7 Daftar Menu Buka Puasa Sehat dan Mudah Dibuat

Bulan puasa bukan alasan untuk tak mengatur menu makanan yang masuk ke perut. Malahan, ini adalah kesempatan untukmu supaya hidup lebih sehat lagi. Maka dari itu, perhatikan beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat berikut ini.

7 Menu Buka Puasa yang Sehat

Kunci dari makanan sehat selama bulan puasa adalah mengurangi asupan gorengan dan gula yang berlebihan. Ini dia beberapa menu yang dapat kamu gunakan sebagai inspirasi.

Advertisement

Oatmeal

Bowl of oatmeal with raisins. Delicious oatmeal.

Makanan ini bisa kamu jadikan sebagai pengganjal perut saat buka puasa. Bahkan, kamu juga bisa menjadikannya sebagai pengganti nasi. Oatmeal juga mengandung nutrisi yang baik, seperti karbohidrat, serat, lemak, protein, dan lain sebagainya.

Sayur Bayam

sayur bayam

Menu buka puasa sehat dan murah selanjutnya adalah sayur bayam. Kandungan gizi yang terdapat dalam sayur bayam juga menyehatkan. Misalnya, berbagai jenis vitamin, zat besi, dan magnesium.

Advertisement

Tumis Ayam Brokoli

tumis ayam brokoli

Kombinasi antara daging dan sayuran juga hal yang perlu diperhatikan saat ingin makan makanan sehat. Tumis ayam brokoli memiliki kandungan protein sekaligus vitamin yang bagus bagi tubuh. Namun, tetap jaga takaran garam dan penyedapya, ya!

Sayur Orak-Arik Telur

sayur orak-arik telur

Gunakan sayuran apa saja yang kamu miliki di rumah, misalnya sawi atau kol. Masak sayur dengan cara ditumis dan tambahkan telur orak-arik ke dalamnya. Niscaya, masakan akan jadi lebih sehat, enak, nan gurih.

Pecel

pecel

Siapa yang tak kenal menu berbasis sayuran yang satu ini. Biasanya, pecel disajikan lengkap dengan bumbu kacang yang gurih dan sedap. Nah, menu ini bisa jadi alternatif menu buka puasa yang sehat.

Advertisement

Smoothies Pisang

smoothies pisang

Sebenarnya, kamu bisa saja makan pisang secara utuh. Namun, jika kamu ingin sedikit variasi, coba bikin pisang menjadi smoothies dan campur dengan bahan atau buah lain, seperti oatmeal atau apel. Selain perut kenyang, menu ini juga menyehatkan.

Sup Ayam

sup ayam

Komponen di dalam sup ayam memang penuh dengan nutrisi. Kombinasi antara sayuran seperti wortel, buncis, dan kol dengan daging ayam rebus dapat membuatnya jadi menu buka puasa sehat bergizi.

Nah, itu dia sederet menu buka puasa sehat yang gampang cara pembuatannya. Selamat mencoba!

Cek aneka #ResepAndalanmu lain yang bisa kamu coba di sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...