7 Ramuan Masker Rambut Alami Bikinan Sendiri yang Ampuh Bikin Mahkotamu Sehat dan Berseri

Masker rambut

Kalau kamu tipe orang yang telaten dan suka cara-cara sehat untuk merawat tubuhmu, artikel ini sepertinya cocok buat jadi bahan referensi. Karena sejatinya, merawat anggota badan itu memang harus total dan kontinyu, dari ujung kepala hingga ujung kaki wajib kamu rawat agar aset masa depanmu tetap terjaga.

Advertisement

Nggak melulu bertujuan untuk tampil cantik, tampan, atau sempurna. Merawat tubuh juga membuatmu menjadi pribadi yang disiplin dan tahu arti penting kesehatan. Nah, kali ini Hipwee akan memberikan tips membuat masker rambut alami sendiri di rumah, tentunya dari bahan-bahan yang sehat dan murah. Cowok-cowok yang merasa punya masalah rambut, boleh banget kok baca artikel ini juga. Nggak perlu masker rambut di salon lagi~

1. Rambut berkilau ala salon nggak mustahil lagi kamu dapatkan. Masker alami dengan cuka apel ini bisa jadi pilihan

cuka apel | credit: fichte7 via pixabay.com

Selama ini kamu bermasalah dengan rambut yang kusam dan rusak? Nggak usah khawatir lagi, masker alami dari cuka apel ini bisa membantumu. Siapkan bahan-bahan ini dulu, ya!

  • jar kosong dan bersih
  • 3 sdm minyak kelapa
  • 170 gram madu
  • 25 ml cuka apel
Advertisement

Ini langkah-langkah membuat masker cuka apelmu:

  • masukkan 25 ml cuka apel dalam jar,
  • tambahkan 170 gram madu, campur rata,
  • masukkan 3 sdm minyak kelapa pada campuran madu dan cuka apel,
  • setelah semua bahan masuk, tutup jar dan goyang-goyangkan sampai cairan berubah warna,
  • masukkan jar ke microwave selama 30 detik agar minyak bercampur sempurna dengan madu dan cuka apel,
  • voila! jadi deh masker cuka apelmu 🙂

Kamu bisa memakai masker rambut alami ini setelah keramas seperti biasa, lalu bilas dengan air sampai bersih. Gunakan 2 kali seminggu agar maksimal, ya!

Advertisement

2. Telur dan yoghurt nggak cuma enak dimakan, mencampurkan keduanya sebagai masker bisa menghasilkan rambut kuat nan idaman

telur dan yoghurt | credit: Racool_studio via www.freepik.com

Siapa sih yang nggak tahu kalau kandungan protein dalam telur itu menyehatkan buat rambut? Campurkan 2 butir telur dan 2 sendok yoghurt dalam mangkuk dan aduk rata. Gunakan setelah keramas selama 20 menit, lalu bilas. Jangan lupa menggunakannya rutin, ya. Dengan masker rambut alami untuk rambut kering dan mengembang ini, punya rambut kuat dan sehat nggak cuma mimpi deh~

3. Coba juga masker rambut alami dari lidah buaya yang gampang banget bikinnya ini

lidah buaya | credit: jcomp via www.freepik.com

Yuk, creambath ala salon dengan masker rambut yang bagus untuk rambut rontok ini, guys! Untuk memulai, siapkan bahan-bahannya dulu:

  • tiga buah lidah buaya segar
  • vitamin rambut siap pakai
  • 1 buah sendok
  • 1 wadah kosong dan bersih
  • pisau

Cara membuatnya:

  • belah lidah buaya hingga terlihat dagingnya,
  • keruk daging lidah buaya,
  • campurkan daging lidah buaya dengan lima tetes vitamin rambutmu. Aduk rata.
  • simpan adonan masker tadi dalam kulkas. Gunakan ketika adonan sudah mengental.

Setelah keramas, masker rambut lidah buaya tadi bisa kamu gunakan. Pijat juga selama 5-15 menit, lalu bungkus rambut dengan handuk panas lalu diamkan selama 10-15 menit, bilas. Mudah, kan?

4. Bikin deep conditioner sendiri dengan santan kelapa agar rambutmu bebas ketombe

santan kelapa | credit: jcomp via www.freepik.com

Sebel sama rambut berketombe karena bikin gatal dan nggak nyaman? Bikin masker rambut alami dari santan kelapa aja deh biar ketombe rambutmu pada minggat. Siapkan dulu bahan-bahan ini:

  • 1/4 cup santan kelapa
  • 2 sdt madu
  • 1 buah kapsul vitamin E
  • 2 tetes air mawar dan gliserin

Cukup campur saja semua bahan-bahan di atas dan oleskan pada rambut yang sudah bersih, tutup dengan shower cap selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, rambut lembut bebas ketombe siap memanjakanmu!

5. Terganggu banget sama rambut berminyak? Atasi saja dengan masker alami dari lemon dan yoghurt ini

lemon | credit: Elena Kloppenberg via unsplash.com

Tanpa perlu repot, siapkan saja bahan-bahan ini:

  • 5 sdm yoghurt
  • 1 sdm baking soda
  • 1 sdm sari lemon

Cukup baurkan semua bahan-bahan masker rambut yang bagus untuk rambut berminyak tadi dalam wadah bersih. Oles dan pijat ke kulit rambut dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih. Agar maksimal, gunakan seminggu sekali, ya!

6. Rambut kering juga nggak kalah nyebelinnya! Kalau nggak mau ribet ke salon, manfaatkan buah alpukat sebagai masker alamimu

alpukat | credit: dashu83 via www.freepik.com

Alpukat adalah buah yang kaya dengan vitamin E dan sangat baik buat kulit serta rambutmu. Nggak heran kalau alpukat baik untuk dijadikan masker rambut kering dan mengembang. Begini langkah-langkahnya:

  • siapkan 1 buah alpukat matang dan segar,
  • keruk daging buahnya, buang bijinya,
  • dengan menggunakan tangan, pijatkan lembut daging buah tadi ke rambutmu,
  • diamkan selama 20 menit, bilas dengan kondisioner atau air hangat.

Wah, ternyata gampang ya bikin rambut kering jadi lembap cuma dengan buah alpukat 🙂

7. Punya rambut yang wangi dan lembap sepanjang hari, siapa sih yang nggak mau? Campuran madu, yoghurt, dan minyak almon ini jawabannya

madu | credit: Alexander Mils via unsplash.com

Rambut wangi, sehat, dan lembap sepanjang hari memang jadi dambaan setiap orang. Kalau kamu termasuk juga nggak? Jika iya, coba deh manfaatkan waktu weekend-mu buat maskeran dengan campuran madu, yoghurt, dan minyak almon.

Campur saja ketiga bahan masker rambut terbaik tadi, aduk rata dan pijat ke rambut, lalu diamkan 10 menit setelah keramas. Bilas bersih dan lakukan ritual ini seminggu sekali agar rambutmu tetap wangi dan sehat sepanjang hari. Racikan ini cocok untuk dijadikan masker rambut yang bagus untuk rambut smoothing, nih!

Jadi, masih males buat ngerawat rambut kalau ternyata ada masker-masker alami yang murah dan aman ini? Cara masker rambut tanpa harus ke salonnya mudah lagi. Nggak perlu lagi deh belanja masker rambut di Indomaret atau masker rambut sachet yang harganya belum tentu sesuai dengan khasiatnya. Yuk, coba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE