Mendapatkan perut six pack bisa jadi merupakan hal yang diidamkan oleh beberapa orang. Pasalnya dengan perut six pack, kepercayaan diri tentu meningkat. Selain itu, perut six pack juga membuat seorang tampak lebih atletis dan atraktif.

Nah, jika kamu berniat ingin membentuk otot perut menjadi kotak-kotak alias six pack, berikut beberapa hal yang bisa dicoba. Tenang, nggak musti ke gym kok.

1. Untuk mendapatkan perut six pack, kamu harus mulai memasukan latihan kardio di rutinitasmu

bersepeda via unsplash.com

Advertisement

Penelitian mengatakan bahwa latihan kardio sangat efektif untuk mengurangi lemak perut, melansir laman Healthline. Bahkan seorang laki-laki yang melakukan latihan kardio selama empat kali, lemak perutnya mengalami penyusutan dalam satu bulan. Latihan kardio yang bisa kamu lakukan ialah berlari, berenang, atau bersepeda.

2. Konsumsi banyak makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa bantu membentuk otot perut

makan protein via balanceblog.bistromd.com

Protein merupakan salah satu makanan yang memiliki efek termogenik tertinggi. Efek inilah yang mampu memproduksi panas dan mengubah lemak menjadi otot. Nggak cuma untuk para cowok, menambah asupan protein juga bisa dilakukan oleh cewek jika ingin membuat perut tampak six pack.

3. Sebelum olahraga, usahakan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks jika ingin otot perutmu terbentuk

karbohidrat kompleks via hellosehat.com

Namun, karbohidrat yang dianjurkan berasal dari ubi, gandum, beras merah, dan oatmeal, ya! Meski begitu, kamu tetap harus mengimbanginya dengan makan satu sampai dua mangkuk sayuran agar gizi lainnya tercukupi.

4. Pastikan juga untuk menambah konsumsi lemak tak jenuh agar insulin tetap stabil

makan lemak tak jenuh via www.designeatrepeat.com

Advertisement

Insulin inilah yang mampu membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh ini juga bisa menyimpan asupan energi dalam tubuh yang membuatmu nggak cepat lapar. Kamu bisa menambahkan kacang-kacangan mentah, selai kacang, minyak ikan, dan minyak zaitun di menu makan sehari-harimu, ya!

5. Minum air yang banyak agar tubuh tetap terhidrasi dan proses metabolisme jadi lebih lancar

cukupi air putih via www.healthline.com

Proses metabolisme inilah yang nantinya berguna untuk pembakaran lemak. Sebuah studi menunjukkan, dengan minum 500 ml air dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 24% hingga 60 menit setelah makan. 

6. Kalau ingin otot perutmu terbentuk, kamu haru mengulangi gerakan otot perut klasik seperti sit up dan crunch

angkat beban via hellosehat.com

Melansir laman Body Building, Mike Mike Wunsch, C.S.C.S, pendiri Men’s Health, mengatakan bahwa gerakan otot perut klasik hanya bekerja untuk melenturkan otot saja. Jika ingin lebih membentuknya, kamu perlu melakukan gerakan multi sendi seperti angkat beban.

7. Latih inti tubuhmu lebih keras dengan melakukan plank

lakukan plank via www.celfittv.com

Hampir semua orang tahu, bahwa plank bisa membantu membentu masa otot. Untuk otot perut, coba lakukan plank dengan cara menahan inti badanmu dengan tangan dan kaki. Tahan posisi ini selama 10 detik dan lakukan latihan hingga kamu bisa mencapai waktu 30 detik.

Cara-cara di atas memanglah nggak mudah. Tapi, jika rutin dilakukan, kamu bisa kok mendapatkan perut six pack. Intinya, jangan malas dan rutin mencoba, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya