Siang hari merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan pikiran dan badan yang lelah. Sayangnya, saat itu kita justru diharuskan untuk produktif. Makanya, beberapa orang memilih minum kopi ketika rasa kantuk datang. Masalahnya, minum kopi terus-menerus juga efeknya nggak bagus buat lambung. Untuk itu, kita perlu solusi agar bisa tetap produktif dan nggak ngantuk lagi ketika sedang melakukan aktivitas di siang hari.

Spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO melalui laman Detik menuturkan, saat kerja, kita membutuhkan konsentrasi dengan menunduk yang membuat ketengangan pada leher, punggung, pinggang, dan juga bahu. Makanya, kita diharuskan untuk gerak supaya lebih berenergi. Nah, berikut beberapa stretching ringan yang bisa bantu atasi kantukmu di siang hari.

1. Ketika terasa mulai goyah, cobalah cubit pipimu dengan pelan supaya nggak mengantuk lagi

cubit pipi via www.instiz.net

Advertisement

Mencubit pipi bisa memberikan rangsangan pada otak yang membuatmu jadi nggak ngantuk lagi. Jangan lupa untuk melakukan pijatan lembut di area wajah agar rasa kantuk benar-benar menghilang.

2. Gunakan metode akupresur jika rasa kantuk benar-benar sudah menyerangmu

pencet titik tertentu via www.hipwee.com

Metode sederhana ini menyarankanmu untuk menekan titik-titik tertentu pada tubuh yang terhubung dengan saraf kantuk di otak. Melansir dari laman Dokter Sehat, kamu bisa menekan area tengah kepala, telapak kaki, bawah lutut, dan belakang leher untuk meredakan ngantukmu. Nggak cuma untuk ngantuk, ini pun bisa mengembalikan energimu yang habis lo!

3. Lakukan gerakan menengadah untuk membuat peredaran darah jadi lebih lancar

menengadah via www.g4physio.co.uk

Setelah menengadahkan kepala, kamu perlu menundukkan leher lalu arahkan ke kanan dan ke kiri. Lakukan masing-masing gerakan selama lima detik saja, ya! Gerakan ini bisa menghilangkan kekauan pada leher dan membuat aliran darah di daerah otot membaik.

4. Bukan cuma leher, kamu pun perlu melakukan peregangan pada area punggung

regangkan tangan via home.neofect.com

Advertisement

Gerakan ini berfungsi untuk melepas kepenatan atau pun kekakuan karena duduk terus menerus di kursi. Supaya efektif, lakukan peregangan ini selama lima sampai delapan detik.

Sandarkan punggung dalam posisi duduk lalu pandangan lurus ke depan. Katupkan kedua tangan lalu dibalik. Pelan-pelan condongkan badan ke depan sehingga lengan atas dan bawah terasa meregang.

5. Pinggang pun butuh diregangkan supaya nggak kaku dan mudah lelah

regangkan pinggang via www.snacknation.com

Peregangan pinggang bisa mengembalikan kondisi fisik untuk siap bekerja sampai waktu yang telah ditentukan. Baiknya, peregangan pinggang dilakukan berulang hingga tiga kali selama lima sampai delapan hitungan.

Masih dalam posisi duduk kemudian lutut kanan diletakkan di atas lutut kiri. Tangan kiri itu digunakan untuk menarik lutut kanan ke arah kiri sehingga dirasakan regangan pada daerah pinggang.

6. Terakhir, cobalah lakukan peregangan pada bahu untuk mengusir kantukmu

peregangan bahu via www.self.com

Dengan melakukan peregangan pada bahu, diharapkan kamu jadi lebih rileks dan siap untuk bekerja kembali.

Pindahkan lengan kanan ke depan tubuh kemudian lengan kiri menarik daerah siku sampai terasa regangan pada lengan atas, bahu ataupun punggung. Ini bisa kamu lakukan dalam posisi duduk ataupun berdiri, ya!

Kalau sudah mulai menguap, coba deh lakukan beberapa stretching ringan ini. Atau, kamu juga bisa mengunyah permen karet agar setidaknya ada anggota tubuhmu yang bergerak. Nggak perlu lama, cukup lakukan selama beberapa saat saja sudah cukup kok!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya