“Cowok yang keren itu adalah cowok yang berani kotor!”

Wah, kalimat tersebut kalau diamini saat ini sepertinya sudah sulit deh. Pasalnya, merawat diri saat ini bukan cuma narasi yang boleh disandang oleh kaum perempuan lo. Mungkin beberapa dari kalian berpendapat bahwa sebagai cowok, untuk merawat dan membersihkan muka saja sebenarnya udah cukup hanya dengan melakukan cuci muka. Tapi faktanya, ada banyak cowok di luar sana yang punya kulit wajah bermasalah seperti misalnya berminyak atau jerawatan, dan sebenarnya nggak cukup hanya dengan cuci muka saja.

Advertisement

Memang bukan hanya kaum perempuan yang butuh dan perlu untuk menjaga kesehatan kulit. Sayangnya, banyak dari kaum cowok sendiri yang nggak merasa kalau merawat diri itu adalah hal yang penting. Nah, buat kalian para cowok yang punya kulit wajah bermasalah, Hipwee punya sedikit tips rekomendasi skincare nih buat mengatasi masalah itu.

1. Perhatikan pemilihan antara facial foam dan facial wash

Facial foam dari Innisfree via www.myntra.com

Buat yang belum tahu perbedaan antara keduanya, sebenarnya gampang banget. Facial foam adalah sabun muka yang berbentuk foam (busa), sedangkan facial wash adalah sabun muka berbentuk gel. Facial foam baik digunakan buat kalian yang punya kulit berminyak dan tipe acne prone (banyak berjerawat) karena teksturnya yang lebih lembut dan ampuh buat mengangkat minyak. Nah, kalau facial wash ini bagus untuk yang memiliki jenis kulit kering, karena kandungan facial wash mampu mengontrol kelembapan kulit.

Jika kalian baru ingin mencoba menggunakan, facial wash yang memiliki harga di bawah 30 ribu juga banyak yang bagus lo, misalnya Vaselin Men, atau Garnier Turbo. Untuk facial foam sendiri, kalian bisa memakai Esene Face Cleaner, atau jika punya uang lebih, kalian bisa memakai produk dari Innisfree yang tea tree dengan harga 150 ribu.

2. Sebelum pakai skincare yang lain, biasakan gunakan toner, ya!

Mineral Botanica Toner via id.carousell.com

Advertisement

Banyak yang nggak sadar kalau penggunaan toner ini ternyata langkah penting sebelum pakai skincare yang lain. Pasalnya, kegunaan toner sendiri adalah untuk mengangkat kotoran yang tertinggal di permukaan kulit wajah.

Nah, produk toner dari Mineral Botanica atau Elsheskin bisa jadi rekomendasi buat kalian yang ingin agak ngirit. Dibanderol 20-50 ribu, dua produk tadi cocok buat wajah kalian yang berminyak. Kalau ingin yang lebih oke lagi, kalian bisa menggunkan The Body Shop Tea Tree Toner, tapi memang agak mahal sih sekitar 140-an ribu.

3. Pelembap muka, penting banget untuk kalian yang punya tipe kulit bermasalah. Harganya bervariasi kok mulai dari 20-100 ribuan

Pelembap dari Innisfree via shopee.com.my

Penggunaan pelembap buat kalian yang memiliki tipe kulit bermasalah tentunya juga salah satu hal penting yang perlu dilakukan juga. Apalagi jika kalian hidup di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia ini.

Banyak banget sebenarnya pelembap yang bisa kalian gunakan, Nivea Men Extra White Dark Spot Minimizer Moisturizer adalah salah satu produk yang harganya berada di kisaran paling bawah, yaitu dibanderol sekitar 20 ribuan. Untuk kalian yang menginginkan pelembap dengan ekstra gel, produk Innisfree Bija Trouble Gel Cream bisa jadi alternatifnya dengan harga 200 ribuan. Tapi biasanya dengan harga segitu, produk tersebut memberikan kandungan yang jelas berbeda jauh dengan pelembap biasa.

4. Kalau kalian sering beraktivitas di luar ruangan, jangan abaikan kegunaan sunscreen, ya!

Bioré UV Aqua Rich Watery Essence via id.carousell.com

Bagi cowok yang sering melakukan pekerjaan dan aktivitas di luar ruangan, sunscreen merupakan jenis skincare yang tak kalah penting setelah pelembap lo. Kalau pelembap berfungsi mengatur kelembapan kulit wajah, sunscreen punya peran untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, apa saja tuh rekomendasi buat sunscreen? Bioré UV Aqua Rich Watery Essence bisa jadi rujukan kalian, selain mudah buat dicari, sunscreen keluaran Biore dibanderol dengan harga rata-rata, yaitu sekitar 120-140 ribuan. Sedikit lebih murah dibanding dengan sunscreen yang lainnya.

5. Pakai masker? kenapa enggak?

Produk masker dari Zoya via www.instazu.com

Jika 4 hal tadi dirasa masih belum cukup, kalian juga bisa lo menggunakan masker sebagai opsi tambahannya. Digunakan sambil beristirahat setelah beraktivitas atau sedang bersantai, penggunaan masker punya banyak manfaat bagi kulit wajah.

Nah, bagi kalian yang memiliki kulit bermasalah, penting juga untuk memilih jenis masker yang baik dan benar. Untuk kalian yang memiliki banyak komedo, pilihan masker berjenis peel-off adalah rekomendasi yang tepat. Kalian bisa menggunakan produk dari Zoya yang dibanderol dengan harga 20 ribuan saja. Atau jika wajah kalian memiliki tipe kulit yang berjerawat banyak, pemilihan masker dengan bahan dasar organik adalah opsi yang tepat, namun harganya memang sedikit lebih mahal. Berkisar antara 50-200 ribuan. Kalian bisa menggunakan produk masker dari Bodyshop atau Innisfree.

Itu tadi adalah beberapa skincare dasar yang perlu digunakan oleh kalian para cowok yang memiliki kulit wajah bermasalah. Karena merawat diri bukan hanya hak perempuan saja kan? Cowok yang baik itu bukan yang berani kotor, tapi yang bisa dan pandai merawat diri sendiri~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya