Ketika percakapan telepon dan komunikasi via internet yang kamu lakukan direkam dan dipantau secara cara rahasia atau tanpa kamu ketahui, itu artinya HP-mu lagi disadap. Sebenarnya, penyadapan dikontrol secara ketat dan umumnya dilarang karena melanggar privasi, tapi juga bisa dilegalkan untuk alasan tertentu sesuai dengan hukum yang berlaku.

Nah, artikel ini dikhususkan buatmu yang merasa jadi korban atau merasa dirugikan karena disadap HP-nya. Ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau HP-mu disadap, dilacak atau mungkin dipantau oleh pihak tertentu. Simak baik-baik, ya!

1. Suhu HP jadi terasa hangat, padahal nggak terpapar benda panas juga nggak dipakai kerja terlalu keras

baterai cepat panas via www.techspot.com

Advertisement

Jika HP-mu sering terasa hangat bahkan ketika sedang nggak digunakan, kamu patut curiga, bisa jadi HP-mu lagi disadap. Aplikasi penyadap bekerja dengan mengirim informasi ke server aplikasi secara terus menerus. Hal inilah yang menyebabkan kinerja baterai meningkat dan menyebabkan suhunya jadi naik dan kemungkinan lebih boros.

2. HP-mu menunjukkan aktivitas atau suara-suara aneh sementara kamu sedang nggak menggunakannya

berbunyi atau beraktivitas sendiri via www.shutterstock.com

Jika HP-mu tiba-tiba beroperasi sendiri atau membuat suara-suara aneh saat kamu nggak menggunakannya, bisa jadi karena sedang disadap. Atau HP kerap melakukan reboot atau restart secara tiba-tiba, mungkin ada orang yang punya akses jarak jauh terhadap HP-mu.

3. Percakapan lewat pesan singkat sudah terbaca statusnya, padahal membukanya saja kamu belum sempat

pesan terbuka tanpa diketahui via itpoin.com

Ini yang juga sering dialami oleh para korban penyadapan. Misalnya, pesan yang masuk di Whatsapp sudah terbaca statusnya sementara kamu merasa belum membukanya. Nah, loooo~

4. Ada suara-suara yang mengganggu saat HP dipakai untuk teleponan

suara aneh saat telepon via www.lifewire.com

Advertisement

Tanda lain yang jadi indikasi kamu tengah dipantau adalah terdengar suara-suara seperti derau yang mengganggu saat lagi bercakap-cakap lewat telepon. Pada beberapa kasus, bisa terjadi volume telepon yang berubah-ubah dengan sendirinya. Suara-suara ini jadi nggak wajar mengingat saat ini telepon berjalan di jaringan digital, bukan analog lagi.

5. Penggunaan data meningkat secara nggak wajar, kuota internet jadi cepat habis

kuota cepat habis via wanitaindonesia.co.id

Kamu patut waspada jika kuota internetmu lebih cepat habis dari biasanya, padahal pemakaiannya normal-normal saja. Aplikasi penyadap membutuhkan koneksi internet untuk mengirimkan data informasi seperti rekaman telepon, foto, lokasi dan hasil sadapan lainnya ke server aplikasi penyadap.

6. HP kesulitan untuk dimatikan, proses shutdown berlangsung lebih lama dari biasanya

sulit dimatikan via www.youtube.com

Sebelum HP dimatikan, ia harus menyelesaikan aktivitas yang sedang diproses terlebih dahulu. HP yang disadap biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dimatikan. Terutama setelah melakukan panggilan telepon, berkirim pesan, atau browsing. Ada kemungkinan HP-mu sedang mengirimkan informasi dari kegiatan-kegiatan tersebut ke pihak ketiga.

7. Kamu menerima pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol, atau karakter acak

dapat pesan aneh via www.hackersnewsbulletin.com

Pesan teks aneh ini asalnya dari fitur remote control dalam software untuk mendukung proses penyadapan. Cara kerjanya dengan mengirimkan pesan teks tersandi rahasia ke HP-mu. Kalau kamu menemui kasus ini secara berulang, kemungkinan kamu sedang dimata-matai.

Kalau kamu mengalami hal seperti ini, cara yang paling ampuh untuk menghilangkan aplikasi sadap yang ditanam pada HP-mu adalah dengan melakukan factory reset atau kembali ke setelan pabrik. Jangan lupa untuk mem-backup data-data penting terlebih dahulu. Semoga kamu terhindari dari hal-hal menyebalkan seperti ini, ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya