Membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian tak cukup hanya dengan cuci muka. Butuh teknik dan produk yang tepat agar sisa-sisa makeup, minyak, keringat dan kotoran dapat terangkat sempurna. Itulah mengapa kamu perlu melakukan double cleansing sebelum mencuci muka. Double cleansing sendiri adalah teknik membersihkan wajah dengan dua kali tahapan pembersihan.

Tahapan paling dasar adalah first cleansing atau menghapus makeup dan kotoran menggunakan produk pembersih yang disebut first cleanser. Ada bermacam-macam pilihan  first cleanser yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu. Penasaran apa aja? Simak penjelasannya bareng Hipwee Tips berikut!

1. Cleansing oil

cleansing oil via journal.sociolla.com

Advertisement

Cleansing oil merupakan pembersih dengan bahan dasar minyak. Karena minyak bersifat lipofilik, cara kerja cleansing oil adalah menarik dan melarutkan minyak lainnya termasuk bahan-bahan makeup dan sebum yang dihasilkan oleh kulit. Cleansing oil cocok digunakan untuk kulit kering karena dapat berfungsi untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit.

2. Cleansing balm

cleansing balm via www.mothermag.com

Cleansing balm pada dasarnya adalah produk pembersih wajah yang mempunyai tekstur padat seperti balsem namun bentuknya akan meleleh atau lumer menjadi seperti minyak saat diaplikasikan ke wajah. Cleansing balm cocok digunakan untuk kulit sensitif karena lembut di wajah dan dapat membersihkan tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit wajah.

3. Cleansing cream

cleansing cream via bubblymichelle.com

Cleansing cream merupakan produk pembersih wajah yang hampir sama seperti cleansing balm namun teksturnya lebih cair dan ringan di wajah. Cleansing cream cocok digunakan untuk semua jenis kulit wajah karena lembut dan tidak terlalu berminyak.

4. Milk Cleanser

milk cleanser via www.wellandgood.com

Advertisement

Milk cleanser adalah produk pembersih wajah bertekstur kental seperti susu yang dapat digunakan untuk mengangkat minyak dan kotoran di wajah tanpa membuat kulit terasa kering. Milk cleanser terbuat dari emulsi alami minyak dan air sehingga bertekstur lebih ringan dan lembut. Milk cleanser cocok digunakan untuk jenis kulit normal.

5. Micellar water

micellar water via www.businessinsider.com

Micellar water pertama kali ditemukan di Perancis, dulunya micellar water diciptakan sebagai pengganti air karena kualitas air di kota Paris yang kurang baik. Micellar water mengandung micelles yaitu partikel-partikel minyak berukuran mikro yang disatukan ke dalam molekul air.

Micellar water mempunyai formula yang efektif untuk menghapus makeup karena partikel-partikel minyak tersebut mampu mengikat serta mengangkat berbagai kotoran yang menempel di wajah. Micellar water cocok digunakan untuk kulit berminyak maupun berjerawat.

Nah, setelah membersihkan wajah menggunakan first cleanser, kamu tetap wajib mencuci muka dengan facial wash sebagai second cleanser, ya! Dari berbagai pilihan first cleanser di atas, yang mana yang sudah kamu coba?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya