Semakin hari rasanya dunia semakin panas. Polusi udara dan sampah di mana-mana selalu jadi wacana besar yang digaungkan untuk disudahi. Sudah banyak gerakan-gerakan yang mengajak kita untuk mencintai dan melestarikan bumi. Tapi terkadang gerakan itu terlalu besar dan sulit untuk kita lakukan, terutama bagi anak kos.

Tenang, sebagai anak kos, kita juga bisa melakukan sesuatu sebagai upaya ikut serta mencintai bumi. Melalui beberapa hal sederhana ini, kamu bisa melestarikan bumi tanpa perlu jadi aktivis terlebih dahulu.

1. Mencintai bumi berarti menyangi air. Gunakan air secukupnya sesuai kebutuhanmu!

gunakan air secukupnya via www.freepik.com

Advertisement

Salah satu langkah awal yang bisa kita mulai untuk mencintai bumi adalah dengan menggunakan air secukupnya, Jangan sampai kamu menyia-nyiakan air hanya untuk hal-hal yang tidak penting ya! Misalnya, gunakan takaran air yang cukup saat kamu mencuci atau mandi. Tapi bukan lantas kamu jadi malas mandi lo ya~

2. Selalu matikan lampu dan jangan biarkan ada aliran listrik yang menganggur di kamar

matikan lampu saat tidak dipakai via www.freepik.com

Hal yang sering keluputan oleh anak kos adalah menghemat penggunaan listrik. Kamu bisa mulai dari mematikan lampu sebelum pergi atau saat tidur. Jika kamu adalah tipe orang yang nggak bisa tidur tanpa lampu, kamu bisa gunakan lampu dengan watt kecil atau lampu tidur. Hindari juga kebiasaan membiarkan cas HP masih nyolok padahal sudah nggak digunakan lagi.

3. Pakai transportasi umum kemana-mana atau nebeng teman kalau ingin pergi bersama. Hemat energi dan biaya, juga mengurangi polusi

ayo naik bus! via www.freepik.com

Menghemat energi ala anak kos adalah dengan mengurangi pemakaian transportasi pribadi. Sebisa mungkin, gunakanlah transportasi umum kalau hendak pergi sendirian. Atau, kamu bisa nebeng kalau perginya bareng teman. Selain menghemat energi, juga menghemat uang, kan?

4. Kurangi penggunaan plastik! Selalu bawa tempat minum dan tas belanja ke mana-mana

membawa botol minum via www.freepik.com

Advertisement

Membawa botol minum kesayangan dan tas belanja saat pergi adalah langkah bijak yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penggunaan plastik. Oh iya, saat kamu memesan minum, kamu bisa minta untuk tidak menggunakan sedotan plastik lo!

5. Pilah sampahmu sesuai jenisnya supaya mudah untuk didaur ulang di tempat pembuangan sampah.

memilah sampah via www.freepik.com

Ketika mengonsumsi atau membeli sesuatu, pasti akan ada sampah yang tersisa. Seringkali kita hanya sekadar membuang sampah dan lupa untuk memilahnya. Ada baiknya, pilah-pilah sampah organik dan anorganik terlebih dulu sebelum dibuang. Nantinya kamu akan bisa memilah sampah dengan lebih spesifik jika sudah terbiasa. Cara ini sangat membantu pemilahan sampah di TPA lo!

6. Berkreasi dengan barang-barang bekas di sekitarmu. Reuse and recycle gitu~

memanfaatkan barang bekas via ubmgracianatasha.wordpress.com

Sebagai anak kos, kreatif itu diperlukan. Banyak barang-barang yang tidak terpakai bisa kita sulap sebagai benda yang lebih bermanfaat. Misalnya kamu bisa membuat dekorasi kamar dari pakaian yang tidak terpakai, keset dari baju bekasmu, atau membuat lampu tidur dari kardus. Ingat ya, selain reduce, kita perlu juga untuk reuse dan recycle.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mencintai bumi, kan? Yuk, sama-sama menjaga bumi dari hal-hal kecil!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya