Menurut data terakhir, kurang dari 10% warga Amerika Serikat terbiasa tidur tanpa sehelai pakaian pun, alias telanjang bulat. Di Indonesia, pasti jumlahnya jauh lebih rendah kali, ya. Tapi sebenarnya tidur dalam keadaan telanjang itu punya berbagai dampak positif yang sudah terbukti secara ilmiah, lho.

Pasti banyak juga ya yang malu kalau harus tidur telanjang. Padahal aslinya nggak perlu malu juga sih, toh kamu tidur sendirian. Kalau masih belum yakin juga, coba deh cek dulu manfaat tidur tanpa pakaian yang sudah Hipwee Tips rangkum di bawah ini. Siapa tahu, bisa mendorongmu memberanikan diri sesekali 🙂

1. Manfaat yang paling sederhana tidur tanpa busana itu… Ngirit baju

Manfaat pertama ini nggak ilmiah-ilmiah banget sih. Tapi pasti setelah beberapa malam tidur tanpa baju, cucian kotormu bakal berkurang secara signifikan. Kamu bisa menghemat deterjen untuk nyuci baju tidur yang seringkali masih bersih, gara-gara cuma dipakai tidur. Atau juga pakaian dalam yang bakal jauh lebih berguna kalau dipakai siang hari.

Masalah laundry-an sama kekurangan baju nih masalah klasik banget deh buat anak kost. Nah jadi buat kamu anak kost yang pingin ngirit baju, mungkin cara ini bisa dicoba sekali-kali. Asal jangan lupa kunci pintu sama tutup jendela kost-anmu aja, ya…

2. Begitu terbangun, kamu pun nggak bisa malas-malasan lagi di tempat tidur

Advertisement

Begitu bangun harus langsung pakai baju via trendsylvania.net

Nah kalau manfaat kedua ini lebih dari sisi psikologis. Walaupun ibumu udah teriak-teriak suruh bangun, kamu pasti masih sering terlena untuk berlama-lama malas-malasan di kasur ‘kan?  Percaya gak kalau tidur telanjang bisa memangkas rasa malasmu untuk langsung bangun begitu ada orang ketuk pintu membangunkanmu di pagi hari? Kenapa? Karena kamu punya rasa malu!

Biasa saja ‘kan sarapan atau bertatap muka sama keluargamu di pagi hari memakai baju tidur atau baju rumah? Sebaliknya, gak mungkin kamu keluar kamarmu dalam keadaan telanjang bulat. Makanya, kebiasaan tidur telanjang akan melatih pikiranmu untuk segera bergegas bangun dari tempat tidur di pagi hari. Paling tidak untuk mengenakan pakaian pantas untuk keluar kamar, atau mungkin bisa sekalian siap-siap untuk pergi kuliah atau ke kantor. Nggak ada lagi deh malas-malasan di kasur kalau gak mau malu sendiri.

3. Ini juga bentuk kebebasan yang murah, mudah, dan bisa kamu praktikkan tiap hari

bebas.. lepas.. via i.huffpost.com

Lagi-lagi manfaat dari segi psikologis. Tahu nggak sih kebebasan yang bisa kamu rasakan hanya dengan menanggalkan semua pakaianmu? Hehe… bebas itu sederhana. Sensasi rasa leluasan dan lepas ini bisa jadi obat ampuh untuk menurunkan tingkat stresmu yang melunjak gara-gara beban kerjaan di kantor, lho.

Di naungan gelap dan amannya kamarmu, kamu bisa melakukan hal apapun yang kamu inginkan. Bahkan soal kode berpakaian pun, kamu bisa bebas-termasuk gak pakai apa-apa.

4. Tidur seperti ini bisa membantumu terlelap sepulas bayi

Bapak sama baby sama-sama pulasnya via threelilsisters.files.wordpress.com

Yuk, sekarang kita serius menilik manfaat ritual tidur yang agak nyeleneh ini dari sisi ilmiah.

Tahu nggak sih penyebab utama dari insomnia yang membuat penderitanya nggak bisa tidur sampai pagi? Ternyata, biang keroknya adalah ketidakmampuan tubuh meregulasi suhu untuk mencapai kondisi ideal yang diperlukan. Suhu dan kondisi ideal diperlukan untuk menciptakan kantuk yang akan mengantarmu ke tidur yang lebih baik.

Sesaat sebelum kita tidur, tubuh kita pasti akan mengalami penurunan suhu secara alami. Tapi jika kondisinya tidak ideal, baik karena panas lingkungan atau kenaikan suhu dalam tubuh gara-gara penyakit atau lemak, proses penurunan suhu itu sering terganggu. Akibatnya? Ya nggak ngantuk. Nah kalau mau mempercepat proses penurunan suhu itu? Ya tinggal memastikan kalau kamu tidur dalam keadaan sejuk.

Pakaian apa lagi coba yang bisa memberikan kamu kesejukan layaknya tidak memakai apapun. Jadi, bertelanjang ria sewaktu tidur dapat membantumu menurunkan suhu tubuhmu ke tingkatan yang diperlukan untuk mendapatkan tidur berkualitas layaknya bayi.

5. Dengan tidur tanpa busana, kamu juga bisa tidur cantik dan awet muda!

Tidur muda via www.aceshowbiz.com

Yang namanya tidur cantik itu bukan cuma mitos. Tidur berkualitas itu memang bermanfaat agar kamu tetap cantik, cakep, dan awet muda. Selain lebih cepat ngantuk, kesejukan suhu ideal sekitar 19-21 derajat Celcius juga akan membantu hormon pertumbuhan (HGH) dan melatonin bekerja secara optimal sewaktu kamu tidur.

Nah kalau gak ada AC atau kipas angin di kamar, gimana coba cara termudah untuk menurunkan suhu badan? Ya dengan menanggalkan semua pakaianmu.

Melatonin dan HGH adalah hormon paling penting dalam proses peremajaan tubuh. Maka dari itu, penting artinya untuk mendapatkan tidur cantik setiap malam. Salah satu cara untuk memastikan kamu selalu mencapai suhu tubuh ideal, adalah dengan tidak membiarkan terlalu banyak pakaian menghalangi proses pelepasan suhu dan hormon di malam hari. Pastinya proses ini akan lebih cepat berlangsung jika kamu tidak memakai apa-apa.

6. Suka kelaparan tengah malam? Coba deh tidur telanjang!

Cari camilan gara-gara kebangun dari tidur via i.huffpost.com

Salah satu manfaat tidur berkualitas yang bisa kamu dapatkan dari kenyamanan kulitmu sendiri adalah pengaturan siklus hormon cortisol atau hormon stres yang baik. Sewaktu tidur, jika tidak ada gangguan hormon pertumbuhan atau HGH-mu akan naik seiring dengan turunnya hormon yang menginduksi stres, hormon cortisol.

Idealnya, hormon ini akan berada dalam titik terendahnya pada jam 10 malam sampai jam 2 pagi dan memuncak di pagi hari memberi kita dorongan untuk bangun. Tapi seringkali siklus hormon ini terganggu oleh tidurmu yang tidak nyenyak. Nah jika sudah terganggu, bisa jadi kamu terbangun pada tengah malam dengan level cortisol yang abnormal tinggi. Parahnya, adrenalin stres yang ditimbulkan oleh hormon ini juga sering disalahartikan oleh badanmu sebagai rasa lapar. Jadilah kamu punya kebiasaan ngemil di malam hari yang menumpuk jadi lemak di perut.

Jika kamu sudah mencoba berbagai diet dan teknik mengontrol diri tetapi masih saja gagal, tidur telanjang bisa jadi solusi akhir yang menuntaskan kebiasaan ngemil yang buat perutmu buncit ini, lho.

7. Bahkan, ada ahli yang percaya kalau tidur tanpa busana dapat menurunkan risiko diabetes

bisa menurunkan risiko penyakit gula via www.healthgreatness.com

Manfaat tidur ‘terbuka’ untuk mencapai dan mempertahankan suhu ideal sewaktu tidur ini juga ternyata dapat mengoptimalkan kerja organ tubuh lain dalam tubuh, yaitu brown fat. Brown fat adalah tipe lemak yang justru tidak menumpuk, tapi malah membakar kelebihan kalori dalam tubuh untuk menciptakan panas tubuh. Semakin banyak kalori yang berhasil dibakar tubuh, sensitivitas insulinmu akan semakin tinggi, sehingga risiko diabetes akan turun.

Maka dari itu apapun yang mengaktifkan kerja brown fat ini akan semakin menurunkan risikomu terkena diabetes. Dari penelitian yang dilakukan oleh Diabetes Journal Amerika Serikat, diketahui bahwa kandungan tertinggi brown fat secara konsisten ditemukan dari orang-orang yang tidur dengan suhu ideal 19 derajat Celsius. Nah, kalau manfaatnya aja begitu besar buat kesehatan, biar malu dikit tetap layak dicoba ‘kan?

8. Karena nggak ada pakaian yang menghalangi, kulitmu jadi bisa ‘bernafas’

Ada kesempatan bernapas via media3.onsugar.com

Ini adalah manfaat yang tidak terbantahkan. Dalam keadaan telanjang, semua permukaan tubuhmu pasti akan lebih bebas untuk bernapas. Apalagi kalau kamu punya banyak masalah kulit seperti jerawat di punggung. Tidur tanpa memakai baju akan mampu mengalirkan oksigen ke daerah-daerah bermasalah tersebut.

Kamu pun bisa menghindar dari bekas-bekas karet celana atau lengan baju yang sering ‘tercetak’ di kulit karena pakaian menempel terlalu lama. Dalam jangka pendek memang tak terlalu bahaya, tapi sirkulasi darah yang terhenti gara-gara potongan bajumu itu yang bisa menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang. Maka dari itu, nggak salah juga kali ya memberikan kulitmu kesempatan bernapas dan darahmu kesempatan mengalir dengan bebas.

9. Gara-gara bisa ‘bernafas’, organ-organ intimmu jadi makin sehat

Ada angin yang bisa lewat via 1.bp.blogspot.com

Kesehatan organ intimmu ternyata juga bisa diuntungkan dengan ritual bertelanjang badan sewaktu tidur ini. Jangan keburu mikir yang aneh-aneh dulu ya, ini fakta ilmiah, lho. Bagi cewek, ventilasi atau aliran udara di daerah intim itu bisa mencegah infeksi jamur dan bakteria yang giat berkembang biak pada suhu hangat atau lembap.

Sedangkan bagi cowok, ritual ini juga bisa meningkatkan kesuburan dan menjaga kualitas sperma karena suhu testis bisa tetap terjaga di kisaran normal selama tidur.

10. Bagi yang sudah halal berpasangan, kontak kangsung antar kulit akan mengharmoniskan hubunganmu dengan pasangan

Resep kebahagiaan pasangan via i.huffpost.com

Nah bagi yang sudah halal, kontak langsung dari sentuhan kulit ketika tidur berdampingan akan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan pasangan. Yang jelas selain fakta tak terbantahkan bahwa kalian akan terlihat seksi di mata satu sama lain, ternyata juga ada penjelasan ilmiahnya juga, lho.

Kulit kalian yang saling bersentuhan ternyata dapat memicu peningkatan hormon yang bernama oxytocinHormon ini juga dijuluki hormon ‘feel good‘ yang mampu membuat kalian rileks dan tentu saja sangat kondusif untuk meningkatkan keintiman kalian!

Mungkin bagi sebagian besar dari kita yang berasal dari kebudayaan Timur, tidur tanpa busana masih dianggap ‘saru’ atau nggak pantas. Tapi sekarang kamu sudah tahu ‘kan, mengapa banyak ahli yang justru percaya bahwa inilah cara tidur yang terbaik bagi kesehatanmu?

Boleh dicoba untuk yang penasaran, asal hati-hati saja — kalau lagi sering hujan gini, bisa-bisa kamu masuk angin 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!