7 Trik Meredam Suara Bising Kendaraan Buatmu yang Rumahnya di Pinggir Jalan. Bisa Tidur Tenang!

Rumah pinggir jalan

Rumah yang berlokasi di pinggir jalan selalu jadi incaran banyak orang. Selain mudah aksesnya, biasanya rumah pinggir jalan juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha. Meski punya banyak keuntungan, namun rumah pinggir jalan juga tetap memiliki kekurangan. Nggak cuma debu yang terus masuk ke dalam rumah, karena banyaknya kendaraan yang lalu-lalang, rumah pun jadi lebih berisik. Padahal, setiap penghuni ingin rumahnya tenang dan nyaman.

Daripada terus merasa terganggu dan tidur jadi nggak tenang, cobalah redam suara bising dari luar dengan melakukan beberapa cara ini. Nggak ribet dan pastinya efektif.

1. Dengan menanam semak dan pepohonan di sepanjang pagar halaman rumah, suara bising bisa kamu redam

tanaman depan gerbang via tiperumah.com

Advertisement

Kamu bisa memilih tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni dan bisa bantu menghias rumah juga. Agar makin efektif, kamu bisa menempatkan gundukan tanah sebagai pembatas rumah dan jalan raya.

2. Pasanglah panel akustik pada dinding rumah

panel akustik dinding via www.pinterest.com

Panel akustik ini bentuknya menyerupai bahan gipsum yang tipis, berlubang dan memiliki lapisan akustik setipis tisu. Nah, lubang pada panel ini fungsinya untuk menyerap suara dari luar sehingga tertahan dan nggak masuk ke dalam rumah. Nggak cuma dingin, peredam ini juga bisa kamu gunakan untuk plafon rumah.

3. Karena langsung menghadap ke jalan, kamu juga perlu memperhatikan material pintu

material tebal via pintukayujati.com

Pakailah pintu yang materialnya kenyal dan dari papan yang cukup tebal. Usahakan nggak ada celah yang bisa menimbulkan suara bising masuk. Nah, daun pintunya bisa kamu beri karet atau benda elastis lain agar makin efektif meredam suara.

4. Nggak cuma menghalau sinar matahari, gorden pun bisa mengurangi suara bising dari luar rumah

pasang gorden via www.dekoruma.com

Advertisement

Meski nggak banyak, namun suara yang diredam gorden setidaknya bisa membuat istirahatmu lebih tenang. Pakailah gorden berbahan tebal, seperti wol dan beludru yang memiliki daya serap suara yang baik. Kamu bisa melapisi gorden dengan bahan yang lebih tipis supaya sinar matahari bisa masuk ke rumah.

5. Meletakkan karpet juga bisa jadi salah upaya untuk meredam suara

pakai karpet via rumahku019.blogspot.com

Pilihlah karpet tebal agar peredaman suara bisa lebih efektif. Kamu bisa menempatkan karpet ini di beberapa titik dalam rumah yang mana sering dipakai beraktivitas, di kamar tidur atau ruang keluarga misalnya.

6. Kamu juga bisa mengalihkan pintu dan jendela ke samping rumah

jendela di samping rumah via bangun-rumah.com

Memang sih, harus tetap ada pintu yang menghadap jalan, namun jika ingin mengurangi suara kamu bisa memasang pintu lain di samping rumah saja. Buatlah rumah berbentuk L agar pintu dan jendela lain nggak langsung menghadap ke jalan.

7. Adanya rak buku juga bisa bantu meredam suara lo!

ada rak buku via www.ikea.co.id

Selain membuat rumah lebih cantik, buku juga bisa kamu gunakan utnuk meredam suara bising. Agar makin efektif, kamu bisa menempatkan buku ini di rak tinggi dan tempatkan pada sudut yang dekat jalan raya. Namun, perhatikan jumlah bukunya supaya rak nggak roboh.

Meski banyak kendaraan berlalu lalang dan membunyikan klakson, kamu nggak perlu khawatir rumahmu jadi bising kalau cara-cara ini sudah diterapkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE