Hampir setiap orang pernah mengalami masalah gusi berdarah. Penyebabnya pun beragam, mulai dari infeksi yang terjadi pada gigi atau gusi hingga kelainan pendarahan itu sendiri. Melansir dari laman Hello Sehat, gusi yang sering berdarah bisa jadi merupakan tanda gingivitis atau radang gusi. Kelainan ini merupakan tahap awal penyakit periodontal yang mana jika disertai dengan tanda lain seperti gusi berwarna merah, bengkak, dan meradang.

Nah, untuk menghentikan pendarahan pada gusi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke dokter gigi. Dengan cara-cara mudah ini, gusimu yang berdarah bisa disembuhkan sendiri di rumah.

1. Pendarahan pada gusi bisa kamu hentikan dengan menggunakan kasa

pakai kasa via brightside.me

Advertisement

Hentikan pendarahan dengan menekankan kasa pelan-pelan pada area gusi yang berdarah. Namun, untuk mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh rendah, mungkin akan butuh waktu sedikit lama untuk menghentikan pendarahan ini.

2. Untuk menghilangkan bengkak pada gusi yang berdarah, kamu bisa melakukan kompres dingin

kompres gusi via brightside.me

Tempatkan es batu dan bungkus dalam lap untuk mengompres. Lakukan pengompresan selama 10 menit. Kalau masih berdarah, istirahat dulu selama 10 menit juga sebelum memulai pengompresan lagi.

3. Berkumurlah dengan obat kumur yang nggak beralkohol untuk mencegah timbulnya peradangan akibat gusi berdarah

pakai obat kumur via hellosehat.com

Melansir dari Medical News Today, obat kumur mengandung chlorohexidine
hydrogen peroxide yang bisa menenangkan gusi yang sakit. Selain itu, obat kumur pun bisa mencegah timbulnya peradangan yang bikin gusi berdarah.

4. Gusi berdarah bisa kamu redakan dengan mengonsumsi makanan renyah seperti wortel atau timun

makan wortel via www.rd.com

Advertisement

Rasa renyah yang dihasilkan buah ini bisa menghilangkan sisa makanan pada gigi yang menyebabkan gusi berdarah. Selain itu, buah ini juga rendah gula dan karbohidrat yang mana baik untuk kesehatan gigi.

5. Agar pendarahan pada gusi nggak terus terjadi, konsumsi banyak sayuran hijau

makan bayam via www.stack.com

Kekurangan vitamin K membuat pendarahan terjadi lebih lama, melansir dari laman Healthline. Dengan makan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, dan selada, pendarahan pada gusi bisa diminimalisir.

6. Kantung teh bisa kamu manfaatkan untuk menghentikan pendarahan pada gusimu

pakai kantung teh via adelaidedental.ca

Seduh kantung teh dengan air mendidih, kemudian diamkan selama dua menit. Nah, barulah kamu bisa menaruh kantung teh ini ke gusimu yang berdarah. Cara ini bisa membantu mengurangi risiko infeksi pada gusi lo!

7. Buatlah larutan air garam untuk bantu meredakan pendarahan pada gusi

kumur air garam via lifestyle.okezone.com

Air asin bisa mengurangi pembengkakan pada gusi dan membantu menghentikan pendarahan gusi. Selain itu, larutan garam ini pun bisa membuat gusi terhindar dari bakteri penyakit.

Nggak perlu panik, gusi yang berdarah bisa kok kamu redakan pendarahannya sendiri di rumah. Namun, jika pendarahan nggak kunjung berhenti, segara konsultasikan ke dokter gigi, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya