Nggak cuma cewek yang mengeluh bibirnya hitam atau berwarna gelap, beberapa cowok juga. Kebanyakan orang tahunya bibir hitam itu disebabkan karena merokok. Ya itu bagi yang merokok, gimana kalau yang nggak merokok atau sudah berhenti merokok?

Rupanya ada beberapa kebiasaan yang bisa bikin bibir berubah jadi kehitaman. Coba deh telisik dulu biar kamu bisa lebih efektif cara mengatasinya. Kan demi penampilanmu juga…

1. Bibir terlalu kering sampai pecah-pecah yang akhirnya menggelap perlahan

bibir kering dan pecah-pecah via naturallydaily.com

Advertisement

Kebanyakan orang sering menjilat bibir dan membasahinya dengan air liur. Tujuannya sih untuk melembapkan, biar bibirnya basah terus, tapi kebiasaan ini justru bikin bibir makin kering lo. Ketika kulit bibir kering, maka pigmen warna bibir bisa berubah jadi lebih gelap.

Mending pakai lip balm atau pelembap bibir lainnya.

2. Keseringan terpapar matahari juga memengaruhi warna bibir yang akhirnya berpeluang jadi kehitaman

terpapar matahari via www.istockphoto.com

Penyebab bibir hitam lainnya adalah hiperpigmentasi atau terlalu banyak produksi melanin dalam tubuh sehingga memengaruhi warna kulit, termasuk warna bibir. Nah, kondisi hiperpigmentasi ini terbentuk akibat terlalu sering terpapar sinar matahari.

Advertisement

Gunakan pelembap bibir yang mengandung SPF untuk mencegah bibir jadi kehitaman.

3. Bisa juga karena kamu kekurangan hemoglobin dalam darah atau anemia

Hemoglobin adalah zat yang membawa oksigen dan zat gizi di dalam darah. Zat inilah yang memberi warna merah pada darah. Kalau kamu kekurangan hemoglobin alias anemia, maka kulit di beberapa bagian tubuhmu akan mengalami perubahan warna, termasuk pada bibir juga.

4. Jangan-jangan kamu nggak nyadar kalau pakai lipstik yang sudah kedaluwarsa? Lah, pantasan saja…

lipstik kedaluwarsa via www.studiobranca.com

Kayaknya nggak cuma kamu yang sering menyimpan lipstik dalam waktu yang lama karena memang belum habis dan sayang untuk membuangnya. Nah, kebiasaan kayak gini juga bisa jadi penyebab bibir jadi hitam lo. Terutama kalau lipstiknya sudah kedaluwarsa atau sudah jelek kualitasnya.

5. Bukan cuma merokok yang jadi biang kerok, tapi kafein dan minuman beralkohol juga

minum kopi via globalnews.ca

Minuman kafein adalah salah satu penyebab bibir hitam karena zat diuretiknya. Terlalu banyak zat diuretik di dalam tubuh akan mengakibatkan dehidrasi karena cairan terus keluar melalui urin. Sama halnya dengan alkohol yang juga bikin dehidrasi. Padahal kalau sudah dehidrasi, bibir jadi pecah-pecah, nggak sehat, dan warnanya berubah jadi lebih gelap.

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau bibir hitam itu nggak cuma disebabkan karena merokok? Baiknya hindari kebiasaan-kebiasaan atau hal-hal yang bisa memicu kondisi di atas kalau kamu pengen bibirmu kembali cerah merona.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya