Kamu punya rice cooker yang bertengger dengan kalem di kamar kost-mu? Kalau selama ini kamu hanya menggunakannya untuk menanak nasi, sebenarnya kamu sedang mengabaikan keserbagunaan rice cooker, lho. Iya, walaupun namanya ‘rice cooker’, benda ini juga bisa kamu manfaatkan untuk memasak makanan selain nasi.

Apalagi di musim hujan seperti ini kesempatanmu mencari makan di luar kost lebih terbatas. Daripada harus menerjang hujan dan mengantre giliran memesan sambil basah kuyup, lebih asyik kalau kamu memasak sendiri saja di kamar, ‘kan?

Advertisement

Nggak perlu takut kalau tidak punya dapur. Kali ini, Hipwee akan memberi tahu gimana kamu bisa memasak hanya dengan rice cooker-mu. Simak, yuk!

1. Rice cooker ternyata bisa dimanfaatkan untuk memasak mie instan

Bisa untuk masak mie via fikriinformationcenter.wordpress.com

Hujan deras bisa membuatmu tiba-tiba lapar dan ngidam mie instan. Eits, nggak perlu pergi ke warung untuk memesannya. Pakai saja rice cooker-mu untuk memasaknya.

Caranya, isi panci rice cooker-mu dengan air. Kemudian, rebuslah air itu hingga mendidih. Untuk merebusnya, pastikan tombol berada pada posisi “COOK” sehingga rice cooker dapat berfungsi sebagai kompor. Setelah itu, masukkan mie instan dan tunggu hingga matang.

2. Menceplok telur harus pakai wajan? Pakai rice cooker juga bisa dilakukan

Telur mata sapi via princessdeanna20.blogspot.com

Advertisement

Gimana caranya? Kamu hanya perlu mengaktifkan tombol “COOK“, memanaskan margarin di dalam panci rice cooker, dan menggoreng telur sesuai seleramu. Bisa didadar, dibuat mata sapi, atau bahkan diorak-arik.

Tapi ingat, jangan gunakan sodet besar berbahan logam karena ini akan merusak lapisan permukaan panci. Gunakanlah sodet berbahan kayu atau sendok makan sebagai alat untuk menggorengnya.

Selain itu, sebenarnya kamu tidak harus menggunakan margarin untuk menggoreng. Kamu bisa tetap menggunakan minyak goreng biasa. Namun, menggunakan margarin akan lebih hemat dan membuat panci mudah untuk dibersihkan. Tidak ada minyak sisa yang terbuang sia-sia, deh.

3. Karena nasi putih bikin bosan, kenapa gak bikin nasi kuning dan nasi uduk saja?

Nasi goreng via ayanguyang.wordpress.com

Kata siapa memasak nasi kuning, nasi uduk, dan nasi goreng itu ribet? Dengan bantuan rice cooker dan bumbu sachet instan, kamu bisa membuat masakan nasi tersebut hanya dalam beberapa langkah saja.

Pertama, cuci beras hingga bersih dan masaklah menggunakan rice cooker. Setelah mulai terlihat asap, cek tingkat kematangan nasimu. Jika airnya sudah mulai menyusut, masukkan bumbu instan sesuai pilihan, dan aduk hingga merata. Tutup kembali rice cooker-nya dan tunggu hingga nasi benar-benar sudah matang.

4. Segarnya jelly dan agar-agar mudah tercipta dari rice cooker yang ada di rumah

Bisa membuat jelly dari rice cooker via bundaninucakeshop.blogspot.com

Memasak jelly dan agar-agar menggunakan rice cooker sebenarnya sama saja dengan menggunakan kompor. Pertama, campurkan bubuk jelly atau bubuk agar-agar dengan 3,5 gelas air ke dalam panci rice cooker. Tambahkan gula pasir sesuai selera, aduk hingga merata dan tak menggumpal. Kemudian, aktifkan mode “COOK” dan aduk terus larutan hingga mendidih.

Setelah mendidih, jangan langsung tuang larutan ke dalam cetakan; biarkan larutan untuk dingin sejenak. Jika sudah tidak terlalu banyak asap yang mengepul, tuangkan larutan ke dalam cetakan dan masukkan ke dalam kulkas supaya bisa cepat disantap.

5. Sup ayam lengkap bisa tercipta tanpa panci. Asal kamu punya rice cooker, semua bisa dilakoni

Sup enak ini bisa dibuat dengan rice cooker via ummiesya.blogspot.com

Sup ayam juga merupakan salah satu makanan yang bisa kamu masak menggunakan rice cooker. Untuk membuatnya, kamu perlu menyiapkan minyak goreng untuk menumis, 1 siung bawang putih, 1 potong ayam goreng — beli saja di warung —, bumbu sup instan, kaldu ayam bubuk, serta wortel atau sayuran lain sesuai selera.

Langkah-langkah membuatnya:

  • Tuangkan minyak ke dalam panci, sedikit saja, dan tunggu hingga panas. Setelah itu, tumis hingga harum bawang putih yang telah dicacah halus.
  • Masukkan air secukupnya dan rebus bersama dengan wortel yang sudah dipotong bulat-bulat. Tambahkan bumbu sup instan dan kaldu ayam bubuk sesuai selera.
  • Sambil menunggu mendidih, suwirlah ayam goreng yang telah kamu sediakan sebelumnya. Suwiran ayam ini untuk menguatkan rasa ayam pada kuah sup.
  • Masukkan suwiran ayam tersebut dan masak hingga wortel sudah matang dengan pas.

6.Sepiring bubur ayam nan hangat juga bisa kamu ciptakan

Nggak perlu beli di abang-abang lagi via theasiangrandmotherscookbook.wordpress.com

Cara memasak bubur sama saja dengan memasak nasi biasa. Hanya saja, jumlah air yang digunakan harus lebih supaya beras bisa lunak. Gunakan perbandingan 1:4 untuk memasak bubur. Jadi, jika kamu menggunakan beras sebanyak 1 gelas, maka gunakanlah air sebanyak 4 gelas.

Saat akan dimasak, tambahkan sedikit garam untuk memberi rasa gurih pada bubur nanti. Sediakan juga suwiran ayam goreng, bawang goreng, kecap, dan kerupuk untuk menambah nikmat bubur buatanmu ini.

7. Bikin pancake pakai rice cooker? Bisa!

Pancake jumbo via www.cookistry.com

Rice cooker juga bisa untuk membuat kue, lho! Panekuk atau pancake adalah salah satu contohnya. Untuk membuatnya pun kamu tidak perlu menyiapkan bahan dan alat yang begitu banyak, hanya perlu adonan pancake instan dan bahan-bahan penunjang yang telah dituliskan di boks adonan intsan tersebut. Campurkan semua bahan tersebut dan aduk hingga merata. Tidak perlu sampai benar-benar mengembang, yang penting semua sudah tercampur dengan baik.

Setelah semua tercampur, mulai proses memasak dengan mengaktifkan mode “COOK” dan tutup rice cooker dengan baik. Tunggu 40-45 menit dan siaplah mendapat kejutan seberapa besar pancake-mu kali ini.

Oiya, ada yang perlu diperhatikan. Buatlah adonan secukupnya dan jangan memenuhi panci rice cooker. Hal ini untuk menghindari adonan menempel pada tutup rice cooker saat mengembang.

8. Membuat pasta yang creamy juga tidak mustahil dilakoni!

Langkah-langkah membuat pasta sama saja dengan saat kamu membuat mie instan. Rebus pasta secukupnya, tambahkan sedikit garam dan margarin supaya pasta tidak lengket. Tunggu sekitar 8 menit hingga pastamu al dente alias masak, tapi tak lembek. Untuk sausnya, beli saja saus pasta siap saji yang banyak tersedia di pasar swalayan. Membuat pasta tidak lagi repot, ‘kan?

Nah, itu dia 8 makanan yang bisa kamu sajikan dengan rice cooker! Jadi, makanan apa yang akan kamu coba buat hari ini dengan rice cooker-mu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya