Nggak semua orang memiliki ruangan dengan pencahayaan alami yang cukup. Misalnya kamu yang ngekos. Kebanyakan kos nggak memerhatikan detail seperti pencahayaan alami. Alhasil kamar seringkali kelihatan sempit, sumpek, dan suram dengan pasokan cahaya yang cuma dari satu buah jendela.

Dilansir dari Apartment Therapy, ada 6 cara yang bisa kamu terapkan agar kamarmu bisa tampak lebih terang dan lapang meski minim pencahayaan alami. Penasaran? Simak!

1. Isi kamar dengan perabot beraksen putih untuk mendapatkan kesan terang dan bersih

gunakan perabot dan dekorasi beraksen putih via www.homedit.com

Advertisement

Jika ruanganmu minim pencahayaan alami, penempatan dekorasi dan perabot berwarna gelap hanya akan menambah kesan sempit. Alternatifnya, gunakan dekorasi putih atau yang dalam palet warna lebih terang yang akan merefleksikan cahaya dengan maksimal.

2. Cermin lantai bisa lebih maksimal dalam membantu pasokan cahaya

bisa sekalian ngaca dari atas sampai bawah via www.ebay.com

Semakin besar cermin, semakin baik untuk membantu pencahayaan di kamarmu. Jika kamu masih memiliki ruang kosong, kamu bisa menempatkan cermin lantai di sana. Selain memberi kesan terang dan lapang, kamu akan lebih luwes lagi dalam memeriksa tampilan sebelum ke luar rumah.

3. Ganti gordenmu dengan tirai yang tipis, atau nggak usah gunakan sama sekali

kalau perlu, nggak usah pakai gorden sama sekali via unsplash.com

Kehadiran gorden hanya akan membatasi pencahayaan alami masuk ke ruanganmu. Jika kamarmu hanya memiliki satu jendela, lebih baik nggak usah pakai gorden sama sekali. Atau, kamu bisa menggunakan tirai tipis yang mampu menyamarkan pandangan dari luar, tapi tetap nggak membatasi akses masuk pencahayaan alami.

4. Maksimalkan penggunaan lampu edison yang digantung untuk mempertahankan kesan natural

kamar jadi berkesan bohemian via www.pinterest.ca

Advertisement

Penggunaan lampu edison nggak cuma bikin tampilan ruang jadi ciamik, tapi juga bisa membuat ruangan jadi lebih terang, dengan tetap mempertahankan kesan natural dari pencahayaan alami. Kamu bisa menggantung beberapa lampu edison untuk mendapatkan kesan bohemian yang cantik.

5. Hias dinding dengan wallpaper bermotif minimalis biar nggak membosankan

gunakan wallpaper dengan motif sederhana via www.pinterest.ph

Jika membiarkan dindingmu polos dengan cat berwarna terang terkesan membosankan, kamu bisa menghias dinding dengan menggunakan wallpaper dengan warna cerah dan corak minimalis. Aplikasikan di beberapa bagian dinding, terutama bagian yang terpapar cahaya langsung.

6. Percantik ruang kamar dan dapatkan kesan segar dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan

manfaatkan tumbuhan hijau untuk menyiasati minimnya cahaya via www.homedit.com

Selain bisa membawa dampak baik bagi kesehatan, meletakkan tanaman di dalam ruangan juga bisa membantu pencahayaan dengan menghadirkan kesan lebih cerah. Kamu bisa memilih tanaman antipolutan agar kualitas udara di kamar lebih steril, dan usahakan memposisikannya di dekat jendelamu.

Selain bisa membantu pencahayaan, menerapkan 6 cara di atas bisa bikin kamu lebih hemat lo. Kamu jadi nggak perlu nyalain lampu sepanjang hari dengan kamar yang lebih terang dan terasa lapang. Bagaimana, kamu mau menerapkan cara yang mana dulu nih untuk kamarmu?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya