7 Hal Remeh Penyebab Perut Buncit yang Nggak Melulu Banyak Makan. Pantesan Susah Kempisnya

Perut buncit

Tahukah kamu? Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga akan sia-sia jika tak diimbangi dengan menghindari apa yang jadi penyebabnya. Penyebab perut buncit bisa karena banyak hal, salah satunya ialah kondisi hormon bawaan tubuh. Mestinya kamu lebih berhati-hati karena perut buncit juga jadi indikasi adanya penyakit di dalam tubuh. Apalagi perut buncit bisa dialami oleh siapa saja lo! Bahkan ada beberapa orang orang yang punya perut buncit tapi badan kurus.

Advertisement

Usut punya usut, ternyata ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu perut buncit. Padahal jika tak diubah dan terus dilakukan, hal ini akan membuat perut buncit terasa penuh dan sesak, terutama setelah makan. Nah, untuk mendukung diet perut buncit agar berhasil, mulai sekarang hindari hal-hal sepele yang jadi pemicu perut buncit wanita maupun pria berikut ini.

1. Perut buncit setelah makan akan makin membesar jika kamu masih sering makan larut malam atau langsung tidur setelah makan

makan larut malam | credit: Deposit Photos via id.depositphotos.com

Sehabis makan, tunggulah setidaknya 1 sampai 2 jam sebelum berangkat tidur. Sebab, tidur setelah makan akan membuat kinerja dari sistem pencernaan nggak lancar dan mengganggu proses pembakaran lemak. Selain memicu perut buncit bagian bawah, kebiasaan ini ternyata juga dapat meningkatkan risiko asam lambung. Gejala yang paling sering ditunjukan ialah perut buncit dan sering sendawa.

2. Kebanyakan duduk dan jarang olahraga juga jadi salah satu pemicu perut buncit seperti hamil

kebanyakan duduk | credit: Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Penelitian mengungkap bahwa orang yang terlalu banyak duduk cenderung memiliki perut buncit. Penyebabnya karena kalori makanan dan lemak yang menumpuk karena nggak dibakar setelahnya. Apalagi jika posisi dudukmu nggak benar dan bikin bungkuk. Otomatis, lemak akan tertimbun di bagian perut dan membentuk lipatan.

Advertisement

Kebiasaan ini mungkin sulit dihindari karena tuntutan pekerjaan atau hal lainnya. Kamu bisa meminimalisirnya dengan melakukan olahraga ringan di sela-sela duduk, misalnya berjalan kaki 5 menit. Atau, kamu dapat melakukan olahraga mengecilkan perut buncit sesaat sebelum duduk lama.

3. Sering mengonsumsi minuman bersoda, makanan manis, dan junk food juga bisa memicu perut buncit dan keras

minum soda, makan junk food | credit: Szabo Viktor via unsplash.com

Ketiga makanan di atas memiliki jumlah kalori yang lebih banyak daripada sepiring nasi lo! Jadi, wajar saja jika konsumsi tiga makanan ini bisa membuat perut jadi buncit. Apalagi kandungan lemak jahat di dalam makanan cepat saji sulit dicerna tubuh. Makanya kalau mau mengecilkan perut buncit, kamu mesti menghindari tiga jenis makanan ini. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan lingkar perut ideal meski tak mencoba cara mengecilkan perut buncit dengan jeruk nipis.

4. Kebiasaan makan dengan piring berukuran besar pun dapat menyebabkan perut buncit lo! Kok bisa ya~

makan pakai piring besar | credit: Ketut Subiyanto via www.pexels.com

Sebuah studi menyebut kalau ukuran piring bisa memengaruhi jumlah makanan yang diambil. Makin besar piring, makin banyak pula porsi yang diambil karena otak akan berpikir kalau tubuh belum mendapatkan asupan makanan yang cukup. Sebenarnya, cara mengecilkan perut buncit pada pria dan wanita itu gampang lo! Salah satunya dengan mengganti piring makan ke ukuran yang lebih kecil. Cara ini lebih efektif dan aman daripada cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga dalam 3 hari dengan diet ekstrem.

Advertisement

5. Segala cara mengecilkan perut buncit secara alami nggak akan pernah berhasil kalau kamu masih sering begadang

kurang tidur | credit: Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon leptin atau hormon yang dapat mengatur rasa lapar dan haus. Sayangnya, hormon ini akan mengalami gangguan jika waktu tidurmu kurang. Akibatnya, hormon leptin malah akan menyimpan lemak di bagian perutmu. Untuk itu, mulai sekarang cukupilah waktu tidurnya. Idealnya orang dewasa mesti tidur sekitar 7 hingga 8 jam di malam hari.

6. Stres memang cukup banyak memengaruhi kondisi tubuh, termasuk perut buncit sesak nafas

stres pemicu perut buncit | credit: Christian Erfurt via unsplash.com

Saat stres, beberapa orang mungkin akan mengalami peningkatan nafsu makan yang secara otomatis bisa menyebabkan penumpukan lemak berlebih di bagian perut. Apalagi hormon kortisol alias hormon stres ternyata dapat meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh dan melebarkan ukuran sel lemaknya, melansir laman Hello Sehat.

7. Kebiasaan merokok dan mengonsumi alkohol akan mengacaukan cara mengecilkan perut buncit pada wanita maupun pria jadi sia-sia. Nggak akan pernah berhasil!

merokok dan minum alkohol | credit: fotografierende via unsplash.com

Beberapa studi menyebut bahwa merokok dan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan penambahan berat badan di sekitar perut pria dan wanita. Bahkan para ilmuwan dari University of Glasgow menemukan kalau rokok bisa mendorong lemak menuju ke daerah inti tubuh dan membuat perut jadi lebih besar, mengutip laman Kompas.

Coba perhatikan lagi seperti apa gaya hidupmu saat ini. Kalau beberapa hal di atas masih sering dilakukan, wajar saja jika perutmu terus membesar. Daripada mesti diet ekstrem, kecilkan perut buncit dengan menghindari penyebabnya dulu. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE