Pentingnya Piring di Bawah Pot untuk Pertumbuhan Tanaman Selain Estetika

Banyak yang mengira piring di bawah pot hanya sekadar penampung air sisa penyiraman saja, ternyata...

Meletakkan pot tanaman di dalam ruangan sering kali hanya diperhatikan soal pencahayaan dan estetikanya saja. Misalnya, diletakkan di dekat jendela, kemudian bagian bawah pot diberi piring sebagai tatakan. Selain bisa mempercantik pot, mungkin banyak yang menganggap hal ini hanya supaya tanah nggak tercecer di atas meja atau di lantai ruangan.

Advertisement

Namun, ternyata keberadaan piring di bawah pot cukup penting dan bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, lo. Sehingga penting bagi tanaman, nggak hanya cahaya matahari saja, apalagi bagi tanaman yang harus sering disiram. Penasaran, seperti apa pentingnya piring di bawah pot? Yuk simak ulasan Hipwee berikut!

1. Piring di bawah pot sebagai bagian dari drainase tempat media tanaman

Bagian dari drainase | Credit by Brizmaker on Depositphoto

Secara fungsi, piring di bawah pot bertujuan untuk menampung air yang keluar dari lubang drainase pot saat tanaman di siram. Peran piring ini cukup penting sebagai bagian dari drainase yang baik. Air yang keluar dari lubang pot akan ditampung sementara waktu hingga air berhenti menetes. Kemudian, jangan biarkan air tertampung terlalu lama dan segera bersihkan.

Tanpa piring di bawah pot, maka air akan menggenang dan sulit dibersihkan. Akibatnya air yang keluar akan diserap kembali oleh akar dan membuat drainase nggak berjalan dengan baik. Maka dari itu, peran piring di bawah pot seperti ini cukup penting.

Advertisement

2. Mencegah air kembali ke tanah yang bisa mengganggu pertumbuhan akar tanaman

Pot dengan piring di bawahnya | Credit by topper2000 on Depositphoto

Manfaat pentingnya piring di bawah pot berikutnya adalah untuk mencegah air menggenang dan kembali diserap tanah. Jika bagian bawah pot nggak diberi piring, maka bagian bawah pot akan menjadi tempat genangan air yang sudah tercampur dengan zat-zat tanah. Jika ini dibiarkan bisa menimbulkan bau tak sedap.

Air yang menggenang cukup lama setelah tanah disiram memungkinkan air untuk menguap dan kembali diserap tanah. Jika hal ini terjadi ternyata bisa menyebabkan kejenuhan akar, sehingga proses pertumbuhan tanaman dapat terganggu. Akibat yang lebih parah bisa membuat akar berjamur.

3. Menjaga kelembapan akar, sehingga nggak gampang busuk

Tanaman tumbuh dengan baik | Credit by jamdesign on Depositphoto

Advertisement

Air yang tertampung pada piring di bawah pot lebih mudah dibersihkan, sehingga bisa mencegah tanah jadi terlalu lembap. Kondisi tanah yang terlalu lembap dalam waktu yang lama membuatnya jadi mudah berjamur dan muncul hewan yang merusak akar. Jika ini dibiarkan, akar mudah busuk sehingga tanaman bisa mati.

Apalagi pada jenis tanaman yang hanya bisa terkena sinar matahari sebentar, kondisi ini semakin membuat tanah semakin lembap. Maka dari itu, tanaman pot yang diletakkan di dalam ruangan sangat memerlukan piring sebagai tatakan di bawah untuk menampung sisa penyiraman dan menjaga kelembapan tanaman.

4. Supaya perawatan tanaman lebih praktis dan ruangan jadi lebih bersih

Memudahkan perawatan | Credit by MexChriss on Depositphoto

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, piring di bawah pot juga sangat penting supaya air nggak mengotori perabot atau lantai. Bayangkan saja jika pot yang diletakkan di sudut ruangan disiram tanpa ada piring di bawahnya, maka bisa dipastikan ruangan jadi becek karena airnya nggak ada yang menampung.

Selain itu, menyiram tanaman pun jadi lebih mudah, karena nggak perlu membawa pot ke luar ruangan jika nggak mau airnya membasahi perabotan atau lantai. Maka dari itu, peran piring di bawah pot ini cukup penting secara fungsi dan manfaat bagi tanaman, serta memudahkan perawatannya.

Mulai sekarang, jangan abaikan piring di bawah pot ya, apa lagi jika tanaman diletakkan di dalam ruangan. Selain menambah nilai estetika, piring juga bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman, dan memudahkan perawatannya. Jangan lupa, kalau airnya sudah penuh langsung dibuang ya, biar nggak bau dan jadi sarang penyakit!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...