Keseleo dan terkilir sering kali disama-artikan, padahal keduanya berbeda. Keseleo adalah cedera yang diakibatkan oleh peregangan otot ligamen yang melebihi kapasitas normal, sedangkan terkilir adalah jenis cedera ligamen yang diakibatkan oleh robeknya serat-serat ligamen. Ligamen sendiri adalah pita kuat dan elastis yang menghubungkan antar tulang dan menahan persendian agar tetap pada tempatnya.

Gejala keseleo adalah sakit dan bengkak pada sambungan tulang, biasanya terjadi pada bagian pergelangan kaki dan lutut. Bagian yang bengkak tersebut biasanya membiru atau menghitam dan terasa empuk jika diraba. Semakin parah cedera yang kamu alami, pembengkakan akan semakin besar serta terasa nyeri. Oleh karena itu sebelum semakin parah, kamu harus tahu pertolongan pertama yang harus kamu lakukan saat mengalami keseleo. Berikut ulasan dari Hipwee Tips!

1. Istirahatkan kaki yang keseleo. Jangan dipaksa bergerak atau malah makin parah kondisinya

istirahatkan kaki via www.oroitu.com

Advertisement

Berhentilah dari segala aktivitas yang kamu lakukan. Luruskan kaki di permukaan yang datar. Biarkan otot beristirahat, jangan dulu paksakan kaki yang keseleo tadi untuk berjalan atau berlari karena akan semakin memperparah kondisi otot kaki.

2. Lakukan terapi es dengan mengompresnya menggunakan es batu

kompres dengan es via imagenesmy.com

Gunakanlah kantong es yang telah diisi es batu atau air es untuk mengompres kaki yang keseleo, jika tidak ada cukup ambil beberapa es batu lalu bungkus dengan kain tipis yang bersih. Terapi es berguna untuk mencegah pembengkakan dan mengurangi rasa sakit.

3. Balutlah kaki yang keseleo dengan perban yang elastis

perban kaki yang keseleo via id.vetwrap-shprema.com

Perban bagian yang keseleo untuk membatasi pergerakan yang bisa memperparah gejala. Gunakan perban elastis yang terbuat dari neoprene. Jangan terlalu kencang karena dapat menghambat aliran darah.

4. Angkatlah pergelangan kaki di posisi yang lebih tinggi dari jantung

tinggikan posisi kaki via www.amphysio.com.au

Advertisement

Tinggikan posisi pergelangan kaki di atas jantung selama 48 jam pertama, angkat selama 2-3 jam perhari jika memungkinkan. Hal ini akan membuat risiko memar dan bengkak menurun.

5. Minumlah obat pereda rasa nyeri, terlebih kalau sakitnya nggak tertahankan lagi

ibuprofen via jogja.tribunnews.com

Pembengkakan pada keseleo dapat mengakibatkan rasa nyeri tak tertahankan. Untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan, minumlah obat-obatan dari golongan Non-Streroidal Anti-Inflammatory (NSAID) seperti ibuprofen, aspirin, acetaminophen atau naproxen.

6. Ketika lagi keseleo, hindari hal-hal berikut ini. Jangan dilawan pokoknya!

perlu dihindari via www.hipwee.com

Hindari memijat bagian kaki yang keseleo, jangan mengonsumsi alkohol, hindari bahan panas seperti koyo atau air hangat.

Itulah tadi langkah pertolongan pertama pada keseleo, jika pembengkakan tidak kunjung membaik dan gejala tampak semakin parah, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pertolongan medis lanjutan!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya