Ruang hijau atau green space nggak cuma diberlakukan di rumah-rumah pribadi saja. Mulai dari mal besar hingga kafe-kafe kecil yang tersebar di berbagai kota, hampir semuanya menerapkan ruang yang berbasis ramah lingkungan. Konsep ini ditonjolkan dengan berbagai setting tempat yang memiliki ruang hijau atau tumbuh-tumbuhan yang bersifat outdoor maupun indoor.

Selain ramah lingkungan, memelihara tanaman di dalam ruangan ternyata juga bagus lo untuk dekorasi. Apalagi kalau tempatnya berada di tengah kota yang penuh lalu lalang kendaraan, macet, panas dan sebagainya. Misalnya di dalam kafe, kehadiran tanaman hias jadi satu hal yang bikin pengunjung betah berlama-lama.

Advertisement

Nah, berikut Hipwee Tips berikan referensi beberapa tanaman hias yang cocok untuk dipelihara di dalam kafe dan semacamnya. Yuk disimak!

1. Jenggot musa, Jenis tumbuhan Tillandsia yang bikin teduh dan minim perawatan

Jenggot musa via www.booktrade.in.rs

Tillandsia yang satu ini selain disebut dengan Jenggot Musa, sering juga disebut dengan jenggot nabi. Sebab memang bentuknya yang tebal dan mirip jenggot. Kalian nggak perlu lo repot-repot harus merawat tanaman ini setiap hari, soalnya jenis yang satu ini tergolong kuat.

Jenggot musa mampu bertahan dengan penyiraman seminggu sekali. Asalkan ditempatkan di tempat yang teduh dan nggak terkena sinar matahari langsung, ya. Tanaman ini pertumbuhannya juga cepat. Cocok untuk dijadikan opsi dipelihara di kafe, apalagi kalau diletakkan di teras atau di bagian pinggiran kafe. Wuih makin cakep tuh!

2. Sulap interior kafe bernuansa hutan hujan basah dengan memelihara Platycerium

Platycerium via id.pinterest.com

Advertisement

Kalau kalian asing dengan nama Platycerium, kalian pasti nggak asing dong ya dengan nama Tanduk Rusa? Ya, tanaman paku yang satu ini kerap disebut demikian karena bentuknya yang mirip tanduk rusa. Nggak jauh-jauh dari Jenggot Musa tadi, Platycerium ini juga nggak termasuk tanaman yang rewel untuk dipelihara, asalkan dipelihara di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari tidak langsung. Tapi kalau pertumbuhannya jangan disamakan ya, proses tumbuh Tanduk Rusa ini relatif lebih lama.

Nah, untuk kalian yang akan menjadikan tumbuhan ini sebagai opsi di kafe kalian, bisa juga lo ditambahkan tatakan kayu sebagai media untuknya menempel dan yang pasti makin artistik!

3. Ini dia, favorit para pegiat kafe bernuansa hijau, Si besar Monsterra!

Monsterra via www.instagram.com

Tumbuhan ini memiliki kecantikan tersendiri melalui bentuk daunnya. Proses hidupnya yang bisa mencapai ukuran jumbo membuat tanaman ini dinamakan dengan Monsterra.

Tapi sekedar informasi nih, Monsterra ini dulunya tumbuhan liar lo sebelum menjadi idola seperti saat ini. Habitat aslinya berada di antara pohon-pohon besar yang berada di jalur sungai atau rawa. Tapi jangan khawatir, kalau kalian ingin tumbuhan ini, sekarang sudah banyak yang jual kok mulai dari toko offline hingga online.

4. Pengen bikin Mint Tea? tinggal petik sendiri!

Menanam mint via blog.lacolombe.com

Menanam tumbuhan mint ini nggak perlu media yang besar, kalian bisa menggunakan limbah bekas kaleng-kaleng makanan untuk disulap menjadi pot untuk tanaman tersebut lo. Selain nggak memakan banyak tempat, banyak banget kegunaan menanam tumbuhan ini.

Bisa juga untuk menjadi pengharum ruangan dengan aroma khas herbalnya dan jika kalian ingin membuat teh mint ala-ala, bisa juga lo langsung petik, bersihkan, terus dicampur deh sama tehnya.

5. Kalau kalian tipe orang yang nggak telaten, kaktus bisa juga menjadi pilihan

Selain Monsterra, yang menjadi primadona untuk diletakkan di kafe adalah kaktus. Tumbuhan jenis satu ini cocok untuk kalian yang orangnya nggak telaten, karena dia tahan dengan berbagi kondisi cuaca dan tergolong minim perawatan. Tapi, meskipun minim perawatan, nggak berarti kalian nggak perlu merawat tanaman ini, tetap harus disirami, paling nggak seminggu atau dua minggu sekali.

Pilihan kaktus juga banyak banget, tapi untuk kafe, Hipwee sarankan untuk memilih jenis kaktus yang tinggi dan besar. Selain bisa sebagai hiasan, bentuknya yang besar akan membuat ruang yang kosong semakin terisi, apalagi diletakkan di pojokan ruangan. Auto jadi spot foto yang ciamik!

Nah, gimana? kalau kalian paling suka jenis tanaman yang mana?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya