Walau Gaji 2 Jutaan, Kamu Tetep Bisa Nabung 500 Ribu Tiap Bulan. Asal 8 Tips Ini Kamu Terapkan

Bisa sukses memasuki dunia kerja dengan selamat adalah sebuah prestasi yang patut bikin kamu bangga. Ibarat perang, kamu adalah salah satu prajurit yang bisa tetap hidup setelah berusaha sekuat tenaga bertahan dari serangan musuh. Leganya nggak karuan saat kamu bisa bekerja dan punya penghasilan sendiri.

Tapi saat gaji yang kamu terima masih di kisaran 2 jutaan, harapan buat mengembangbiakkan saldo tabungan seperti nggak mungkin. Kebutuhan banyak, keinginan juga nggak kalah jumlahnya. Tenang, guys. Kali ini, Hipwee akan membantumu melakukan banyak hal, khususnya di urusan finansial. Trik-trik ini bisa kamu coba biar binya menyisihkan tabungan sebesar 500 ribu per bulan. Gini nih caranya!

1. Awal gajian, segera sisihkan 500 ribu buat tabungan. Supaya aman, buat rekening baru dan sengajakan buat nggak ambil ATM-nya

Langsung simpan!

Langsung simpan! via www.viitoaremireasa.ro

Jurus yang paling ampuh untuk bisa menabung 500 ribu adalah dengan segera menyisihkan uang itu ke rekening khusus. Kamu bisa kok bikin rekening tabungan baru. Supaya lebih efektif, jangan ambil fasilitas ATM-nya. Pakai saja tabungan itu untuk bikin tabunganmu beranak pinak tanpa ada sentuhan dipakai hal yang kurang penting.

Seandainya gajimu adalah 2.500.000, masih akan tersisa 2.000.000 di rekening saldomu. Kamu patut berlega hati, karena tabungan 500 ribumu sudah tersimpan aman!

2. Prioritaskan kebutuhan yang paling utama. Habis gajian, segeralah bayar kos, keperluan bulanan, dan ongkos transportasi

Sumber foto: http://thebusinesswomanmedia.com

Contohnya gini nih:

List kebutuhan esensial per bulan

Kosan 500.000

Bensin 150.000

Jatah buat senang-senang 200.000

Kebutuhan mendadak (kondangan & bela sungkawa) 150.000

Pulsa buat paketan 100.000

Makan @ 10.000 x 3 x 30 = 900.000

Setelah ditotal, sisa kebutuhan di atas menghabiskan 2.000.000

Setelah membuat daftar tadi, minimal kamu jadi tahu seberapa besar kemampuanmu dalam mengeluarkan uang. Setelah dikurangi tabungan 500 ribu yang sudah kamu sisihkan di awal bulan, sisa 2 jutanya bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan. Kalau kamu menerapkan tips budgeting di atas, kamu nggak akan kekurangan uang, ‘kan?

3.  Dari anggaran untuk makan, sebenarnya masih bisa kamu hemat lagi. Nyiapin beras dan rice cooker, bisa menghemat 3 ribu buat sekali makan

Lumayan

Lumayan via www.tumblr.com

Kamu nggak akan merasa kenyang sepenuhnya jika nasi belum masuk ke dalam perutmu. Saat makan, kamu pasti akan memesan komplit lauk dan nasinya. Tapi guys, kamu masih bisa memapatkan pengeluaran tiap kali makan. Dengan beli beras dan punya rice cooker, pengeluaranmu bisa berkurang 3 ribu rupiah.

Makan tanpa beras dan rice cooker: @ 10.000 x 3 x 30 = 900.000

Makan dengan beras dan rice cooker: 10.000 – 3.000 (nasi) = 7.000

7.000 x 3 x 30 = 630.000

900.000 – 630.000 = 270.000

Nah, kamu bisa berhemat lagi 270 ribu. Bisa kamu simpan buat anggaran bersenang-senang atau buat beli barang yang lain, ‘kan?

4. Daripada boros nonton di bioskop, copy-lah film sebanyak-banyaknya yang ada di hard-disk temanmu. Yaah, namanya juga pengiritan

Sumber foto: http://papasemar.com

Sumber foto: http://papasemar.com

Sekarang, sudah banyak situs-situs yang menyediakan film-film gratis. Mulai dari streaming sampai laman torrent, ada semuanya. Bukan cuma film lokal, film Hollywood sampai drama Korea pun ada di sana.

Cukup bermodal flashdisk atau hard-disk, kamu sudah bisa menyimpan harta karun untuk hiburan tiap harimu di sana. Atau buat kamu yang malas download, tinggal copy saja film-film yang kamu pingin dari temanmu yang sudah lama jadi “pecandu” film dan drama. Nggak perlu keluar banyak biaya, bukan?

Hitung-hitung mengurangi pemborosan karena nonton film di bioskop, trik yang satu ini terbukti ampuh membuatmu lebih betah di kost atau rumah daripada keluar buang-buang uang. Seru, ya?

5. Kalau mendengarkan musik adalah kebutuhanmu sehari-hari, headphone pasti jadi sahabat sejati. Nah, gini nih caranya biar uangmu nggak habis buat beli headphone melulu!

Sumber foto: http://jeshoots.com/

Sumber foto: http://jeshoots.com/

Sebagai mahasiswa atau anak muda yang sering dilanda kesibukan, salah satu kegiatan yang bisa me-refresh otak adalah mendengarkan musik. Ya, apapun genre-nya, kamu yang hobi mendengarkan musik pasti punya mood lebih baik dibanding mereka yang nggak.

Matahari Mall.com pun menjawab keinginanmu ini dengan ngasih potongan sebanyak 67% di banyak earphone berkualitas untuk mendengarkan musik ! Di sana kamu bisa menemukan banyak pilihan headphone dari berbagai merek serta pilihan motif yang sangat banyak. Dengan harga yang pastinya nggak bakal menguras kantong, kamu bisa puas berbelanja tanpa merepotkan orang tua!

6. Jangan gengsi beli buku di toko loak atau kaki lima. Justru, banyak pengalaman sekaligus pengiritan yang akan kamu dapat dari sana

Sumber foto: http://judywatson.com

Sumber foto: http://judywatson.com

Selain lebih murah dan pilihannya lengkap, beli buku di pameran buku, toko loak atau kaki lima juga bisa mendukung misi pengiritanmu. Di sana kamu nggak perlu kuatir untuk memborong banyak buku, meski uang di dompet tinggal segitu-segitunya. Nggak usah gengsi, situ ‘kan bukan selebriti :’)

7. Beli baju, sepatu atau tas itu sah-sah saja. Caranya, pilih toko dengan harga miring tapi kualitasnya tetap oke

Sumber foto: http://fashioncatalog.com

Sumber foto: http://fashioncatalog.com

Dalam sebulan, kamu disarankan untuk membeli baju, sepatu atau tas cukup sekali sampai dua kali saja. Ingat, kamu ‘kan sedang masa-masa transisi sebelum kerja.

Jangan pernah terpaku dengan merek! Kamu yang sudah berpengalaman tentu tahu bagaimana cara belanja banyak, tapi tetap hemat karena harganya tepat. Coba deh kamu sering-sering kepoin satu-persatu e-commerce dengan memasukkan kata kunci barang yang kamu cari. Dengan begitu, kamu jadi tahu perbandingan harga antara satu toko dengan toko lainnya.

8. Rajin-ranjinlah berburu diskon di internet kalau kamu mau puas belanja, tapi uang kiriman ortu tetap terjaga

Sumber foto: https://www.mmbiztoday.com/

Sumber foto: https://www.mmbiztoday.com/

Siapa sih yang bakal nolak kalau dikasih diskonan?

Nah ini yang paling asik, memperingati perayaan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional), MatahariMall mengadakan diskon gila-gilaan untuk semua produk websitenya. Kamu bisa membeli banyak barang di promo Harbolnas online shop MatahariMall dengan harga yang murah, tapi kualitasnya jangan ditanya!

Di sana, kamu bisa belanja tas, handphone, powerbank bahkan kosmetik dengan diskon gila-gilaan hingga 500 ribu! Plus, jangan khawatir bakal kehabisan uang, karena selain banting harga, perayaan Superbol 12-12 di MatahariMall.com juga menerima cicilan alias kredit per bulannya. Duh, nyesel deh kalau sampai melewatkan kesempatan ini!

Terbukti ‘kan kalau belum mantap bekerja pun kamu tetap bisa menabung sebesar 500 ribu dan masih bisa bersenang-senang. Setidaknya kamu jadi tahu, mana keinginan dan mana yang kebutuhan. Dengan seperti ini, yakin deh kalau uang kirimanmu bakal aman dan bertahan lama di dompet!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis