Beberapa waktu lalu (13/10), komikus Pandji Pragiwaksono terlihat melakukan pemeriksaan di RS Mitra Keluarga Kemayoran terkait sleep apnea yang dideritanya. Dalam laman Instagramnya, Pandji mengungkap bahwa ia harus menginap semalam agar dokter dapat melakukan pemeriksaan terhadap aktivitas otak dan jantungnya selama tidur.

Apa sih sleep apnea itu?

Advertisement

Sleep apnea merupakan gangguan pernapasan yang membuat seseorang jadi nggak bisa bernapas ketika tidur. Umumnya, gangguan ini bisa terjadi selama 10 hingga 60 detik. Namun, dalam kondisi serius ini, bisa terjadi berulang setiap 30 detik. Akibatnya, kamu juga jadi nggak bertenaga dan kurang produktif dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Kalau dibiarkan terus-menerus, sleep apnea juga berisiko menimbulkan gagal ginjal atau jantung lo!

Baiknya kamu ketahui tanda-tanda sleep apnea berikut, barangkali selama ini kamu mengalaminya.

1. Ngorok atau mendengkur merupakan salah satu tanda utama bahwa kamu mengalami sleep apnea

mendengkur via lifestyle.okezone.com

Saat tidur, sirkulasi udara dalam tubuh tengah dalam keadaan rileks, lemas, dan menyempit. Meski ada gerakan napas, namun sirkulasi darah tetap terhambat. Hal inilah yang membuat jaringan pernapasan bergetar dan menimbulkan suara dengkuran yang kerap mengganggu. Selain mendengkur, kamu juga merasa seperti tercekik. Nah, ketika rasa itu muncul, kamu akan terbangun selama beberapa saat kemudian tertidur lagi.

2. Bolak-balik ke kamar mandi di tengah-tengah tidur malam juga jadi tanda seseorang mengalami sleep apnea

menahan pipis via www.alodokter.com

Advertisement

Gangguan ini muncul akibat terhambatnya produksi hormon antidiuretik (ADH), yang mana hormon ini berfungsi untuk mencegah rasa ingin buang air kecil di malam hari. Penderita sleep apnea juga akan jadi lebih peka jika kandung kemihnya penuh, makanya mereka pun jadi lebih sering terbangun untuk buang air kecil.

3. Sering tanpa sadar menggeretakkan gigi saat tidur? Hati-hati, bisa jadi kamu mengalami sleep apnea

menggeretakkan gigi via hellosehat.com

Dalam istilah medis, kondisi disebut dengan bruxism. Kebiasaan ini memang nggak berbahaya, namun pada kasus tertentu, ini justru bisa menyebabkan kelainan dagu dan merusak gigi. Padahal, nggak banyak orang yang menyadari jika mereka memiliki kebiasaan buruk ini saat tidur.

4. Indikasi sleep apnea yang lain ialah mulut kering dan tenggorakan serak saat bangun tidur

mulut kering setelah via lensaaktual.com

Hal ini sering disebabkan oleh sumbatan pada hidung yang membuat sebagian orang jadi bernapas melalui mulut ketika tidur. Biasanya, ini terjadi pada mereka yang sedang flu atau pilek. Baiknya, selalu sediakan segelas air putih di samping tempat tidur agar bisa kamu minum ketika terbangun.

5. Pengidap sleep apnea juga jadi sering ngiler ketika tidur

Saat tidur, otot tubuh jadi lebih rileks sehingga secara nggak sadar air liur yang harusnya tertelan pun akan terkumpul di rongga mulut. Nah, kalau kamu tidur dalam posisi miring, air liur ini bisa dengan mudah mengalir ke luar.

6. Karena kualitas tidur terganggu, penderita sleep apnea jadi sering ngantuk berlebihan di jam-jam produktif

ngantuk saat kerja via manado.tribunnews.com

Nah, karena tidur malammu kerap terganggu, kamu pun jadi sering merasa pusing dan nggak segar ketika bangun pagi. Selain itu, kamu juga sulit berkonsentrasi ketika siang harinya bekerja.

Gimana? Apakah kamu mengalami gangguan-gangguan di atas saat tidur? Jika iya, ada baiknya kalau kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar gangguan tidur yang kamu alami nggak makin berlarut-larut.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya