Banyak sekolah yang kini mewajibkan muridnya untuk membawa banyak buku pelajaran. Nggak jarang banyak siswa yang lebih sering terlihat menggunakan tas ransel daripada jenis tas lain. Selain nyaman dan praktis, tas ransel memang terbukti dapat menampung banyak peralatan sekolah.

Melansir dari laman Liputan 6, Dr. Charla Fischer menyebut, lebih baik jika kita hanya membawa beban pada ransel kurang dari 3 kilo. Beban yang berlebihan pada ransel akan membuat tubuh mengalami sakit punggung bahkan bungkuk.

Advertisement

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya tas ransel dengan beban berat nggak menimbulkan masalah di punggungmu. Simak rangkuman Hipwee Tips berikut.

1. Pilihlah ransel yang memiliki tali di bagian pinggang dan jangan lupa untuk selalu memasangnya

tali pinggang di ransel via www.blibli.com

Hal ini bertujuan agar tekanan dan gesekan pada bahu dapat berkurang. Selain itu, posisi ransel yang berada di tengah badan juga akan membuat proporsi tubuhmu jadi lebih seimbang.

2. Ransel dengan tali yang empuk di bagian pundaknya lebih baik. Gunakan talinya di kedua pundak agar pundakmu nggak turun sebelah

Dipakai di dua pundak lo! via www.vhema.com

Selalu gunakan kedua tali ransel untuk menjaga postur tubuhmu. Mengaitkan satu tali di ransel, bisa menyebabkan kejang otot leher, bahu, punggung bagian bawah, bahkan dapat juga meningkatkan lengkungan pada tulang punggung sehingga mejadi bungkuk.

3. Sebelum membawa ransel pergi bersamamu, usahakan untuk menyeleksi lebih dulu barang bawaan yang akan kamu bawa

seleksi barangmu via www.youthmanual.com

Advertisement

Usahakan untuk membuat tas kamu seringan mungkin. Contohnya, jika kamu sering membawa air minum dalam botol saat bekerja, kamu bisa mengisi airnya di kantor saja. Jadi, dari rumah kamu hanya membawa botol kosongnya. Usahakan berat ransel dan isinya maksimal 20 persen dari berat tubuhmu, ya!

4. Barang bawaan yang paling berat wajib kamu tempatkan di bagian belakang ransel yang menempel ke punggung

laptop di paling belakang via multekno.blogspot.com

Ini bisa dilakukan jika kamu terbiasa membawa laptop. Hal ini dilakukan agar punggungmu nggak mengalami pegal akibat tarikan yang kuat dari depan tas.

5. Sesuaikan tali ransel setara dengan tinggi punggungmu. Jangan dipakai sampai bawah, ya!

pas punggung via www.vhema.com

Menyesuaikan tali ransel setara pungung akan membuat pundakmu nyaman. Usahakan bagian bawah ransel tidak melewati pinggangmu atau kamu bisa memberinya jeda setidaknya 3 senti lebih tinggi dari pinggul. Ransel yang menggantung terlalu rendah akan meningkatkan beban pada punggung, sehingga membuatmu membungkuk ke depan ketika berjalan.

6. Saat naik kendaraan umum, cobalah untuk melepaskan tas punggungmu dan meletakkannya di sekitarmu lebih dulu

taruh dulu saja via www.efenerr.com

Ini bisa kamu lakukan jika sedang naik kendaraan umum seperti KRL atau busway. Namun, jika kondisi kendaraan saat itu sedang penuh, kamu bisa memangku ranselmu di paha, menaruhnya di bawah tempat duduk, atau taruh tasmu di bagasi untuk mengistirahatkan pundakmu.

Catatan untuk anak-anak, Lembaga setara Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan bahwa mereka seharusnya nggak membawa ransel dengan beban lebih dari 10-20% berat badan mereka, seperti yang dilansir dari laman Hello Sehat. Jika terlalu berat, kamu bisa mengganti ranselnya dengan tas koper kecil untu mengurangi risiko nyeri pada punggung dan pundak.

Jadi, memakai tas ransel juga nggak bisa sembarangan, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya