6 Trik Mengurangi Lapisan Lemak pada Sup atau Makanan Berkuah. Nggak Bakal Enek Lagi Rasanya

Mengurangi lemak sup

Baik kaldu ayam maupun sapi, keduanya dipercaya bisa membuat makanan jauh lebih gurih. Tapi, pengolahan yang nggak tepat justru bisa membuat kuah berlemak. Parahnya lagi, kalau lemak ini mengendap dan bikin sup jadi enek. Padahal seharusnya, rasa kuah bisa lebih ringan.

Nah, supaya kamu bisa mendapatkan kuah yang ringan, lemak-lemak ini harus disingkirkan, begini caranya.

1. Memakai kaldu stok yang sudah dibekukan bisa meminimalisir lemak

pakai kaldu beku via parenting.orami.co.id

Advertisement

Karena sudah melalui proses pembekuan, lemak pada kaldu yang nantinya dipanaskan akan lebih mudah diambil. Caranya, panaskan dulu stok kaldu menggunakan api kecil saja. Jika sudah mulai meleleh dan lemak mulai mengapung, kamu bisa mulai mengangkatnya.

2. Boleh pakai kaldu segar, tapi dinginkan dulu, ya!

dinginkan kaldu via food.detik.com

Jangan langsung masukkan kaldu jadi ke dalam sup. Mending disaring dulu kemudian dinginkan di kulkas selama satu jam. Nah, setelah itu baru deh kamu panaskan di atas api kecil. Kalau lemak mulai mengapung, kamu bisa menyingkirkannya dengan sendok logam.

3. Kamu bisa membuang lemak dengan memakai sendok atau centong dingin

ambil lemak via www.primarasa.co.id

Lebih dianjurkan untuk menggunakan sendok logam yang sudah direndam dalam air es selama 10 menit. Kalau lemak mulai mengapung, kamu bisa menyapukan bagian bawah sendok ke permukaan sup. Pelan-pelan saja, yang penting lemak bisa terkumpul di bagian bawah sendoknya.

4. Selain sendok, kamu juga bisa menggunakan bongkahan es batu

Advertisement

Suhu rendah dari es batu bisa membuat lemak panas membeku dan ikut terangkat. Makin besar es batu, makin mudah pula proses pengambilan lemak di kuah supnya.

5. Kalau minyaknya nggak banyak, kamu bisa memakai handuk kertas

pakai handuk tisu via www.finecooking.com

Cukup celupkan handuk kertas ke dalam panci atau wajan yang berisikan kuah. Masukkan perlahan, agar lemak bisa cepat terserap dan menempel pada handuk kertasnya, ya!

6. Kalau mau lebih praktis, gunakan saja teko penyaring

Bentuk teko ini biasanya seperti gelas ukur. Tapi teko ini memiliki moncong yang dipakai sebagai tempat untuk saluran keluarnya air. Caranya,  tuangkan cairan ke dalam teko pemisah, secara otomatis benda ini akan membuat lemak naik. Nah, baru deh kamu bisa menuangkan kuahnya.

Sebenarnya, sebelum lemak ini terlanjur menggumpal dan membuat sup makin enek, kamu bisa meminimalisirnya dengan mengecilkan api ketika memasak. Selain itu, pemakaian bagian daging tertentu juga bisa memengaruhi lemak pada sup. Atau, pilih bagian daging yang lebih rendah lemak, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE