakan masalah lain seperti eczema, ketombe, dan psoriasis. Untuk mencegah hal ini terjadi, kamu harus rutin mengganti baju ketika berkeringat. Selain itu, mandi dan gunakan body care untuk mencegah jamur ini timbul.

Meski terkesan sepele, nyatanya cuaca panas bisa menimbulkan beberapa masalah yang cukup serius di kulitmu lo! Baiknya segera diatasi sebelum masalah ini menimbulkan bekas yang sulit ditangani lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE