9 Minuman yang Cocok Dikonsumsi Setelah Olahraga. Nggak Cuma Air Putih

Minuman-minuman ini bisa mengembalikan cairan, elektrolit, dan membantu pemulihan otot selama berolahraga

Hal yang dicari pertama kali setelah berolahraga adalah minuman dingin yang menyegarkan. Air dingin dinilai mampu mendinginkan suhu tubuh. Namun, ternyata jenis dan nutrisi yang terkandung dalam minuman dingin juga mempengaruhi manfaat mengonsumsi minuman dingin setelah berolahraga lo, SoHip.

Advertisement

Lalu apa saja sih, jenis minuman yang cocok dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengembalikan cairan, elektrolit, dan membantu pemulihan otot selama berolahraga? Yuk, simak bersama.

1. Sport drink bisa membuatmu kuat berolahraga lebih lama

Sport drink bikin kual olahraga lama | Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Sport drink mengandung karbohidrat dari gula dan beberapa jenis elekrolit atau mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang dinilai dapat mengembalikan kondisi tubuh yang kekurangan cairan setelah berolahraga.

Bahkan sport drink dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa lelah sehingga kamu bisa berolahraga dalam waktu yang lebih lama, lo! Namun, kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi sport drink ini jika kamu hanya melakukan olahraga ringan.

Advertisement

2. Air kelapa mampu mengembalikan elektrolit yang hilang

Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kaya akan elektrolit ini sangat direkomendasikan untuk diminum setelah berolahraga sebab mampu mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang melalui keringat.

Bahkan, air kelapa mengandung kalium lima kali lebih banyak dibanding minuman olahraga pada umumnya.

Advertisement

3. Jus jeruk bisa menggantikan gula yang digunakan tubuh selama berolahraga

Tidak hanya menyegarkan dahaga, jus jeruk juga bisa gantikan vitamin, mineral, dan gula yang hilang ketika berolahraga.

Kandungan vitamin C dalam jus jeruk yang baik untuk kesehatan juga dinilai sangat baik untuk dikonsumsi setelah berolahraga untuk menggantikan vitamin dan mineral yang hilang ketika berolahraga. Selain itu, kandungan gula alami yang terdapat dalam jus jeruk dapat menggantikan sebagian gula yang digunakan tubuh selama berolahraga.

4. Jus semangka sebagai pengganti minuman elektrolit

Jus semangka yang kaya air | Foto: Pixabay

Sekitar 91-92% bobot semangka terdiri dari air. Ya, semangka memang merupakan salah satu buah yang mengandung banyak air. Mengutip dari klikdokter, satu cangkir jus semangka memiliki 6% nilai harian kebutuhan kalium, magnesium, dan elektrolit lain. Hal ini menjadikan jus semangka cocok dikonsumsi sebagai pengganti minuman elektrolit pasca berolahraga. Namun sayang, natrium dalam jus semangka ini cukup rendah, sehingga untuk menambahkan natrium, kamu bisa memasukkan sedikit garam ke dalam jus semangka milikmu.

5. Jus ceri berfungsi baik dalam proses pemulihan otot

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam jus ceri bisa membantu dalam pemulihan otot serta menjaga otot dari cedera.

6. Susu cokelat cocok dikonsumsi untuk membantu proses pemulihan dan perkembangan otot

Tidak hanya aneka jus buah saja yang digemari dan cocok dikonsumsi setelah olahraga, para atlet angkat beban justru lebih menyukai mengonsumsi susu cokelat setelah mereka berlatih. Kandungan protein, kalsium, dan karbohidrat dalam susu cokelat sangat diperlukan untuk membantu proses pemulihan dan perkembangan otot.

7. Smoothies bisa meredakan ketegangan otot pasca olahraga

Smoothies sayuran dan buah | Foto oleh Toni Cuenca dari Pexels

Salah satu jenis minuman sehat yang dapat dikonsumsi pasca berolahraga adalah smoothies. Selain mampu memgembalikan energi dan cairan yang hilang, smoothies juga bisa meredakan ketegangan otot pasca olahraga dengan lebih cepat.

Bahkan smoothies yang terbuat dari sayur-sayuran sangat disukai oleh para pecinta olahraga sebab mengandung banyak vitamin serta mineral yang diperlukan tubuh.

8. Infused water untuk mengembalikan kesegaran setelah lelah berolahraga fisik

Infused water untuk kembalikan kesegaran | Foto: flickr

Untuk mengembalikan kesegaran tubuh setelah lelah berolahraga fisik, kamu bisa membuat infused water sendiri di rumah untuk dibawa ketika kamu berolahraga. Beberapa aktivitas fisik memang membutuhkan infused water yang dapat memenuhi kebutuhannya, seperti infused water dengan buah jeruk dan blueberry. 

Infused water ini dinilai cocok untuk para pemain sepak bola, sebab mereka akan berlari sejauh empat hingga lima mil selama latihan sehingga tubuh mengeluarkan banyak elektrolit yang hilang. Untuk mengembalikannya lagi, infused water dengan kombinasi jeruk dan blueberry sangat pas untuk dikonsumsi setelah lelah berlarian di lapangan.

9. Teh hitam atau teh hijau efektif untuk proses pemulihan pasca olahraga

Secangkir teh dapat membantu proses pemulihan pasca olahraga | Foto oleh Vlada Karpovich dari Pexels

Teh hitam maupun teh hijau sama-sama dinilai efektif dalam mengoksidasi lemak selama latihan aerobik. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu pemulihan pasca olahraga, meredakan nyeri otot, serta lebih cepat memulihkan kekuatan otot.

Minuman tersebut bisa menjadi pilihan yang lebih variatif buatmu untuk dikonsumsi setelah berolahraga untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang sekaligus membantu proses pemulihan otot setelah berolahraga secara intens.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...