5 Alasan Pentingnya Sikat Gigi Sebelum Tidur. Lawan Rasa Malas dan Ngantuk demi Kesehatanmu!

Sikat gigi

Sikat gigi adalah salah satu upaya untuk mencegah penyakit mulut. Untuk itu, kamu disarankan menyikat gigi minimal dua kali sehari sebagai tindak preventifnya. Nah waktu yang dianjurkan untuk menyikat gigi yakni pada malam hari sebelum tidur dan pagi hari setelah sarapan. Dari kedua waktu tersebut, sayangnya sikat gigi sebelum tidur sering dilewatkan dan malah disepelekan. Padahal dampaknya sangat penting dan sama dengan sikat gigi pada pagi hari.

Advertisement

Selain anak-anak, nggak sedikit orang dewasa yang sering malas menyikat gigi sebelum tidur. Alasannya sih karena sudah terlalu capek, ngantuk, atau dingin. Ya, kalau begini jangan mengeluh jika sewaktu-waktu gigimu sakit dan gusi jadi sering berdarah. Buatmu yang masih sering menyepelekan, berikut beberapa alasan penting kenapa sikat gigi sebelum tidur itu wajib dilakukan.

1. Sikat gigi sebelum tidur dapat mengurangi penumpukan asam penyebab gigi gigis dan berlubang

mengurangi asam penyebab gigi gigis | credit: Kompas via sains.kompas.com

Pada dasarnya, air liur memiliki kandungan kalium yang dapat menetralkan asam dalam mulut. Namun sayangnya, produksi air liur pada malam hari biasanya menurun. Untuk itu, kamu perlu menyikat gigi menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride supaya kandungan air liur terkontrol dan zat asam penyebab gigi rapuh dapat dinetralkan.

Dengan rutin melakukan kebiasaan ini, kamu akan terhindar dari keluhan gigi keropos maupun terkikis. Untuk bentuk sikat giginya, bisa pakai yang apa saja, nggak kudu sikat gigi elektrik. Justru yang penting ialah kandungan dalam pasta gigi yang digunakan.

Advertisement

2. Rutin menyikat gigi sebelum tidur dapat mengurangi risiko bau mulut keesokan paginya

mencegah bau mulut | credit: boonchok via stock.adobe.com

Bakteri dalam mulut akan mencerna protein dan sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi dan gusi. Nah, protein yang dicerna inilah yang kemudian menghasilkan gas pemicu bau tak sedap pada rongga mulut. Karena kamu tahu bau mulut itu tak mengenakkan, lebih baik segera atasi dengan rajin sikat gigi sebelum tidur.

Jika kamu beralasan malas mengosok gigi karena sedang sakit, coba gunakan sikat gigi soft yang bulunya lebih lembut dan nggak menyebabkan ngilu di permukaannya. Banyak kok merek sikat gigi yang lembut, sikat gigi Sensodyne atau sikat gigi Pepsodent.

3. Kebiasaan sikat gigi sebelum tidur pun dapat mengurangi risiko kuman dan bakteri berkembang lebih cepat

Advertisement

cegah kuman penyebab karang gigi | credit: commons wikimedia via commons.wikimedia.org

Tentunya hal ini mendatangkan banyak manfaat pada kesehatan mulutmu. Salah satunya yakni terhindar dari risiko karang gigi maupun gigi keropos. Makanya penting untuk kita menyikat gigi sebelum tidur agar perkembangan bakteri dan kuman dalam rongga mulut bisa dicegah atau setidaknya diminimalisir pertumbuhannya.

Pastikan kamu juga menerapakan cara sikat gigi yang baik agar upaya preventif ini tak sia-sia. Mengutip laman Alodokter , sikat gigi yang baik umumnya dengan dilakukan selama 20 detik pada setiap bagian dengan gerakan memutar supaya bulu sikat lebih optimal mengangkat plak yang terselip di sela-sela gigi dan gusi.

4. Minimalisir risiko peradangan dan infeksi gusi dengan rajin sikat gigi sebelum tidur

mengurangi risiko radang gusi | credit: Absolut Dentals via www.absolutedental.com

Infeksi ini adalah kelanjutan dari menumpuknya karang gigi sebagai media tempat berkembangnya bakteri. Biasanya peradangan gusi ditandai dengan munculnya rasa nyeri saat mengunyah, gusi terasa lunak, dan keluar darah maupun nanah di antara gusi dan gigi. Jika tak ditangani, hal ini dapat memicu efek buruk lainnya seperti degradasi tulang hingga rusaknya jaringan gigi.

Sebelum hal ini terjadi, lebih baik jika kamu mulai memperhatikan kesehatan gigimu. Cara paling sederhana dengan rajin sikat gigi sebelum tidur. Karena seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hal ini dapat mencegah timbulnya karang gigi yang memicu masalah kesehatan lain. Yuk mulai giatkan sikat gigi malam hari.

5. Kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur pun dapat mengurangi risiko penyakit lain yang erat kaitannya dengan kesehatan mulut

mengurangi risiko penyakit berbahaya | credit: Medical News Today via www.medicalnewstoday.com

Malas gosok gigi pada malam hari ternyata dapat memicu beragam penyakit serius, salah satunya penyakit jantung. Faktanya hal ini benar-benar bisa terjadi. Disebutkan dalam Journal Infection and Immunity yang terbit tahun 2017 lalu bahwa bakteri penyebab penyakit periodontal atau radang gusi mampu meningkatkan risiko seseorang terserang penyakit jantung. Ini terjadi karena adanya sumbatan aliran darah ke pembuluh arteri jantung yang dibawa oleh bakteri Streptococcus mutans atau bakteri perusak gigi yang bergerak mengikuti aliran darah.

Selain jantung, bakteri tersebut juga dapat menyerang paru-paru dan ginjal sehingga dapat memicu masalah pada saluran pernafasan dan pencernaan.

Setelah mengetahui alasan-alasan di atas, yakin kamu masih tetap ngeyel dan malas sikat gigi sebelum tidur? Sebelum terjadi hal yang tak diinginkan, mending segera ubah kebiasaan burukmu ini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya More

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

Loading...