11 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bikin Cantik Rumahmu. Nggak Perlu Gosok Losion Sebelum Tidur

Tanaman pengusir nyamuk

Selain bikin gatal, nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit lewat gigitannya, seperti demam berdarah dan malaria. Banyak alternatif cara yang dapat digunakan untuk mengusir nyamuk dalam rumah, salah satunya dengan memelihara tanaman pengusir nyamuk. Daripada obat anti nyamuk instan biasanya, tanaman pengusir nyamuk lebih direkomendasikan karena tak memakai bahan kimia di dalamnya.

Advertisement

Secara garis besar, tanaman pengusir nyamuk adalah beberapa varietas tumbuhan yang sering dimanfaatkan untuk mencegah dan membasmi serangga pengganggu. Tak cuma tanaman bunga, tanaman pembasmi nyamuk juga bisa dalam bentuk bumbu dapur maupun tanaman buah. Berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk indoor dan outdoor yang bisa diletakkan di sekitar rumahmu.

1. Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dalam rumah lo! Tak cuma siungnya, tapi daunnya pun juga

tanaman bawang putih via www.apartmenttherapy.com

Bumbu dapur pengusir nyamuk ini memang sudah dipercaya khasiatnya. Selain mengiris siungnya, kamu pun dapat menanam bawang putih di pekarangan rumah atau dalam pot untuk mengusir nyamuk. Berkat kandungan zat belerang di dalamnya, tanaman bawang putih juga bisa membunuh larva nyamuk lo! Menanam bawang putih juga tak sulit. Kamu hanya perlu membenamkan biji yang sudah dipotong ke dalam tanah lalu siram hingga mulai tumbuh tunas.

2. Wangi bunga kamboja juga berkhasiat untuk mengusir nyamuk lo!

tanaman kamboja via jualpohonkamboja.com

Saking wanginya, kadang tanaman bunga yang tumbuh tinggi ini dianggap mistis. Apalagi tanaman ini sering tumbuh di area pemakaman. Selain diambil ekstraknya, menanam kamboja di depan rumah pun cukup membantu mengusir nyamuk lo! Tapi agar lebih efektif, ambil beberapa daun kamboja, keringkan lalu taruh di sudut-sudut rumah dengan sedikit tambahan minyak esensial lain.

3. Serai wangi cukup bisa diandalkan sebagai tanaman pengusir nyamuk DBD yang ampuh

tanaman serai wangi via www.thespruce.com

Tanaman yang seringnya dipakai sebagai penyedap masakan ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Aroma Serai wangi yang mirip lemon bahkan bisa membuat serangga lain seperti kecoak dan lalat tak mau masuk ke dalam rumah. Namun, tanaman ini butuh cahaya matahari cukup agar bisa tumbuh subur, sehingga mesti diletakkan di sekitar jendela atau di halaman rumah.

4. Jenis tanaman lavender memang cukup banyak, tapi tak semuanya bisa digunakan untuk mengusir nyamuk

tanaman lavender via www.housebeautiful.com

Lavender Mesir dan Salvia officinalis merupakan jenis tanaman lavender yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Berkat kandungan zat linaloor dan linalyl, aroma pengusir nyamuk dari lavender ini bisa membuat nyamuk menjauh. Bahkan karena wanginya yang khas, lavender sering digunakan sebagai bahan pembuatan losion anti nyamuk. Tak perlu ragu menggunakan tanaman pengusir nyamuk di kamar. Sebab tanaman ini nggak akan membuat pernapasanmu terganggu karena berebut oksigen.

5. Tanaman pengusir nyamuk geranium juga sering digunakan sebagai bahan pembuatan losion anti nyamuk

tanaman geranium via www.thespruce.com

Meski nggak begitu tinggi khasiatnya, tanaman bunga geranium cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandung zat geraniol dan sitroneol yang bisa menciptakan aroma wangi yang nggak disukai nyamuk. Di samping jadi pengusir nyamuk, tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai hiasan gantung di teras rumah.

Advertisement

6. Lemon balm merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk di dalam ruangan yang cukup ampuh

tanaman lemon balm via bonnieplants.com

Tak jauh berbeda dengan lemon yang sering digunakan sebagai buah pengusir nyamuk, tanaman lemon balm pun demikian. Meski namanya sama-sama lemon, tapi lemon balm bukanlah tanaman berbuah lemon. Melainkan, tanaman herbal yang daunnya mirip mint tapi beraroma seperti lemon. Tanaman pengusir nyamuk yang mengandung sitronelalĀ mesti ditanam di luar rumah karena pertumbuhannya cukup cepat.

7. Tanaman pengusir nyamuk zodia sering digunakan penduduk Papua sebagai pengusir nyamuk alami sebelum memasuki hutan

tanaman zodia via satujam.com

Tanaman pengusir nyamuk dari Papua ini memiliki aroma khas yang bisa membuat nyamuk pergi dengan sendirinya. Aroma khas ini muncul karena zodia memiliki zat bernama evodiamine dan rutaecarpine di dalamnya. Selain bisa mengusir nyamuk, zodia juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit malaria. Kalau mau lebih ampuh khasiatnya, gosok saja zodia ke tangan dan kakimu sebelum masuk ke tempat yang banyak nyamuknya.

8. Ada juga tanaman pengusir nyamuk dan tikus yang bisa digunakan. Namanya catnip

tanaman catnip via www.gardeningknowhow.com

Sebuah penelitian menemukan kalau minyak esensial di dalam catnip yang dikenal dengan nepetalactone ini ternyata lebih ampuh mengusir nyamuk daripada obat kimia, melansir laman Kompas. Jika dijilat atau dikunyah kucing, catnip bisa membuatnya jadi lebih aktif. Nah, karena kucing yang aktif inilah, tikus pun jadi enggan bersarang di dalam rumah. Jika kamu berniat menanam tumbuhan ini, pilihlah tempat yang sekiranya agak longgar agar catnip nggak mengganggu pemandangan depan rumah karena bisa tumbuh cukup tinggi.

9. Rosemary memiliki aroma wangi perpaduan minyak telon dan kayu putih yang bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk

7. Memilih Rosemary sebagai tanaman hias pengusir lalat dan nyamuk terbaik, jelas merupakan opsi yang terbaik

tanaman rosemary via sg.carousell.com

Konon katanya, tanaman ini tahan terhadap sinar matahari dan hama sehingga mudah perawatannya. Selain bisa ditaruh di teras rumah, rosemary juga dapat diletakkan di sekitar dapur atau ruang makanmu agar lalat tak hinggap di masakan. Tapi jika ditaruh dalam rumah, rosemary mesti sering-sering dikeluarkan dan disemprot air agar bisa tumbuh subur.

10. Buatmu yang sedang mencari tanaman pengusir nyamuk di kamar, citrosa atau mosquito plant bisa jadi pilihan yang tepat

tanaman citrosa via www.milbergernursery.com

Sesuai namanya, tanaman pengusir nyamuk ini memiliki aroma sitrus yang cukup kuat sehingga berkhasiat untuk mengusir dan membasmi nyamuk. Menurut penelitian, tanaman ini bisa menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi karbondioksida. Sayangnya, hanya beberapa tanaman mosquito plants yang bisa digunakan, contohnya varietas southernwood yang cukup banyak tumbuh di Australia.

Jika kamu memang mau menaruhnya di kamar, letakkan tanaman di area yang terpapar sinar matahari langsung. Sebab, tanaman ini butuh sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhannya.

11. Selain bisa digunakan sebagai campuran minuman dingin, tanaman selasih juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk dalam rumah

tanaman selasih atau basil via zerowastechef.com

Tanaman pengusir nyamuk ini mengandung senyawa seperti linalool, eugenol,Ā dan geraniol yang bisa dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk. Tanaman yang secara liar tumbuh di pekarangan rumah ini, bisa dipindahkan ke pot dan taruh di sekitar jendela rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Biar nggak bingung saat beli tanaman selasih di penjual, coba sebut dengan nama basil karena ini merupakan tumbuhan yang sama.

Nggak perlu bingung mencari orang yang jual tanaman pengusir nyamuk, soalnya sekarang tanaman-tanaman ini banyak dipasarkan secara daring juga. Harganya pun cukup beragam, jadi bisa disesuaikan dengan bujet yang kamu miliki. Lumayan lo! Selain mempercantik rumah, nyamuk dan serangga lain pun musnah.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE